Belajar Menulis Artikel Pengalaman Cerita Dan Note

cara belajar menulis artikel

Belajar Menulis Artikel Pengalaman Cerita Ala Author wAYAHna – Kebutuhan menulis tak hanya di sekolah, di surat izin, di surat lamaran dan di absensi saja. Menulis juga dapat kita lakukan di notebook. Sebagai langkah perumusan biografi diri. Meski bukan tokoh terkenal, namun menulis berkenaan pengalaman juga dibutuhkan sebagai peluapan emosi dan kata hati setiap orang.

Bagi pemula seperti saya menulis artikel adalah hal yang sangat sulit. Bahkan bikin greget emosi. Menuangkan kata hati, pikiran, ucapan serta menulisnya agar bisa menyalurkan ide gagasan yang memahamkan si pembaca.

Memang menulis itu berat, tapi lakukan saja.

Quote pendek dan gaje diatas mengajarkan kepada kita agar selalu mencoba dan berlatih. Bisa karena biasa. Sudah sesimpel itu motivasi untuk belajar menulis artikel.

Berawal dari tugas dari seorang Guru yang mengharuskan muridnya untuk menulis artikel tentang pengalaman pribadi dengan cakupan kata minimum 400 kata. Terbilang banyak bagi seorang pemula.

Pusing mau nulis tentang pengalaman yang mana, yang seneng apa yang susah. Dimulai dari kata apa? Dan pengalaman yang mana?

Sebelumnya mohon maaf. Sebenarnya tulisan ini juga untuk melatih diri saya untuk menjadi author yang sifatnya memandu (menuangkan ilmu berdasarkan pengalaman). Semoga dapat menjadi tips bagi diri saya pribadi dan Anda. Karena diartikel-artikel sebelumnya saya jarang menuliskan tentang pengalaman pribadi.

Langkah pertama cukup sederhana. Tinggal duduk depan laptop mulai menulis. Meski hanya menuliskan kegiatan sehari-hari hal tersebut juga termasuk pengalaman.

Contoh sederhana : Cerita satu jam “nasehat ustadz” bermula dari bakda magrib dan berakhir seusai adzan isya’. Itu termasuk waktu pengalaman yang singkat.

Dalam satu jam itu kita dapat menjabarkan banyak hal. Mulai dari basa basi menjabat tangan dengan ustadz, kemudian pembukaan nasehat dengan serius santai dan tuliskan pula isi nasehat dari ustadz tersebut.

Hal itu bila dijabarkan akan sangat banyak. Terlebih bila Kita dapat menangkap semua ilmu dari ustadz dan kita tulis ulang ke artikel Kita. Selesai tugas seribu kata akanterpenuhi.

Belajar Menulis Artikel Pemula Ala Author

belajar menulis artikel ala wayahna
belajar menulis artikel ala wayahna

Menentukan Judul Artikel

Tentukan pokok permasalahan berupa judul. Sebisa mungkin untuk mencari judul yang unik relevan dan dapat dimengerti banyak orang.

Toh apa jadi nya bila menulis karangan artikel tanpa judul. Bak, manusia tanpa jiwa. Tak ada jiwa yang membawa alur cerita tersebut.

Dalam penulisan judul gunakan tata bahasa dan penulisan yang benar menurut KBBI. Setiap konsonan awal kata akan lebih rapi bila di tulis dengan huruf besar, kapital.

Contoh artikel baik dan benar, klik disini.

Menulis Paragraf Pada Artikel

Setelah judul telah ditentukan, untuk mengawali pembukaan cerita atau artikel, perlu basa basi  terlebih dahulu. Agar dapat menceritakan kondisi suasana awal. Latar belakang cerita atau yang mempokoki suatu masalah pada artikel.

Perhatikan pula ejaan kata yang sempurna sesuai KBBI. Contoh tanda baca berupa koma (,), titik (.), tanda seru (!), tanda tanya (?) dan lainya.

Hal lain yang perlu diperhatikan selanjutnya yakni pemberian spasi dan ejaan penghubung yang benar seperti tanda strip (-), underscore (_). Usahakan beri spasi setelah tanda titik, seru, tanya dan koma. Agar lebih enak dibaca dan nurut pada acuan KBBI.

Beri Subheading Pada Artikel

Agar lebih spasifik dalam penulisan sub-bab, sebaiknya gunakan subheading untuk memisahkan satu bab dari bab lain. Selain itu juga dapat menjadikan fokus mata agar tak selalu bosan dengan tulisan yang monoton datar.

Bullets Numbering Bila Dibutuhkan

Gunakan Bullets numbering pada penjabaran yang lebih spesifik. Detail suatu kalimat akan lebih terbaca dan memberikan urutan yang jelas.

Akhir Paragraf

Penutup, gunakan gaya bahasa yang lebih sopan beserta permintan maaf dan terima kasih telah berkunjung ke artikel atau cerita Anda. Dengan begitu kesan aktif antara penulis dan pembaca ada.

Menulis Dengan Bahasa Yang Konsisten

Gunakan gaya bahasa yang terus menerus sama dalam satu artkel agar sang pembaca tidak kebingungan dengan bahasa yang Anda gunakan.

Bila kebingungan cari referensi contoh silahkan lihat disini.

Demikian tadi beberapa langkah yang selama ini saya gunakan untuk menulis artikel tentang pengalaman pribadi, cerita, tugas dan note sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Bila Berkesan silahkan like share dan comment. Wassalam.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: