5 Umbul di Klaten Yang Bakal Bikin Badan mu Seger Mak Nyuss

umbul klaten hitz

5 Umbul di Klaten Yang Bakal Bikin Badan mu Seger Mak Nyuss – Klaten merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinnsi Jawa Tengah, yang tepatnya diantara dua kota besar, yakni Jogjakarta dan Solo. Kota yang juga memiliki slogan Bersinar telah lama menyimpan ribuan panorama alam yang indah dan ratusan obyek wisata.

Meskipun termasuk kota kecil, Klaten telah lama terkenal dengan sebutan Negeri Seribu Mata Air. Karena terdapat banyak titik di Klaten yang meluapkan mata air murni, umbul. Tak hanya wisatawan lokal yang berkunjung di lokasi mata air jernih, namun juga wisatawan mancanegara alias bule yang terus bertambah setiap tahunnya.

Yuks, langsung saja ke topik pembahasan kali ini tentang 5 Umbul Wisata Klaten Hits yang akan menjadi referensi wisata Anda, hati senang dan stres menghilang.

5 Umbul di Klaten Yang Paling Favorit Buat Nyegerin Badan

Sebenarnya ada banyak sekali umbul di Klaten. Namun bila dibahaskan semua akan menjadi sangat panjang. Oleh karena itu kami tuliskan 5 dari puluhan mata air murni di Klaten yang paling favorit hingga wisatawan meluap jika liburan tiba.

Umbul Ponggok di Klaten

umbul ponggok klaten
umbul ponggok klaten

Salah satu wisata air yang paling laris dikunjungi bule, Umbul Ponggok. Mata air murni yang keluar langsung dari dalam tanah membuat kesegaran bagi siapa yang berenang di dalamnya. Jernihnya air di sana juga membuat para snorkeler dan diver tak kunjung bosan menjelajahi indahnya pemandangan di dasar kolam Ponggok.

Lokasi Umbul Ponggok tepat di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Menurut cerita warga setempat umbul ini sudah ada sejak buyut-buyut kita terdahulu,yakni ratusan tahun silam. Di masa penjajahan Belanda dahulu umbul ini difungsikan sebagai pengairan perkebunan dan persawahan sekitar.

Namun seiring berjalannya waktu, sekarang para pengunjung Belanda beralih status dari penjajah kini menjadi wisatawan di kolam Ponggok.

Dengan ukuran panjang 50×25 meter serta kedalaman 1,7 sampai 2,5 meter dan dihiasi be-batu-an kombinasi yang ditumbuhi lumut alami sebagai pakan ikan-ikan yang hidup di kolam tersebut. Ponggok juga telah menjadi tempat terbaik untuk berenang dan diving snorkeling di kelas kolam renang alami se Indonesia.

Baca Cara Cepat Membentuk Otot Binaragawan | Fitnes Pemula

Untuk Anda yang ingin merasakan kesegaran air alami dan foto underwater, Ponggok sangat recomended buat Anda. Prewedding juga bisa underwater.

Umbul Cokro Klaten

umbul ingas cokro
umbul ingas cokro Klaten – Mak nyus dinginnya

Termasuk wisata pemandian umum dengan pesona mata air murni yang terdapat di Kabupaten Klaten seperti Umbul Ponggok. Beralamat di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sebenarnya memiliki nama asli umbul Ingas namun para wisatawan lebih gampang mengingat dengan sebutan desa setempat yakni Umbul Cokro. Wisata air di umbul Ingas tidak hanya menyajikan sumber mata air yang dialirkan ke kolam yang design menyerupai sungai, dengan tanggul di samping dan aliran air yang menyusur ke arah timur bak aliran sungai alami. Namun juga menyajikan kolam berupa water boom, arum jeram dan hiburan berupa musik dangdut di hari libur/akhir pekan.

Baca juga Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan luas yang lumayan besar menjadikan Umbul Ingas sangat recomended sebagai tujuan wisata keluarga. Dengan dua pilihan desain yakni kolam alami yang air muncul langsung dari mata air dan kolam renang water boom.

Di waterboom terdapat kolam untuk anak-anak dan dewasa dengan keinggian sekitar 140 cm. Sedangkan di umbul nya, berupa kolam berbentuk sungai memiliki ketinggian sekitar 150-160 cm.  Semakin ke barat semakin dekat dengan umbul mata air dan semakin dalam pula permukaan tanah.

Untuk merasakan destinasi air di Cokro Anda hanya cukup mengeluarkan  Rp 10.000,-/orang.

Umbul Manten

umbul manten - Umbul di klaten
umbul manten – Umbul kecil tapi bikin nagih di klaten

Menurut cerita masyarakat sekitar. Nama manten diambil dari istilah Jawa., yang artinya sepasang kekasih. Namun manten yang diceritakan disini bukan lah sepasang kekasih manusia tapi sepasang pohon.

Bila Anda berkunjung di Umbul Manten, coba perhatikan sejenak beberapa pohon di sekitar kolam. Mereka tumbuh dengan sepasang-sepasang salih berdampingan.  Oleh karena pohon itulah Umbul yang beralamat  di Dusun Janti, Polanharjo, Kabupaten Klaten ini disebut umbul Manten.

Meski tempat tak terlalu luas. Umbul Manten tetap menyajikan aura kesegaran dan kebugaran tersendiri untuk tubuh. Dikarenakan tiupanangin sepoi dari pepohonan dan aliran mata air yang terus menusuk kulit hingga terasa dingin menyengat. Seger dah.

Umbul Si Gedang

umbul klaten umbul si gedang
serasa mandi air mineral air galon

Dari bentuk kolam yang melengkung bak pisang membuatnya disebut Si Gedang. Gedang istilah jawa yang artinya pisang.

Meski belum terkenal layaknya Cokro dan Ponggok. Umbul Si Gedang tak kalah dingin dan alami,baik dari suasana tempat maupun desain kolam. Berlokasi di Dusun Umbulsari Kecamatan Ponggok bertepatan di sekitar jalanan sebelum masuk ke daerah Umbul Ponggok.

Mata air Si Gedang terbilang terbaik dari umbul-umbul lain dikarenakan termasuk di lingkup produsen air minum terbesar di Indonesia yakni AQUA. Dengan dasar bukti Aqua telah memilih Ds. Umbulsari sebagai proyek pengambilan mata air, bisa diartikan bahwa kandungan air nya lebih baik dari umbul-umbul lain sekitarnya kan. Masuk akal tidak? Ya.

Untuk biaya masuk nya terbilang murah Anda hanya mengeluarkan uang Rp 3000,- / satu orang untuk hari biasa dan Rp 5000,- untuk hari liburan. Murah kan silahkan di coba.

Nilo, Umbul di Klaten yang masih tersembunyi

umbul-nilo klaten jawa tengah

Berada di Dsn. Margosuka, Ds. Daleman, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Meski tidak seramai Ponggok dan Cokro, namun umbul Nilo sangat disukai oleh perenang pemula. Ketinggian air yang hampir rata-rata 150 cm memudahkan para pemula untuk belajar renang tanpa harus khawatir tenggelam.

Pokoknya sangat bagus lah buat pemula. Luasnya pun juga standart tidak sempit dan tidak kebesaran, 15×10 meter.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: