Ramadan | pengertian, keutamaan, amalan bulan ramadan

ramadan - marhaban ya ramadan karem

Ramadan, bulan suci, bulan mulia, bulan kemenangan.

Ramadan adalah bulan ke-sembilan dari kalender hijriyah, kalender islam, bulan puasa.

Pengertian Ramadan

Ramadan
Ramadan kariim

 

Menurut bahasa Ramadhan dari kata “ramadhanat” – “armidha” yang artinya terik panas. Maka tak heran bulan suci ramadhan identik dengan cuaca panas. Wallahu a’lam

Menurut istilah

Disebut juga dengan bulan suci karena kitab suci Al-quran pertama kali turun pada bulan ramadan, sebagaimana Allah berfirman

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“bulan ramadhan (yaitu) yang di dalamnya telah diturunkan (awal-permulaan) al-quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (benar dan bathil). Karena itu barang siapa diantara kalian mendapati  bulan itu, maka berpuasalah”
(QS. Al-Baqarah: 185)

Selain itu juga ada kewajiban bagi umat islam untuk berpuasa pada bulan tersebut dengan syarat dan aturan yang telah ditetapkan dan diajarkan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

baca : doa menjenguk orang sakit beserta adab menjenguk

Mengapa disebut bulan mulia? Karena Allah melipat gandakan amalan-amalan yang baik ketika dikerjakan di bulan tersebut. Dan pintu kebaikan terbuka lebar, sebagaimana hadist yang disabdakan Rasulullah SAW

“Apabila datang atau masuk bulan Ramadhan, maka terbukalah pintu-pintu syurga dan tertutuplah pintu-pintu neraka dan setan-setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari Muslim)

Bulan Ramadan Bulan Kemenangan

  1. Perang Badar, peperangan besar pertama yang terjadi dalam sejarah Islam dan kemenangan besar pula yang membuat bersinar nya umat islam di waktu itu. Pertempuran ini terjadi pada bulan ramadan.
  2. Fath Makkah, Pengambilan dan penaklukan alih kota Makkah dipimpin langsung oleh baginda Nabi Muhammad SAW dan terjadi bertepatan pada 10 Ramadan tahun 8 Hijriyah.
  3. Ma’rakah Qodisiah, pertempuran melawan Persia di daerah Qodi yang pada saat itu dipimpin Saad bin Abi Waqas, juga terjadi pada tahun 15 H bertepatan pada bulan suci.
  4. Dan masih banyak sejarah kemenangan umat islam lain di bulan Ramadhan.

Menentukan Jatuhnya Bulan Ramadan

Untuk menentukan sudah masuknya bulan ramadan biasanya para ahli fikih menghitungnya dengan hisab. Hisab yaitu perhitungan sistematik astronomi yang menentukan bergantinya bulan dalamkalender hijriyah.

Cara yang lain yaitu Rukyatul hilal, melihat bulan dengan mata kepala maupun menggunakan teleskop oleh beberapa orang dan dilakukan perundingan penentuan tanggal satu secara ijtimak.

baca juga : isra mi’raj, pengertian bahasa sains dan peristiwa nya

Keutamaan Dan Hikmah Bulan Ramadan

bulan ramadan _ bulan suci ibadah
source ibadah di bulan ramadan

 

  • Pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup

Menurut beberapa ulama yang dimaksud terbukanya pintu syurga yaitu allah menurunkan rahmat dan menghilangkan sesuatu yang menghalangi naiknya amal perbuatan.

Dan ditutupnya pintu neraka yaitu bersihnya jiwa seseorang karena puasa dan amalan yang telah ia perbuat, termasuk mengendalikan hawa nafsu diri.

  • Setan dibelenggu

Dengan dibelenggu nya syaiton maka manusia banyak yang mudah untuk berbuat baik baik di siang maupun malam hari di bulan ramadan. Namun ada sebgagian syaiton yang membelot dari apa yang diperintah Allah sehingga ada pula beberapa maksiat yang tetap ada di bulan suci, naudzubillahi min syarridzalik.

  • Bulan turunnya Al-Qur’an dan perintahkan untuk berpuasa

    (QS. Al-Baqarah: 185)

“bulan ramadhan (yaitu) yang di dalamnya telah diturunkan (awal-permulaan) al-quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (benar dan bathil). Karena itu barang siapa diantara kalian mendapati  bulan itu, maka berpuasalah”

     (QS. Al-Baqarah: 183)

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa

  • Bulan disunahkan untuk sholat tarawih

Mengerjakan sholat tarawih hukumnya sunnah dan hanya ada pada bulan ramadhon. Ketika bulan-bulan lain selain ramadhan kita juga dianjurkan untuk sholat qiyamul lail (sholat malam / tahajud)

  • Lailatul Qadr

Bulan yang telah dipilih Allah SWT yang didalamnya ada suatuhari yang sangat mulia tinggi nilainya yaitu malam Al-qadr. Ada yang berpendapat jatuh pada tanggal 21 ramadhan. Tak sedikit pula yang beranggapan jatuh pada tanggal ganjil 10 hari terakhir bulan ramadhan.

  • Bulan ibadah

Bulan yang dapat melahirkan ibadah-ibadah dan aktifitas positif lain, seperti kajian, tadarus,mabit, i’tikaf, sodaqoh, zakat dan lainnya.

  • Mendekatkan diri kepada Allah dan RasulNya

Di bulan yang suci, kita harus memiliki tekad kuat untuk memperbaiki diri baik dari jasmani maupun ruhani (ibadah). Dengan amalan ibadah yang kita lalukan semoga dapat meningkatkan iman kepada Allah dan RasulNya dan taqwa kita kepada Allah SWT. Ketika Puasa jangan lupa perbanyak doa dan mohon ampunan karena doa orang berpuasa ketika ia berbuka lebih di ijabahi Allah SWT

Amalan yang lebih baik (istimewa) dikerjakan di bulan ramadan

infak sedekah
infak sedekah – ilustrasi
  • Berinfak dan bersedekah
  • Memperbanyak tilawah Al-qur’an
  • Mengerjakan qiyamul lail (shalat tarawih)
  • Umrah di bulan ramadan
  • Mengeluarkan zakat
  • Mengerjakan shalat idhul fitri

 Wallahu a’lam bishawab. Dengan ada nya tulisan diatas semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. apabila ada salah kata tulis mohon untuk dikoreksi agar ilmu lebih sempurna dan berkah.

baca juga : mati, pengingat mati – mati tak menunggu taubatmu BACA BIAR NGERTI

You May Also Like

About the Author: ni

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: