Manfaat Jahe, Tidak Hanya Menjadikan Tubuh Hangat Tapi Juga Sehat

jahe - ekstrak jahe

Manfaat jahe – Apa sih manfaat jahe sesungguhnya? Apakah manfaat jahe hanya untuk menghangatkan tubuh? Apakah juga bermanfaat untuk kesehatan lain? Ya, jahe adalah tanaman yang banyak dikenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat tradisional.

Jahe merupakan jenis tanaman herbal tradisional yang sangat dipercaya masyarakat, sebagai penghangat tubuh ketika dingin, bahkan sebagai penghilang dahaga haus, hehehe.

Ya, kembali ke manfaat jahe, sama halnya dengan air minum lain ramuan wedang jahe juga menghilangkan dahaga haus, namun di dalam jahe terdapat kandungan manfaat lebih untuk kesehatan tubuh kita, berikut ulasannya.

Manfaat Jahe Bagi Tubuh

manfaat jahe

 

Menghangatkan tubuh dan mencegah masuk angin

Tak salah bila anda memilih jahe sebagai minuman penghangat tubuh ketika hujan ataupun ketika berada di daerah yang bersuhu dingin. Seperti halnya cabe, jahe juga memiliki sifat termogenik (panas dan hangat) sehingga dapat membantu meningkatkan suhu tubuh.

Anti toksin dan anti virus pada jahe dapat membantu mengobati batuk, pilek dan masuk angin. Selain itu, Vitamin C dan Antikoksidan pada jahe juga dapat melancarkan metabolisme tubuh dan peredaran darah sehingga dapat mencegah masuk angin.

Melancarkan sistem pencernaan

Yang kedua, manfaat jahe bagi sistem pencernaan telah di andalkan oleh masyarakat terdahulu. Serat yang terkandung dalam jahe ternyata berkadar tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kinerja usus selama proses pencernaan termasuk menyerap nutrisi makanan di dari tubuh.

Selain itu jahe juga bermanfaat sebagai dektonasi racun yang telah masuk pada usus. Serta membantu proses pengeluaran gas berlebih yang ada pada tubuh melalui sistem pencernaan.

Mengurangi rasa sakit dan nyeri

University of Georgia telah melakukan kajian ilmiyah yang hasilnya menyatakan bahwa rasa sakit pada otot dan sendi yang diakibatkan oleh berolahraga dapat diredakan dengan cara mengkonsumsi suplemen jahe.

Yang dimaksudkan dalam kata otot dan sendi juga meliputi nyeri otot sendi, rematik atau pun perandangan pada tulang.

Selain untuk mengurangi rasa sakit pada otot dan sendi tulang, dengan mengonsumsi wedang jahe juga dapat mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Lebih aman dan tidak berefek samping bagi masa depan wanita yang mengkonsumsinya.

Ramadan 2018

Buah bit – umbi yang kaya manfaat – harus tau 2018 lho

Manfaat jahe sebagai pencegah Kanker

Mungkin hanya sedikit yang sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi ekstrak jahe dapat mencegah kanker. Gingerol (rimpang jahe) dan phytonutrient (zat kimia alami pada jahe) lah yang berperan penting dalam mencegah kanker.

University of Minnesota telah melakukan penelitian yang hasilnya gingerol atau rimpang jahe telah terbukti memberikan efek baik pada tubuh termasuk mencegah radikal bebas kanker. Selain itu pada penelitian tersebut membuktikan bahwa jahe juga dapat memperlambat penyebaran tumor.

Meredakan stres berlebih

Selain untuk kesehatan tubuh dengan meminum jahe di sore hari juga dapat menghilangkan stres. Rasanya yang khas dan memberi kehangatan tubuh sangat memberi energi positif pada rangsangan otak. Apalagi minumnya sama si Doi, đŸ˜€

Manfaat Jahe Bagi Kecantikan

cara merawat wajah

Mengatasi jerawat dan noda hitam

Termogenik dan Antibakteri pada jahe sangat bermanfaat dalam mengatasi jerawat, hanya dengan menjadikan jahe sebagai masker, caranya cukup mudah pertama parut jahe kemudian tambahkan sedikit perasan lemon lalu lulurkan pada wajah, tunggu hingga 15 menit lalu basuh dengan air bersih.

Tak hanya jerawat, dengan menggunakan masker jahe dan lemon juga dapat menyamarkan noda hitam pada wajah. Dengan saran penggunaan masker jahe dilakukan secara rutin berkala jangan terlalu sering.

Mengangkat sel kulit mati dan mengatasi penuaan dini

Kandungan Antioksidan pada jahe juga dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah serta berperan  mengatasi penuaan dini. Hanya dengan cara meyeduhnya menjadi wedang jahe ketika sore hari atau pagi hari, cukup sehari satu kali.

 Baca juga artikel lain : Sikap Peduli Terhadap Pencemaran Lingkungan

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: