Cara Menulis Surat Lamaran Kerja + 8 Contoh Surat Lamaran Kerja

wAYAHna.com – Kemarin telah dituliskan tentang cara contoh surat izin dan surat pengunduran diri resmi. Untuk kali ini akan wAYAHna bahas tentang bagaimana cara menulis surat lamaran kerja. Tahap awal ketika Anda ingin memasuki suatu lapangan kerja yaitu dengan melamar. Tentu ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus dalam melamar kerja. Salah satunya menyodorkan surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan surat yang sengaja dan sadar dibuat oleh seseorang guna melamar suatu pekerjaan di salah satu perusahaan atau instansi tertentu. 

Surat inilah yang akan menentukan status Anda layak dan tidaknya masuk di Perusahaan selain test wawancara. Lalu bagaimana contoh tulisan surat lamaran yang bisa di accord HRD perusahaan? Yuks simak dengan teliti artikel dibawah ini.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Sesuai KBBI

contoh surat lamaran kerja perusahaan
contoh surat lamaran kerja perusahaan

1. Penulisan bahasa yang baik dan benar pada surat lamaran

Tulis menggunakan bahasa resmi formal sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, jangan ada kata yang tak sopan. Bila berkenan tulis dengan dua tulisan yakni tulisan tangan pada portofolia dan ketas print ketikan komputer.Agar Anda lebih terlihat profesional. Dan serius dalam melamar kerja.

Baca secara teliti  informasi lowongan kerja. Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran sebaiknya cek teliti syarat dan ketentuan diterimanya menjadi pekerja suatu perusahaan. Karena banyak yang asal mendaftar padahal syarat danketentuan tidak masuk. Contoh PT. wAYAHna membutuhkan Marketer cewek, eh Anda cowok malah daftar. Ya langsung ditolak lah.

Isi surat singkat padat jelas. Jangan bertele-tele. Dalam surat lamaran kerja pihak penerima hanya butuh suatu informasi pokok dari pelamar. Nama, gelar,status dan asal penulis, terlampir, kepada tertuju dan tujuan surat.

Perhatikan pula keadaan kertas surat. Usahakan penulisan tanpa ada coretan tak penting atau stipo tipex. Karena akan membuat surat terlihat tidak relevan.

2. Lampir kan syarat yang diajukan Perusahaan

Selain melampirkan syarat dan ketentuan yang diinginkan perusahaan. Anda juga dapat memberikan lampiran sertifikat terkait untuk menjadi pendukung Anda dalam penilaian diterima di Perusahaan.

3. Cek kembali sebelum menyerahkan surat lamaran kerja

Baca sekali lagi surat dan cek lampiran yang Anda siapkan untuk melamar. Agar data dan surat benar-banar layak dan lengkap.

4. Bagian surat lamaran kerja

  1. Tempat dan tanggal penulisan.
  2. Perihal tujuan surat.
  3. Alamat yang di tuju.
  4. Salam pembuka.
  5. Biodata singkat.
  6. Berkas terlampir bila ingin dituliskan.
  7. Isi surat.
  8. Salam penutup.
  9. Nama terang pelamar dan tanda tangan.
  10. Ditulis secara urut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

contoh surat pengunduran diri resign kerja
sulitnya cari kerja 2018

Semarang, 14 Juli 2018

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada, Yth.
Pimpinan PT. Perusahaan
Jln. Raya Besar Wayahna no.55
Surabaya

Dengan hormat,
Saya bernama lengkap Bam Bang, usia 25 tahun. Saya adalah sarjana lulusan Universitas Besar Indonesia, tepatnya dari Jurusan Akuntansi. Dengan ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di PT Perusahaan, khususnya sebagai akuntan internasional marketing .

Dengan kondisi kesehatan yang sangat baik. Saya dapat menguasai bahasa Inggris sepenuhnya dari lisan maupun tulisan. Saya juga telah menguasai sistem operasional akuntansi menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan sistem MS Office, seperti Excel, PowerPoint, Word, Acces,  OutLook dan juga internet. Sebagai bahan pertimbangan lainnya, bersama surat ini saya lampirkan data diri saya sebagai berikut.

1.    Daftar riwayat hidup
2.    Fotokopi ijazah S1
3.    Fotokopi nilai akhir
4.    Fotokopi KTP
5.    dan berkas penting lainnya

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan saya dalam test wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan lebih detail tentang potensi yang saya miliki. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Dengan harapan besar dapat diterima bekerja di Perusahaan yang Bapak/Ibu.

Hormat saya,

ttd

Bam Bang

Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT Bank

Sukoharjo, 9 Mei 2018

Kepada Yth,
HRD PT. Bkd Tbk
Jalan Raya Sana Sini No. 56
Surakarta

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya baca di koran Berita Kita tentang adanya lowongan kerja di PT. Bkd Tbk,  Saya mengajukan diri untuk melamar sebagai karyawan di PT. Bkd Tbk. Adapun identitas singkat diri Saya:

Nama : Su Gi Yono
Tempat/tgl Lahir : Sukoharjo, 25 Januari 1994
Pendidikan Terakhir : SMK
Alamat : Desa Rindang RT 03 RW XIV, Kecamatan Indah, Kabupaten Sukoharjo
Pos-el : Su_GiYono@gmail.com

Saya mempunyai kondisi kesehatan dan kemampuan operasional mesin Bending yang baik. Dengan latar belakang pendidikan SMK teknik mesin Saya juga sangat memuaskan. Selain itu, Saya bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, Saya melampirkan :

  1. Fotokopi ijazah SMK
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Fotokopi
  4. Sertifikat pelatihan
  5. Foto 4X6

Saya berharap Bapak/Ibu berkenan memberikan Saya kesempatan maju ke tahap wawancara dan menjelaskan potensi yang Saya miliki. Dan berkelanjutan untuk diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian surat lamaran ini Saya buat. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

ttd
Su Gi Yono

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh-surat-lamaran-kerja-umum-ditulis-tangan

Mengapa harus menulis surat lamaran kerja dengan tangan?

Dengan tujuan agar HRD/pemilik perusahan tau mengenai keseriusan Anda dlam melamar kerja. Jadi perlu Anda ajukan juga surat lamaran kerja bertulis tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko

surat lamaran kerja
@pinterest

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Jakarta, 13 Agustus 2017

Kepada Yth,
HRD Pimpinan
Pabrik Sembako Karya
di Selok Raya no.983
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Bakda salam, berdasarkan informasi yang telah saya temukan dari brosur yang tertempel di mading-mading umum, tentang adanya lowongan kerja sebagai operator di mesin pada Pabrik Sembako Karya.  Saya bersedia dan berkeinginan mengajukan diri untuk melamar sebagai operator tersebut. Adapun identitas singkat diri Saya:

Nama : Michael Jack Son
TTL : Kuningan, 23 Maret 1990
Pendidikan Terakhir : SMK / sederajat
Alamat : Dsn. Magang, gang 2, Ds. Manggis RT 09 RW IV, Kec. Macetan, Jakarta Pusat
Pos-el : Jack_son@jmail.com
No. HP : 0889-8879-6533

Dengannya pula saya mempunyai kondisi kesehatan dan kemampuan operator pada beberapa mesin besar secara baik dan benar dengan aturan main mesin yang berlaku. Dengan raport nilai pendidikan SMK pratikum dan teori teknik mesin yang saya miliki juga sangat memuaskan. Selain itu, Saya mempunyai nilai khusus kaena telah berpengalaman di beberapa perusahan dalam bekerja. Sebagai bahan pertimbangan untuk diajukan kepada Bapak/Ibu, Saya lampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah SMK
  2. Fotokopi CV asli
  3. Fotokopi Raport Praktikum
  4. Fotokopi Pengalaman Kerja
  5. Sertifikat Pelatihan
  6. Foto 4X6 sebanyak 6 lembar

Demikian Surat Lamaran ini saya buat dengan sadar dan sebenar-benarnya. Saya berharap Bapak/Ibu berkenan memberikan kesempatan untuk diterima bekerja dan bekerjasama di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian surat lamaran ini Saya buat. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Wassalam.

Hormat Saya,

ttd
M. Jack Son

Contoh Surat Lamaran 2018

Yogyakarta, 28 Desember

Hal : Melamar kerjaan

Kpd, Yth.
Pemilik Usaha Tani Maju
Ronomor no. 567, Yogyakarta
di tempat

Bakda Salam, dengan penuh hormat
Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kabar dari satpam Pabrik Usaha Tani Maju, bahwa di perusahaan yang Bapak pimpin sedang mencari pekerja bari berpengalaman. Untuk itu saya bernama.

Nama : Ratnojoyo Ningrat
Alamat : Bukit Tinggi no. 45 Yogyakarta
Pengalaman kerja : Operator Mesin Tani
No. Hp : 08350505667

Dengan kondisi keadaan yang baik dan sehat, saya bersedia untuk menjadi dan berkeinginan menjadi karyawan di Perusahaan Bapak. Untuk itu saya lampirkan Surat lamaran kerja ini sebagai bukti keseriusan saya. Brikut lampiran lain mengenai data pribadi saya.

  1. Foto kopi KTP
  2. Foto kopi Akte
  3. Foto kopi KK

Dengan demikian saya berharap dapat diterima menjadi salah satu karyawan Bapak. Terimakasih atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih banyak.

Hormat,

tanda tangan

Ratnojoyo Ningrat

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Surat lamaran Kerja Perusahaan

contoh-surat-lamaran-kerja-umum
nadia-artasasmitha.blogspot.com

Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

surat lamaran kerja
cdn-images-1.medium.com

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

contoh surat lamaran kerja guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
sumber : ContohSuratmu.com

Demikian cara tips contoh membuat surat lamaran kerja yang bisa menjadi referensi Anda dalam penulisan surat untuk masuk ke suatu instansi/perusahaan.

Semoga sukses dalam mendaftarkan kerja. Dan menjadi karyawan yang cerdas, mandiri dan teladan bagi yang lain. Jangan lupa like share dan comment ya teman-teman.

You May Also Like

About the Author: ni

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: