Menu Makanan Sehat Sederhana Khas Pesantren

menu makanan sehat pesantren - tempe dan tahu

Menu makanan sehat ala Pesantren – Mungkin agak berbeda dengan menu makanan restoran mewah, dan menu westren yang selalu menyajikan bahan alami dan unggulan. Serta dimasak dengan cara-cara yang bertahap dari direbus dibakar digoreng dicincang dan seterusnya.

Kebalikannya bila menilik balik ke menu sederhana pesantren, bisa dibilang tidak terlalu ribet dan bahkan kebanyakan dioleh dengan cara sederhana. Namun hal itu tak menjadi alasan menu pesantren tidak menyehatkan. Karena prosedur produksi pemasakan makanan terjamin oleh tenaga ahli, bahan alami dan doa para santri.

Benar-benar menikmati makanan yang disediakan. Selain halal menu makanan juga harus thoyib. Seperti yang sudah dijelaskan pada Al-Qur’an, surat Al Maidah ayat 88.

Artinya, “Dan makanlah makanan yang halal serta baik (toyib) dari apa-apa yang telah Allah berikan kepadamu dan bertakwa lah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”

Menurut para mantan santri. Kok mantan, hehe. Para santri yang memakan makanan tidak menyoali rasa dan porsi makanan yang disajikan. Melainkan yang menjadi sudut pandang mereka dalam mau dan bersyukurnya dalam memakan menu pesantren adalah sikap kebersamaan dan sikap qonaah yang diajarkan nabi Muhammad SAW.

Qona’ah adalah suatu sikap rela ridho menerima dan selalu merasa cukup puas dengan apa yang terlah diberikan atau ditetapkan.

Dalam bisik hati mereka, bukan karena terpaksa adanya hanya makanan itu saja. Namun sikap dan sifat yang telah diwarisi anak-anak penuntut ilmu dari dulu lah yang mereka budidayakan. Banyak contoh-contoh para ulama’ terdahulu yang rela sedikit makan demi mendapatkan ilmu. Karena banyaknya makan dapat membuat kantuk secara cepat.

Menu Makanan Sehat Ala Pesantren

Budaya ngantri sudah menjadi keseharian santri. Senampan bertiga juga sudah menjadi hal yang biasa. Hal sederhana yang dapat menyatukan hati dan jiwa.

“Persahabatan erat dan tali persaudaraan mulai terjalin dari hal-hal se-sederhana ini”. Jarang kita temui sekumpulan yang dapat makan barengan sepriring sehari tiga kalid dengan menu istimewa ala ummi dapur, kecuali di pondokan.

Menu Lauk Sehat Pesantren

Memang lauk yang diberikan pesantren begitu sederhana. Namun dengan kesederhaan yang terus ada dapat menciptakan generasi yang lebih baik. Seperti para ustadz, para menteri dan para tokoh pemuka di kursi pemerintahan negara kita banyak yang diduduki oleh para lulusan pesantren. Untuk itu jangan sepelekan hal sederhana yang diajarkan pondok meski dari segi menu makanan sehat sehari-harinya.

1. Tahu dan Tempe

menu makanan sehat pesantren - tempe dan tahu

Tempe merupakan makanan murah sumber gizi. Sama dengan tahu, bahan dasar pembuatannya dari kedelai. Hasil trans fermentasi terhadapa biji kedelai. Dengan menggunakan bahan campuran kapang roti untuk memfermentasikannya.

Kaya akan protein yang lebih tinggi daripada daging. Kandungan nutrisi pada tempe terbukti dengan kualitas baiknya kedelai yang bila bercampur air akan mengakibatkan naiknya kadar aktivitas enzim proteolitik.

Padahal enzim tersebut sangat pokok dalam menyambung rantai protein pada pencernanaan. Selain itu kandungan lemak pada tempe juga lebih sedikit daripada karbohidrat. Disebut sebagai sumber vitamin B12 nabati. Dengan mengkonsumsi rutin setiap hari akan menghilangkan penyebab sakit imun, seperti pusing, lemas, lelah dan masuk angin.

BACA : Model Potongan Keren, Untuk Santri Juga Ada

Sedangkan tahu adalah makanan yang terbuat dari endapan biji kedelai. Sacara harfiah seperrti fermentasi namun dalam bentuk sari nya kedelai. Terbagi menjadi dua jenis yaitu tahu putih dan tahu kuning.

Namun makanan olahan pesantren lebih sering menggunakan tahu kuning sebagai bahan masak. Tekstur keras dan lebih tahan basi dari pada yang putih menjadi pertimbangannya. Menu makanan sehat ala pesantren.

  • Tempe goreng dan tahu goreng

Dengan tingginya protein tempe sangat rekomendasi untuk paraa pelajar, selain hemat juga mudah dalam mengolahnya.  Kali ini tempe akan disajikan dalam bentuk lauk.

Mengolahsebenarnya cukup mudah. Cukup dengan cara dioleskan tempe ke air bumbu (berupa air+garam+bawang putih) kemudian digoreng pada minyak panas, akan membuat tempe menjadi lauk sarapan atau makan siang.

Langkah menggoreng tahu dan tempe goreng yang lain juga temasuk simpel. Dengan bahan tepung, garam, bawang putih dan sedikit perasa makanan, dicampurkan dengan air matang secara merata akan menjadi adonan campuran tempe goreng.

Cukup mudah dan menghemat biaya dan waktu. Menu tempe goreng ini sering disajikan di banyak pesantren. Dengan ditambahkan sambel terasi atau sambal kecap akan menambah selera makan santri.

  • Tempe kering sehat ala umi dapur

Disajikan dalam bentuk sayur. Tempe dipotong seukuran dengan bentuk persegi panjang kecil. Lalu digoreng bersamaan dengan bumbu-bumbu lain dalam pembuatan tempe kering.

Tempe kering ini sering disajikan dengan pasangan berupa kerupuk agar ada kombinasi lain yang menjadi menu makan siang santriwan santriwati.

2. Telur

telur rebus makanan sehat pondokan

Sering kali dijadikan menu makan yang dimasak ibu dapur ketika pagi hari. Mungkin karena untuk menambah nafsu makan ketika pagi hari. Dengan aktivitas yang padat perlu gizi, protein dan energi tinggi.

Telur dadar menjadi sajian utamanya. Nutrisi vitamin pada sebutir telur sangat varian, termasuk B12 yang berguna sebagai sumber produksi sinyal molekul otak. Sehingga tergolong makanan sehat untuk dikonsumsi. Meski digoreng telur juga termasuk HDL berkolesterol baik.

Sajian telur yang kedua berupa telur rebus. Bila tak memungkinkan menggoreng, mungkin karena telur rebus lebih simpel dan prektos. Telur rebus menjadi lauk cadangan setelah telur goreng.

Menu Makanan Sehat Sayuran Pesantren

1. Tumis

tumis kangkung makan sehat pesamtrem

2. Sayur Gori

menu makanan sehat sayur-gori-nangka-muda

3. Tahu dan tempe bacem

resep-tempe-dan-tahu-bacem-menu makanan sehat

4.  Mie goreng

mie goreng menu sehat ala pesantren

5. Soto kuah

Soto-Daging-Sapi-Kuah-Segar-Ala-Pesantren

Menu Makanan Sehat Mingguan Santri

1. Ikan bandeng

menu sehat ikan bandeng goreng kremes

2. Ikan lele goreng

menikmati menu makanan sehat 4 sehat 5 sempurna

3. Menu Makanan Sehat Ayam Goreng Pesantren

menu makanan sehat tambahan berupa ayam goreng

***

Dari sekian banyak menu makanan sehat, semua yang telah disebutkan diatas sudah melalui prosedur penilaian fungsi dan manfaat. Untuk itu bagi Anda yang tidak berada di pesantren juga dapat mencoba menjadikannya menu makanan sehat di rumah. Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: