Manfaat Buah Naga? Dragon Fruit? Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kita

manfaat buah naga

Manfaat Buah Naga, Buah naga -bernama latin Dragon fruit merupakan buah yang sangat terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Buah berjenis kaktus ini memiliki banyak keunikan. Bunga buah naga akan layu jika terkena sinar matahari, sehingga bunga akan mulai bersemi ketika sore hingga malam hari. Bentuk bunganya yang indah membuatnya dijuluki sebagai Queen of the Night atau Moon flower.

Penampilan fisik buah naga pun begitu wow, unik. Dari warna kulit hingga daging buah yang menarik. Kulit buah naga memiliki warna yang beragam, mulai dari merah, ungu, dan kuning. Bentuk dan warna kulit buah naga membuatnya menyerupai bentuk api yang menyala dari mulut naga. Daging buah naga juga memiliki kesan menarik, tekstur daging buahnya menyerupai kiwi dengan biji hitam kecil-kecil di  dalamnya.

Buah yang pertama kali ditemukan di Amerika Tengah ini, kini banyak di budidaya di negara-negara tropis seperti negara kita sendiri, Indonesia dan dan negara tetangga Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Selain bentuk fisik yang menarik, namun juga memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya, seperti Protein, Kalsium, Mineral, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Antioxidant, Fiber, dan Captin.

Jenis Buah Naga – Pada dasarnya, ada berbagai jenis buah naga seperti buah naga merah, buah naga ungu, buah naga putih, dan buah naga kuning. Banyak orang menganggap buah naga merah dan buah naga putih tidaklah sama, namun faktanya kedua jenis buah naga tersebut memiliki nutrisi yang sama bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain aman dikonsumsi oleh siapapun (bahkan bagi ibu hamil), buah naga dapat dikonsumsi dengan sangat mudah. Buah naga dapat dinikmati dengan cara memakannya secara langsung atau dapat diolah menjadi jus buah naga. Disamping dapat menikmati kesegaran buah naga, banyak khasiat buah naga yang kita peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Berikut manfaat buah naga:

Manfaat buah naga untuk kesehatan

source : makehealth.ko

Buah naga Detoknasi

Penetralan racun dalam tubuh – Buah naga yang banyak kandungannya sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk Dektonasi. Banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat menyebabkan banyak racun tubuh. Hal tersebut dapat berujung mendatangkan berbagai macam penyakit. Akan tetapi buah naga yang terdapat kandungan antioksidan, buah naga mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang berdampak memperlancar proses detoknasi (penetralan racun dalam tubuh).

Buah naga sebagai peningkat daya tahan tubuh

Semua orang menginginkan tubuh mereka tidak mudah terserang penyakit, dengan kata lain tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang baik. Buah naga bisa menjadi solusinya. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah naga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh.

Makanan diet sehat dan alami (buah naga, termasuk salah satu buah untuk diet alami)

manfaat buah naga
manfaat buah naga

Cara diet alami – Memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal merupakan idaman semua orang, terutama wanita. Buah naga dapat dijadikan pilihan tepat sebagai makanan dan minuman diet alami dan sehat.

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin akan menjadikan perut terasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi porsi makan. Buah naga menjadi cara efektif menurunkan berat badan.

Walaupun kita mengonsumsi buah naga dalam jumlah banyak, tidak akan membuat badan menjadi gemuk karena buah naga kaya serat rendah kalori. Justru pencernaan akan semakin lancar karena kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah naga. Jadi memakan buah naga sebagai camilan atau makanan sehari-hari termasuk cara diet yang sehat.

Buah naga penjaga kesehatan tubuh

Buah naga berkhasiat sebagai penjaga kesehatan tubuh, Kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia. Dari bijinya yang mengandung lemak omega 3 dan omega 6 dapat membantu meredakan gangguan pernapasan (seperti, batuk dan asma). Kandungan kalsiumnya dapat memelihara kesehatan tulang dan menguatkan gigi.

Lalu, zat besi dan fosfor mampu mendukung kelancaran peredaran darah. Selain itu, berbagai jenis vitamin juga terdapat dalam buah naga yang memiliki fungsi masing masing untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat buah naga untuk kecantikan

cara merawat wajah

Menghilangkan bekas jerawat

Di samping berkhasiat bagi kesehatan, buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan. Seperti yang diebutkan di atas, bahwa buah naga mengandung vitamin C sangat tinggi. Selain bekerja untuk sistem imunitas, vitamin C dapat menjaga kesehatan kulit, bahkan mampu menghilangkan bekas jerawat.

Anda dapat mengolah buah naga sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil maksimal. Cara membuatnya sangatlah mudah. Pertama, ambil beberapa potong buah naga. Lalu, gunakan blender untuk menghaluskan. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan 15-30 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Manfaat buah naga bagi kecantikan telah terbukti, dengan banyaknya orang cantik dan ganteng di dunia ini salah satu cara mereka dalam merawat wajah dengan buah naga.

Menunda penuaan dan perawatan wajah

Kaya akan antioksidan, membuat buah naga mampu membantu menunda penuaan dan merawat kulit menjadi lebih sehat. Antioksidan akan membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh manusia. Hal tersebut akan mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh, sehingga sel-sel kulit pun akan beregenerasi dengan baik.

Mengobati luka bakar

Mengonsumsi buah naga yang mengandung banyak gizi dan nutrisi, akan bermanfaat bagi peningkatan proses penyembuhan luka baik luka dalam maupun luka luar. Buah naga mampu membantu mengobati luka bakar lebih cepat.

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil dan bayi

source : hamil

Buah naga sebagai sumber energi tubuh

Kandungan zat Besi yang terhitung banyak dapat menjadi sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Dengan zat Besi tersebut dapat menyusun kembali sel darah merah sehingga juga mencegah anemia.

Membuat tulang janin kuat

Ada beberapa kandungan buah naga yang dapat memperkuat tulang janin salah satunya Mineral. Kandungan lain yang dapat menyehatkan tulang yaitu Fosfor, Magnesium, dan Kalsium.

Buah naga juga dapat mencegah bayi lahir cacat

Kandungan zat Besi tersebut juga dapat memperlancar aliran oksigen ke janin  dan meningkatkan kecerdasan otak janin. Dengan aliran oksigen yang baik dapat mencegah kelainan darah pada janin. Sehingga bayi lahir dengan sehat, tidak cacat.

Silahkan berkomentar untuk evaluasi dan tanggapan anda, terimaksih sudah berkunjung di blog kami. Jangan lupa share dan like. Semoga bermanfaat.

link lain :  daun kelor, yang sering kita abaikan khasiatnya

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: