10+ Manfaat Jagung Secara Global Untuk Manusia Dan Hewan

manfaat jagung untuk kesehatan

10 Manfaat Jagung Secara Global – Cemilan ringan yang mengandung karbohidrat. Meski sering dipandang sebagai sayuran, sebenarnya jagung masuk dalam kategori bijian. Di Indonesia jagung dioleh sebagai campuran sayuran entah ditumis atau direbus.

Sering disevut juga sabagai bahan dasar cemilan, seperti bakwan atau isi gorengan, popcorn dan jagung bakar atau rebus.

Selain berguna untuk mengenyangkan perut, banyak manfaat lain yang atas keberadaan kita terbantu setiap harinya. Kalori yang terkandung dari jagung juga tinggi hingga mencapai 3,42 kalori per gram nya. Sehingga jika dikonsumsi dapat mempercepat bertambahnya berat badan. Untuk lebih lanjut manfaat jagung yang lain, simak ulasa artikel ini hingga rampung.

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

manfaat jagung untuk lovebird

Ditinjau dari sisi Agronomi Botani, Jagung merupakan tanaman yang memiliki struktur genetika yang menarik. Secara fisiologi tergolong tanaman C4 sehingga butuh ekstra dalam pencahayaan matahari. Namun masuk dalam ketegori bijian.

Kondisi fisik yang menarik dan berbeda dengan tanaman lain membuat jagung sangat efisien dalam proses konsumsi. Di lain sisi masih banyak rahasia khasiat jagung yang masih tersembunyi jarang diketahui. Baik bagi manusia maupun lingkungan sekitar.

Mengontrol Gula Darah

Fitokimia pada biji jagung berguna mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin tubuh. Insulin sendiri berguna sebagai pengatur kadar glukosa dalam tubuh yang masuk melalui makanan, terutama glukosa darah.

Maka dari itu banyak Dokter dan Perusahaan yang bekerjasama mermu jagung organik untuk dijadikan pengganti peanis gula. Penurunan signifikan juga dapat dirasakan penderita diabetes setelah mengganti gula tebu mereka dengan gula jagung.

Meningkatkan Kemampuan Pengelihatan

Kandungan lutein pada jagung manis, memberi manfaat pada mata. Dari lutein tersebut saraf optik mata akan diperkuat dan penglihatan fokus mata akan diperbaiki. Baca fungsi lutein selengkapnya di wikipedia.

Tingginya kadar duo karotenoid pada jagung dapat membantu menurunkan risiko dari degenerasi katarak dan makular.

Meningkatkan Energi

Dari vitamin B pada jagung dapat embantu tubuh memperoleh energi tambahan. Sedangkan dari vitamin C jagung tubuh akan diberi asupan untuk memperbaiki sel, sehingga imun tubuh juga bertambah.

Mengatasi Sembelit

Kandungan seratpada jagung membantu melancar usus saat proses pencernaan makanan. Serat tersebut juga akan merangsang gerak peristaltik dan produksi asam lambung sehingga dapatmengurangi kemungkinan diare.

Mencegah Anemia Kurang Darah

Vitamin B12 dan asam folat hadir dalam jagung, untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Jagung juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia juga.

Kandungan Antioksidan

Beberapa penelitian mengenai jagung telah menyatakan bahwa jagung mengandung antioksidan. Antioksidan yang terkandung dapat mencegah dan melawan radikal bebas kanker. Sehingga banyak produk kecantikan yang mengolah bahan kecantikannya dengan campuran tepung jagung.

Bahkan tak seperti sayuran lain, jagung dapat mengeluarkan zat kimia baik berupa phytochemical jagung  yang menjadi sumber antioksidan. Kemampuan lebihnya adalah dapat menginduksi apoptosis didalam sel kanker.

Sebagai Pengganti Nasi

Seperti yang telah kita ketahui. Tak hanya unggul dari segi rasa yang gurih. Jagung juga membuat rasa kenyang seperti nasi. Dan dapat mememnuhi kebutuhan tubuh layaknya makanan pokok.

Maka tak heran bila di sebagian masyarakat Jawa Timur dan Madura menjadikan jagung sebagai bahan pokok pangan pengganti nasi. Penduduk setempat berkeyakian jagung lebih memberi manfaat lain selain kerbohidrat. Untuk itu mereka mengkonsumsinya sebagai makanan pokok.

Bebas Kolesterol dan Mineral yang tinggi juga mempengaruhi tersuplay nya energi. Banyak para petani yang sarapan dengan jagung sebelum berangkat ke persawahan.

Sebagai Bahan Dasar Tepung

Kanji yang sering kita gunakan membuat adonan, salah satunya terbuat dari bahan dasar jagung. Disamping lunak untuk diolah, banyak kandungan yang porsinya mencukupi. Contoh nutrisi di dalamnya kalsium, zat besi dan fosfor. Selain itu karbohidat dan kalori juga dapat kita temui dari nya pula. Segi fisik dan Kadnungan nya telah masuk sebagai bahan dasar makanan sehat, tepung jagung.

Manfaat tepung jagung sendiri sangat banyak, conoth sebagai bahan adonan, campuran saos, campuran obat kosmetik dan sirup jagung.

Manfaat Jagung Sebagai Pakan Hewan

manfaat jagung secara global

Manfaat Jagung Sebagai Pakan Burung

Membuat tubuh lovebird berasa sehat karena jagung nutrisi komplexs telah memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh burung. Jagung juga berguna untuk menjaga sistem metabolisme lovebird agar tubuhnya tetap segar fit dan prima. Baca juga: Pakan andalan untuk Lovebird

Bila Lovebird Anda terlihat kurang sehat lemes tak bersemangat untuk berkicau.Solusi pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi nutrisi melalui jagung. Potong jagung menjadi 3 bagian lalu taruh di sangkar burung selesai. Untuk lovebird paud perlu dipilih jagung yang lebih lunak.

Fungsi dari jagung tersebut untuk menambah stamina dan over birahi burung lovebird. Sedangkan untuk lovebird kicau ngekek panjang, juga perlu diberi jagung namun untuk menstabilkan birahi harus dimandikan dan dijemur setiap pagi. Dengan resep sederhana tersebut burung akan rajin berkicau dan menghasilkan ngekek yang panjang. Tips memilih jagung untuk lovebird.

Sebagai Pakan Sapi Ternak

Sebagian peternak sapi lokal dalam negeri memanfaatkan batang jagung yang telah diolah menjadi pakan sapi. Menurut para petani jagung pun juga demikian daripada menjual biji jagungnya, lebih untuk bila menanam jagung lalu batang dan daunnya untuk diberikan sebagai pakan sapi.

Karena kandungan nutrisi karbohidrat pada jagung lebih baik daripada rumput, sahut para petani dan peternak. Sapi yang diberi pakan jagung lebih cepat besar dan sehat.

Sebagai Pakan Ternak Unggas

Dari seleksi jagung untuk pembuatan tepung, pasti menyisakan beberapa yang nanti akan tidak digunakan. Untuk itu beberapa petani jagung berinisiatif menjadikan jagung sebagai pakan unggas juga. Mereka menumbuk hingga pecah kecil-kecil agar mudah dimakan ternak.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *