Cara Ternak Lele Sangkuriang Pemula Sukses

benih bibit-ikan-lele- untuk ternak lele

Cara Ternak Lele Pemula Yang Baik dan Benar Cepat Panen – Setelah kemarin membahas mengenai ternak sapi dan burung, sekarang kita akan beralih ke ternak hewan air. Budidaya ternak ikan lele.

Ikan lele termasuk salah satu ikan yang sering menjadi konsumsi favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu budidaya ikan lele sangat primadona bagi semua kalangan, baik pemula maupun pemain lama. Ikan ini juga memiliki permintaan tinggi di perdagangan pasar.

Selain itu semua, budidaya ikan lele juga termasuk golongan ternak mudah dan tanpa modal besar. Tentu hal itu yang menjadikan motivasi seseorang untuk beternak lele, termasuk Anda. Tentu saja pokok dari semua itu, ini merupakan aset bisnis yang menjanjikan.

Cara Ternak Lele Pemula

Untuk para pemula sebaiknya melakukan kunjungan dan melakukan riset sebelum eksekusi lapangan. Salah satunya membaca artikel ini agar fokus dalam bimbingan budidaya ikan lele.

Ada beberapa tahapan untuk menjalankan ternak ini, simak ulasan berikut ini :

Persiapan Kolam Ternak Lele

kolam-ternak-ikan-lele

Tentu saja yang paling penting sebelum pembudidayaan lele adalah lokasinya, kolam. Untuk kolam sebaiknya dibagi menjadi dua bak kolam, satu guna sebagai pembesaran dan yang satunya lagi untuk pembenihan bibit. Untuk jenis kolam ada beberapa jenis tipe kolam.

Kolam Terpal, kolam ini masuk dalam kategori kolam dengan modal minim. Dibuat dari susunan pembatas bambu dan besi sebagai tumpuan penahan air. (Cek gambar diatas agar lebih jelas)

Kolam Sawah, Kolam dengan dasaran tanah liat asli. Seperti sebuah perkebunan yang digali sepetak untuk budidaya ikan lele.

Kolam Plester, Kolam dalam kategori elite peternak ikan lele pro. Dengan banyaknya modal Anda dapat membuat sebuah kolam besar dengan lantai yang sudah rapi dan beberapa petak pembeda umur lele. Antara benih, lele produktif dan lele siap panen.

Untuk kali ini kita akan bahas tentang budidaya lele dengan terpal. Ukuran yang diperlukan harus sesuai dengan jumlah bibit ikan yang akan dibudidaya. Misalnya ukuran kolam dengan kedalaman 0,8 meter, lebar 2 meter dan panjang 3 meter untuk 2000 bibit ekor lele  yang masuk ke dalamnya.

Pemasangan rangka kolam harus dirakit sekuat mungkin agar tidak rusak ketika mulai diisi air. Jenis terpal yang dipakai juga harus terpal bagus dan tebal, sebab ikan lele termasuk ikan yang ganas pengerat barang.

Pengaturan Suhu Keasaman Air

mengukur suhu keasaman saat ternak lele
alat pengukur suhu dan keasaman

Setelah kolam siap, segera isi air dengan tingkat keasaman sekitar 6-8pH. Dengan pH lebih dari 8 akan membuat ikan stres sedangkan pH dibawah 6 akan membuat ikan memiliki pertumbuhan yang lambat.

Suhu dalam air kolam juga merupakan syarat supaya ikan dapat berkembang biak dengan sempurna. Untuk budidaya lele suhu yang baik berkisar antara 28° – 30° celsius. Untuk menjaga temperatur suhu agar selalu  stabil, Anda dapat memberi sekam padi pada dasar kolam. Untuk meningkatkan keasaman Anda perlu proses pengapuran, merendam kapur di kolam.

Berganti ke proses selanjutnya, untuk mengondisikan air setelah diatur suhu dan keasaman dalam kolam. Anda perlu menstabilkan air selama 5 – 7 hari dengan cara didiamkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar terbentuknya  fitoplankton sebagai pakan alami dari dasar kolam.

Perhatikan pula kadar amoniak, kadar kotoran lele ketika telah dibudidaya. JAngan sampai kotoran lele tidak tersortir secara baik. Hal itu akan menyebabkan racun bagi lele. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pergantian air setelah air mulai keruh berbau.

Pemilihan Benih Ikan Lele

benih bibit-ikan-lele- untuk ternak lele
memilih benih lele yang sehat fisik

Memilih bibit ikan ele sangat berpengaruh terhadap sukses atu tidaknya ternak lele. Untuk pemula dan sebagai investasi, Anda bisa memilih jenis lele sangkuriang.

Kenapa harus ikan lele sangkuriang? Karena sangkuriang cenderung memiliki pertumbuhan secara cepat dan tahan terhadap penyakit. Jadi relatif mudah untuk dipelihara.

Dalam proses pemilihan benih lele tingkat kegesitan gerak lele dan fisik sehat sangat perlu. Lele yang sehat dan memiliki fisik sempurna (tidak cacat) akan berpengaruh sebagai indukan ketika besar nantinya. Perlu diperhatikan : siripnya harus sempurna, antena, ekor dan tingkat gesit dalam melawan arus air.

Usahakan Anda membeli bibit lele ditempat budidaya lele alami seperti Anda, agar ikan dapat cepat beradaptasi. Ukuran panjang ikan harus relatif sama. Bila 5 cm harus sama semua, bila ada selisih mungkin dalam hitungan milimeter tidak lebih. Untuk menghindari perkelahian antar lele.

Jika memang penjual benih ikan lele yang Anda tuju dapat menjamin kualitas benih ikan lele yang baik.  Maka penjual itu mungkin telah memiliki CPIB. CPIB adalah Cara Pembenihan Ikan yang Baik. Dari CPIB tersebut Anda dapat mengarahkan tujuan terbaik lele, untuk pembenihan kembali atau untuk panenan per musim saja.

Namun tidak semua penjual benih lele memiliki CPIB. Bila ciri – ciri diatas sudah terpenuhi bisa dipastikan bahwa itu adalah benih yang berkualitas.

Penebaran Benih Ternak Ikan Lele

penyebaran benih ternak lele

Cara budidaya ternak lele selanjutnya yaitu menebar benih di kolam pembesaran. Sebelum menebarkan benih sebaiknya ikan lele diberi antibiotik terlebih dahulu. Dengan cara direndam pada cairan antibiotik selama 10-15 menit. Larutan tersebut berupa terasiklin, supertetra dan OTC sebanyak satu sendok makan per 11 liter air.

Baca juga : 1001+ model rambut keren untuk pria [dari tua sampai muda ada semua]

Kegunaan larutan antibiotik tersebut adalah untuk memberi kekebalan tubuh pada benih agar tidak mudah terkena penyakit yang ada pada kulit ikan lele. Sebelum benar-benar dimasukan dalam kolam, masukan para benih lele kedalam kantung karung atau plastik untuk diapungkan diatas kolam selama 15 menit agar dapat beradaptasi dengan tempat baru.

Lalu lepaskan benih perlahan dan lakukan dengan bertahap. Pagi hari beberapa benih, siang lagi dan sore lagi. Tidak semua bareng dimasukan kolam untuk mengurangi tingkat stres bibit lele.

Pakan Untuk Ternak Lele

pelet pakan ternak lele

Untuk budidaya ikan lele, pakan sangat berpengaruh untuk pertumbuhannya. Pakan lele ini dapat Anda berikan secara bervariasi mulai pakan buatan hingga pakan alami dari makhluk hidup lain.

Berikut beberapa macam pakan yang cocok digunakan untuk ikan lele. Mulai dari pelet, keong dan pakan alternatif lainnya.

  • Pelet  Terpung
  • Pelet Tenggelam
  • Bekicot
  • Ikan Kecil
  • Limbah Unggas

Pengendalian Hama Saat Ternak Lele

menjaga ternak lele dari hama
ternak lele mati karena hama

Dari tempat hidup yang kototr, tidak sedikit hama penyakit yang dapat menyerang ikan lele. Beberapa hama dapat menjadi pengganggu dalam budidaya ikan lele baik dari dalam kolam maupun luar. Dari dalam sepeti bakteri dan plankton lain.

Yang lebih berbahaya bahaya dari luar, seperti ular,biawak, musang dan hewan lainnya. Untuk itu Anda perlu memasang jaring perangkap yang menjadi pagar untuk menghalangi hama tersebut masuk kolam  ikan lele Anda.

Selain itu Anda juga harus memberi jaring di tempat pembuangan dan tempat masuknya air agar hewan lain tak dapat masuk pula.

Beberapa penyakit biasanya menyerang lele di kolam terpal adalah seperti luka di tubuh ikan lele, bintik putih pada ekor, dan lele ,memakan bakteri. Namun Anda dapat mengatasi dengan beberapa cara berikut:

  1. Menjaga kualitas air di dalam kolam.
  2. Menjaga temperatur suhu antara 28° – 30° celsius.
  3. Menjaga kebersihan kolam.
  4. Selalu  memantau keadaan dalam dan luar kolam.
  5. Dan pemberian pakan secukupnya pada ikan lele.

Masa Penen Ternak Lele

panen ternak lele
panen ternak lele

Hari ini paling ditunggu para peternak, masa panen ikan lele. Lele biasanya dipanen setelah mencapai umur 2 bulan sampai 3 bulan dari awal menebar benih. Setelah itu Anda juga harus bisa melakukan pembenihan sendiri lewat hasil dari indukan lain dan dapat panen setiap  2 – 3 bulan sekali.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: