Penjelasan Singkat Tentang Sapi Qurban Untuk Disembelih

sapi qurban

Sapi Qurban – Temasuk salah satu hewan ternak yang sah bila dipakai untuk melaksanakan ibadah kurban. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT.

Qur’an surat Al-Hajj ayat 34

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

Dan bagi setiap umat (muslim) Kami berikan tuntunan untuk melaksanakan qurban, agar kalian mengingat nama Allah atas rezki yang telah dilimpahkan kepada kalian berupa hewan ternak (bahiimatul an’aam).

Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa yang dimaksudkan “bahimatul an’aam” yakni jenis hewan yang halal dan sah dalam segi syarat ketentuan untuk melaksanakan ibadah qurban. Berupa hewan ternak : kambing, domba bulu putih, sapi yang terbaik dan unta gagah. Di negara tertentu seperti Indonesia, kerbau termasuk karena menjadi hewan ternak,layaknya sapi.

Dalil Sapi Qurban Untuk 7 Orang

Jabir bin Abdullah RA, beliau mengisahkan

نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ، وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

“Kami melaksanakan kurban bersama Rasulullah SAW pada tahun ketika perjanjian Hudaibiyah dengan badanah (unta sehat lagi gemuk) untuk tujuh orang, dan sapi juga untuk tujuh orang”.  (Muslim no. 1318)

Cara Memilih Sapi Qurban

Dari Syuraih Ibnu An Nu’man dan ia adalah seorang yang jujur. Dari Ali RA, ia berkata: “Rasulullah SAW memerintahkan kami agar memeriksa mata dan telinga serta agar kami tidak berqurban dengan cara ‘aura’ , muqabalah , mudhabarah , kharqa’ dan syarqa”.  (Abu Dawud 2422)

Baca juga : Sapi pedaging Lokal Indonesia | Harga terjangkau

  • Aura’ : buta sebelah.
  • Muqabalah : yaitu terpotong sebagian telinganya.
  • Mudhabarah : terpotong bagian telinga belakang.
  • Kharqa’ : yang telinganya diberi tindik lubang.
  • Syarqa’ : telinganya sobek.

Baca selengkapnya tentang Kurban, disini.

Lebih Baik (Utama) Mana Qurban Sapi atau Kambing

sapi qurban atau kambing qurban
@sapi qurban atau kambing qurban

Sebenarnya kedua hal antara pemilihan sapi qurban dan kambing qurban bernilai   sama baiknya. Namun bila membahas masalah fiqih akan terus timbul disetiap zaman nya. Berbeda dengan Aqidah, kalau tentang ilmu aqidah islam itu adalah ilmu paten, tetap dari Allah SWT yang tak akan bisa diperselisihkan hingga akhir zaman. Untuk itu mari simak penjelasan para ulama’ tentang perbedaan sapi dan kambing untuk berqurban.

  • Lebih baik qurban kambing

Kembali ke qurban sapi dan kambing. Menurut Imam Assaerazy As-Syafii dalam fatwa lajnah daimah no.1149, shahih sunnah 2:375 dan syahrul mumthi’ 7:458. Beliau menjelaskan bahwa.

“Kambing (kurban sendiri) lebih baik dari pada sapi dengan iuran 7 orang. Karena orang yang berkurban dapat menyembelihnya sendiri untukmenumpahkan darahnya”. (Al Muhadzab 1:74)

Hal ini sesuai dengan dalil sebagai berikut: (Shahih Fiqh Sunnah, 2:375, Fatwa Lajnah Daimah no. 1149 dan Syarhul Mumthi’ 7:458). Imam As-Saerazi Asy-Syafi’i mengatakan, “Kambing (sendirian) lebih baik dari pada urunan sapi tujuh orang. Karena orang yang berkurban bisa menumpahkan darah (menyembelih) sendirian.” (Al Muhadzab 1:74).

  • Lebih baik sapi qurban

Menurut Imam Syafii dan Imam Ahmad urutan keutamaan hewan qurban adalah: onta, sapi, domba berbulu lalu kambing. Alasannya dalam pengurutannya ditinjau dari segi kuantitas banyaknya daging sehingga lebih banyak penerimanya.

Sedangkan menurut pendapat Malikyah, yang mungkin sudah banyak dipakai masyarakat Indonesia sebagai pedoman. Yang kesimpulannya : Barang siapa yang ingin berqurban untuk dirinya dan anggota keluarganya maka lebih utama berqurban dengan satu ekor unta qurban, lalu dengan satu ekor sapi qurban, kemudian baru seekor kambing. Bukan dengan berserikat patungan namun satu untuk keluarganya.

Kesimpulan
Kedua nya bisa dipakai selagi masih dalam konteks ibadah yang benar mengacu kepada ajaran Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Menurut Ulama’ Mufti Kerajaan Saudi Arabia boleh memilihnya sesuai kemantapan diri dan jiwa masing-masing karena keduanya pernyataan diatas termasuk Qiyas (analogi) .

Namun apabila ditinjau dari segi manfaat dan nominal banyaknya daging, sapi lebih menguntungkan. Karena di negara kita Indonesia termasuk dalam kategori negara menengah ke bawah dalam masalah ekonomi. Hingga terhitung daging sapi akan lebih merata dalam pembagiannya kepada yang berhak menerimanya, dibanding kuantitas daging kambing.

Cara Penyembelihan Sapi Qurban Sesuai Ajaran Islam

Wallahu a’laam.

***

Semoga dapat bermanfaat, bila ada benar kata penulisan itu datangnya dari Allah SWT, karena limpahan ilmu Nya. Bila ada salah tulis kata itu datang nya dari kami. Mohon untuk revisi pembenaran bila terdapat kesalahan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kain Untuk Membuat Pakaian Bonus Uraian Karakteristik Kain

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: