Lovebird Biola – Ciri Jenis Dan Cara Mencetak Lovebird Biola

ternak lovebird biola - gamabr hanya ilustrasi

Lovebird Biola – Selain Kaktus sebagai hiasan rumah. Love bird pun juga sangat cocok menjadi teman seharian bila berada di rumah. Yups, Nama Biola sudah tak asing lagi bagi para penggemar unggas cantik penuh warna ini. Namun perlu diketahui bahwa nama biola tak ada kaitan sama sekali dengan alat musik yang mainnya dengan cara digesek itu.

Asal muasal lovebird Biola, import asli. Terlahir dari mutasi gen dua induk yang bermuka salem biasa. Setelah percobaan seorang penangkar dar Amerika berhasil tercipta seekor Biola yang sempurna dengan warna luar biasa. Secara tiba-tiba banyak dari penangkar yang berlomba-lomba untuk menetaskan Biola dengan cara mutasi dua induk muka salem biasa agar tercipta Lovebird Opaline.

Tak beda jauh dengan di negara kita. Dengan adanya seorang penangkar lokal yang berkeinginan untuk membudidayakannya di Indonesia yang dinilai memiliki cuaca yang mendukung untuk habitat Biola Opaline. Dengan sebab itulah burung cinta biola dapat kita temui hingga sekarang di Indonesia.

Saat ini induk Opaline menjadi favorit para penangkar lovebird di seluruh antera jagat dunia untuk menghasilkan varian warna baru dengan cara persilangan beda jenis dan warna. Maka tak heran pula bila banyak dari Lovebird Lovers lokal yang berkeinginan untuk memilikinya. Disamping warna khas dan hasil import, harga jualnya pun masih merajai dari jenis lovebird lain, hingga puluhan juta rupiah.

Butuh kesabaran dan ketelatenan yang ganda untuk membudidayakannya. Maka untuk Anda yang rajin dan teliti terhadap perawatan ternak,silahkan coba ternak burung lovebird biola ini. Selain hanya hobi, untung juga berlipat ganda.

Ciri-Ciri Lovebird Biola

Memiliki warna kepala yang lebih terang, pekat dan bersih dari jenis lovebird lain. Termasukjenis sable.

Memiliki tubuh dengan satu warna dominan terang dan cerah juga. Dikombinasi dengan corak lembut pada ekor dan sayap dengan pola batik khas biola berwarna kuning merah atau hitam.

Dapat dijadikan burung lovebird kicau, tergantung pada pribadi pemilik bagaimana cara perawatan dan pemasteran agar love bird ngekek panjang.

Dari persilangan mutasi yang tepat akan dapat menghasilkan berbagai warna yang langka seperti parblue atau blue series atau bahkan warna lain.

Jenis Lovebird Biola

Lovebird biola terbagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenis memiliki harga jual berbeda pula. Untuk itu akan kami kenalkan jenis Biola menurut macam corak warna.

  • Biola Hijau (Green Opaline)

    lovebird biola green opaline
    via duniaburung

Warna merah pekat dan terang pedas pada bagian kepala hingga dada. Ciri lain yakni bulu tubuh berwarna hijau terang dan lembut dengan sedikit corak batik pada ekor dan sayap, kuning merah atau hitam.

Biola Opaline umur paud 1 sampai 3 bulan memiliki warna kepala emas dan akan memerah ketika dewasa.

  • Lovebird Biola Euwing

    lovebird biola euwing
    via burngmahal.co

Kepala sable merah tajam dengan tubuh warna kuning kalem. Ditambah ciri khusus motif corak batik khas ala biola dan dipadu dengan huruf V warna hitam yang tercetak pada punggung Euwing.

  • Biola Lutino

    Lovebird biola Lutino
    Lovebird biola Lutino

Dilihat sekilas memang terlihat sama dengan lutino biasanya. Namun yang membuatnya berbeda yaitu ciri Biola mutlak yaitu warna lebih terang dan bersih. Yang membuat perbedaan lain yaitu warna merah yang melingkar tajam dari bagian leher hingga kepala. Dan ekor Biola lutino terdapat sedikit corak merah halus diujung hitam atau putih.

Baca juga :

Jenis Biola Lutino banyak dimiliki oleh peternak lokal. Mungkin karena penetasan lebih dominan biola lebih ke arah Lutino.

  • Lovebird Biola Biru

    biola blue series
    via kicauburung

Parblue

Ciri lain hampir mirip dengan Parblue biasa. Yang menonjol hanya pada bagian batik khas biola dan warna kuning salem tajam di kepala.

Blue Series

Sama seperti ciri-ciri biola lain. Terdapat batik khas, warna biru tubuh lebih cerah dan putih kepala melingkar tajam pada leher.

Dari banyak mutasi pada Biola Opaline. Blue series memiliki banyak cabang warna yang eksotis, yaitu biola vio, cobalt, blue dan seri lain yang muncul secara langka. Tak heran bila Blue Series termasuk Lovebird termahal saat ini.

Baca Juga : Ratusan Contoh Potongan Rambut Pria

Cara Mencetak Lovebird Biola

Tahap awal untuk cara berternak Love bird Biola adalah butuh modal besar, tekun dan rajin. Karena dengan keseriusan akan menghasilkan keuntungan yang berlipat pula. Untuk itu bagi Anda yang ingin ternak Lovebird sangat disarankan tetap serius dan rajin, baik dari cara perawatan, peninjauan dan pemberian pakan.

Kembali ke cara mencetak Biola. Tak selamanya induk untuk menghasilkan jenis biola harus dengan dua induk biola pula. Untuk Anda yang ingin berternak biola dengan low budget, disini ada tips sedikit tentang bagaimana mencetak biola dengan induk lovebird sayur?

Lovebird sayur (lovebird biasa) bukan biola

Hasil uji yang telah dilakukan oleh Om Tony Music

Tak harus dengan induk Biola semua antara jantan dan betina. Sedikit berhemat. Anda cukup merogoh kantong lebih dalam untuk membeli Biola jantan dan berhemat pada betina dengan menggunakan jenis sayur.

Hasil kawin silang antara Lovebird Jantan dari biola hijau dengan Lovebird Betina Blue Fischeri (sayur). Akan dapat menghasilkan satu jenis biola dan satu green standart, Split. Sedangkan harga split juga masih dalam acuan harga mahal. Jadi tak masalah bila menyilangkan Biola hijau dengan Blue Fischeri sayur karena hasil 50%-50%.

Namun apabila Anda membalik jenis kelamin. Kawin silang antara  antara Lovebird Betina dari biola hijau dengan Lovebird Janntan Blue Fischeri (sayur) akan dapat menghasilkan 100% anak hijau josan (split) tanpa biola.

Sedangkan untuk persilangan antara Lovebird Split Biola dengan Lovebird Split Biola pula. Akan menghasilkan anak jenis biola dalam presentase 30%, sisanya akan jadi Split juga.

Demikian rincian yang kami ketahui tentang Lovebird Biola. Semoga bermanfaat jangan lupa like,share dan coment. Agar dapat menjadi acuan baik atau buruknya tulisan kami. Terima kasih atas kunjungan Anda, Wassalam.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: