Cara Cepat Khatam Al Qur’an Dalam Sebulan

cara cepat khatamal-qur'an

Tips Khatam Al Qur’an Lebih Dari 1 Kali Dalam Sebulan – Marhaban yaa Ramadhan. Alhamdulillah bulan suci yang telah lama dinantikan seluruh umat muslim telah datang. baca selengkapnya tentang Ramadhan disini.

Banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh mukmin di bulan Ramadhan, seperti berdoa, infak, sholat. Termasuk membaca Al-Qur’an. Momentum bulan dibelenggu nya setan dan dibukanya rahmat dari langit berupa lipat ganda pahala dan ampunan. Akan menjadi faktor utama pendorong semangat dalammembaca dan mempelajari Kitab Suci yang diturunkan Allah melalui Jibril kepada Rasulullah untuk umat islam seluruh alam.

Pengertian Khatam Al-Qur’an

Khatam (bahasa) selesai, tamat.

KhatamAl-qur’an (istilah) adalah perayaan telah selesainya mengkaji (membaca / belajar / hafal) kitab suci Al-Qur’an.

Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak dari kita lebih fokus pada Digital yang kita miliki, seperti Handphone, laptop atau pun PC. Dengan adanya teknologi yang ada saat ini sebaiknya kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Berhapala begitulah inginnya. Tidak buat neko-neko, istilah jawa aneh-aneh.

Yang intinya Digital buat hal yang positif. Contohnya Baca Al-Qur’an dengan SmartPhone. Kan bisa kita isi dengan aplikasi kibtab Al-Qur’an, sehingga kita dapat membacanya kapandan dimana saja.

Adapun kia-kiat tips untuk cepat khatam lebih dari sekali dalam sebulan di Era Modern ini.

Kiat Tips Khatam Al Qur’an Sebulan

cara cepat khatam al-qur'an
Khatam Al Qur’an dalam sebulan

Membaca Secara Mandiri untuk Cepat Khatam Al Qur’an

  • Luruskan niat untuk khatam Al-qur’an

Dalam masalah niat hanya diri sendiri yang tahu. Untuk itu niatkan membaca dan mengkhatamkan Qur’an karena Allah semata. Bukan karena riya’ , ingin dipuji orang.

Dengan niat ikhlas karena Allah SWT akan menambah azzam, semangat serta mendekatkan diri kepada Allah.

  • Pasang note pada HandPhone dan PC

Note berguna sebagai pengingat agar Anda teringat untuk selalu membaca Qur’an.  Note bisa berupa tulisan pengingat atau pun wallpaper tentang penyemangat untuk mengkhatamkan Al-Quran dengan segera.

Contoh note pada HP atau PC

Sudahkah Saya Membaca Al-Qur’an Hari ini

Jangan Lupa Baca Qur’an Sebelum Buka WHATSAPP dan FB

Mau Jadi Imam Keluarga Kok Masih Jarang-Jarang Baca Qur’an. Anakmu Mau Kamu Ajarin APA Coba
  • Memiliki target harian untuk khatam al qur’an

Seperti gambar pada sub judul Kiat Tips Khatam Al-Qur’an Sebulan. Anda harus memiliki target khusus dalam sehari. Kalau mau sebulan 2 kali ya harus sehari baca 2 juz.

  • Baca Al-Qur’an Sebelum atau Sesudah Sholat Wajib

Biasa kan membawa Al-Quran mini (kecil) di tas atau saku baju. Agar mudah untuk membaca ayat-ayat Allah dimana saja. Bila memungkinkan download aplikasi Al-Qur’an di HP Anda. Simple dan Barokah insya Allah HP Anda.

Bila target sebelum/sesudah sholat fardhu telah dikerjaan akan lebih baik lagi bila menambah nya dengan membaca di waktu lain seperti waktu istirahat kerja, sore hari ketika tidak ada kegiatan dan sebelum tidur malam.

  • Istiqomah dalam membaca al quran

Berusaha untuk selalu dan meluangkan waktu untuk membaca. Dengan prinsip istiqomah yaitu konsisten dalam mengerjakan. Bila diri mulai merasa malas coba cari inspirasi dan motivasi dalam membaca dan belajar Al-Quran dari para ustadz melalui kajian-kajian baik di kajian rutin, akbar maupun kajian kampung dan masjid setempat. Bisa juga dari dunia online kajian youtube, IG dan facebook yang menggugah hati menyejukkan pikiran.

Keutamaan Membaca dan Khatam Al Qur’an

tips-cara belajar mengaji khatam al quran-cepat-dan-mudah

Mendapatkan pahala

  • Pahala bagi yang sudah lancar

“Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia telah mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia serta taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim)

  • Pahala dua kali lipat, bagi yang masih belajar

“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata (keadaan sulit-semangat) dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

Al-Qur’an akan menjadi syafaat pada hari kiamat

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Qur’an akan menjadi teman syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat (kelak).” (HR. Muslim)

Menjadi manusia yang terbaik

“Sebaik-baik kalian adalah barang siapa yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Malaikat mendoakan untuk pembaca

“Apabila Al-Qur’an telah di khatam kan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bersholawat (berdoa) untuknya (pembaca) hingga subuh. Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bersholawat( berdoa) untuknya hingga hari sore.” (HR. Ad-darimi.)

Setelah membaca keutamaan membaca dan khatam Al-Quran diatas, semoga dapat menjadi motivasi dan semangat untuk selalu meng-khatamkan Al-Quran. Baik di hari-hari biasa maupun Ramadhan.

Do’a Khatam Al Qur’an

doa Khatam Al Qur’an al karim

doa Khatam Al Qur’an al karim

Allhummar hamni bil qur’an. Waj‘alhu lii imaman wa nuuran wa hudaw wa rahmah. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiytu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu wa arzuqnii tilaawatahu aana-allailii wa’adroofannahaar waj‘alhu li hujjatan yaa rabbal ‘aalamiin.

Artinya:

“Ya Allah, berikan lah rahmat aku dengan Al-Quran (kitan Mu) yang agung, jadikanlah ia (al-quran) bagiku sebagai panutan, cahaya (kebenaran), dan petunjuk atas rahmat. Ya Allah, selalu ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Quran dan aku memohon untuk diajarkan kepada  aku dari padanya apa-apa yang belum aku tahu. Dan anugerah kan kepadaku kesempatan (waktu) untuk membacanya tengah malam hari dan siang hari. Dan jadikanlah ia (al-quran) sebagai hujjah yang kuat bagiku, wahai Rabb yang menguasai semesta alam.”

Fastabiqul Khairat.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa like share dan comment.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: