Resep Bumbu Sate Kambing Pedas Manis Enak Bikin Ketagihan

resep cara membuat bumbu sate kambing qurban

Resep Bumbu Sate Kambing Pedas Manis – Popularitas sate kambing memang tak pernah sirna di Nusantara kita. Masakan yang memiliki cita rasa yang membuat lidah tak mau LDR dengan nya. Pengen nya makan sate terus.

Bicara soal sate, satai.  Identik dengan perayaan hari raya idhul adha umat muslim. Banyak orang-orang Islam yang melakukan ibadah Qurban dengan cara menyembelih hewan ternak yang hasil dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak menerima, seorang muslim maupun non muslim.

Dalam perayaan hari raya tersebut hampir menjadi mayoritas kalangan muda maupun tua mengolah daging kambing dan sapi dengan cara dipanggang atau di sate. Untuk menciptakan cita rasa yang sedap sempurna butuh bumbu-bumbu sate kambing yang lengkap. Bagi Anda penggemar sate semoga artikel ini dapat menjadi resep inspirasi serta panduan dalam mengolah daging kambing menjadi sate yang lezat.

Cara  Membuat Daging Sate Kambing Lunak Empuk

daging kambing - bumbu sate kambing
@daging kambing

Agar daging tidak terasa keras dan empuk mudah digigit, daging kambing perlu dilumuri sesuatu. Supaya tekstur daging membuka hingga menjadi lunak.

1.Daging Kambing Empuk Dengan Air Kelapa

Selain menghilangkan bau amis, prengus pada daging kambing. Air kelapa juga bisa menjadikan daging lebih empuk. Dengan cara direndam di dalam air kelapa, tekstur daging kambing akan lebih lunak bila di konsumsi setelah matang.

2.Melunakkan Daging Kambing Dengan Nanas

Parut buah nanas yang telah di kupas dari kulitnya. Lalu balur kan parutan nanas yang telah dicampur dengan sedikit air bersih agar dapat merasuk hingga ke dalam ke daging kambing sebelum dibakar. Cukup sebentar saja, bila terlalu lama membuat daging membelah-belah hancur.

3.Menggunakan Tepung Kanji Sebagai Pelunak Daging Sate

Cara terakhir untukmembuat daging sate kambing lebih empuk menggunakan tepung kanji. Caranya cukuplah mudah, tusuk sate dahulu seperti selera Anda. Lalu sapukan kanji ke daging yang telah ditusuk, setelah merata goyangkan tusukan sate agar kanji yang menempel menghilang dari daging.

Bahan Dan Bumbu Sate Kambing

Bahan Sate :
daging kambing ½ kg

tusuk sate

nanas/airkelapa/tepung kanji (untuk melunakan daging)

Bumbu Celup Sate Kambing
bawang merah 10 siung

bawang putih 5 siung

kemiri 1 butir

asam 2 butir

jahe seukuran jempol 1

daun jeruk 3 lembar

garam ½ sdt

ketumbar 1 sdm

merica halus secukupnya

gula jawa secukupnya

Pelengkap Bumbu Sate Kambing :
jeruk nipis 1 buah

kecap manis 50 ml

minyak goreng 2 sdm

cabe rawit 6 buah

Bahan Pelengkap Makan :
tomat  3 buah

timun 1 buah

cabai rawit 5 buah Kecap 50 ml

Resep Langkah Mengolah Daging Dengan Bumbu Sate Kambing

sate kambing panggang enak nan lezat
@sate kambing telah masak
  • Potong daging hingga berbentuk dadu kotak. Bila ingin daging tidak amis dan lebih empuk rendam menggunakan air kelapa atau parutan. Bisa juga dengan dibalur tepung kanji.
  • Halus kan bumbu celup olesan sate kambing dengan cara ditumbuk atau di blender. Tambahkan juga bumbu pelengkap seperti perasan jeruk nipis, minyak goreng dan kecap bila ingin manis, cabe rawit bila ingin sate terasa pedas.
  • Lalu celup dan oleskan daging kambing yang sudah ditusuk dengan bumbu sate yang telah di tempatkan pada wadah mangkuk.
  • Kemudian bakar sate , lakukan celupan dan olesan bumbu sate kambing agar bumbu benar-benar meresap hingga ke dalam daging.
  • Angkat dan sajikan bila sate benar-benar matang. Tak lupa siapkan bahan pelengkap makan : tomat, cabai rawit dan timun yang telah diiris tipis. Tak lupa juga teteskan kecap diatas sajian tusukan sate kambing sebagai penambah rasa gurih dan lezat.

***

Selesai, berikut tadi beberapa resep bumbu cara langkah membuat mengolah daging kambing menjadi sate kambing yang nikmat, lezat dan sederhana namun sempurna. Selamat mencoba dan semoga puas dengan hasil masakan sendiri.

Bila ada masukan dan pembenaran bisa Anda lakukan di bilik komentar. Terima kasih telah mampir di artikel kami. Jangan lupa like, share dan comment.

Baca Juga : Cara Membuat Cilok Aci Super Kenyal Enak

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: