Jenis Kain Yang Sering Dipakai Produsen Pakaian Lokal

jenis kain spandex

Jenis Kain Pakaian Lokal – by wAYAHna – Bagi Anda pecinta fashion, sangat perlu dan butuh mengetahui jenis kain dari pakaian yang hendak Anda beli. Karena setiap kain memiliki karakteristik, fungsi dan kekurangan kelebihan sendiri-sendiri.

Artikel ini bukan hanya untuk para konsumen pakaian namun juga untuk para produsen pakaian agar lebih paham dan tahu akan kegunaan kain dan karakter dasar kain. Sehingga dapat digunakan secara baik dan sesuai untuk menciptakan fashion terbaik, yang terus berkembang.

Online shop. Juga termasuk jalan pintas Anda yang mager, tinggal deal klik bayar barang sampai. Kembali ke Artikel ini, bertujuan sebagai penengah agar sama-sama tau dan paham bahan dasar pakaian yang di perjual-belikan. Biar gak lama kepo soal bahan dasar kain dan agar lebih fear soal pengetahuan kain.

Jenis Kain Pakaian Lokal

Kain Blacu

kain blacu - macam kain pakaian
kain blacu putih

Blacu, Terbuat dari bahan dasar kapas. Sehingga sangat fleksibel dan mudah untuk dibuat bentuk sesuai selera, maka tak heran bila kain blacu banyak digunakan sebagai kain hiasan dan kreasi pada gaun maupun gamis.

Blacu juga termasuk turunan dari kain mori yang tersusun dari tenun putih dari kapas. Biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bahan batik.

Kelebihan dari kain ini adalah adem di kulit karena terbuat dari bahan alami berupa kapas, serta ramah lingkungan. Bahannya terasa agak kasar menyembul adalah salah satu kekurangan dari kain blacu.

Contoh blacu yang dapat kita temui di sekitar yaitu karung tepung terigu. Kuat rapat dan ramah lingkungan.

Kain Wools

kain wools
jaket kain wools

Pembuatannya dengan cara ditenun menggunakan mesin dengan bahan dasar wools. Jenis kain ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sweater, jaket dan pakaian penghangat di musim dingin.

Bila digunakan akan membuat badan terasa hangat karena tingkat ketebalan nya yang menutup angin masuk ke tubuh. Serta dapat menyerap sempurna keringat tubuh kita sehingga tidak membuat lengket tubuh.

Kain wools memiliki keunggulan tersendiri dibanding kain lain yaitu lebih awet bila cara pemakaian dan perawatan dilakukan secara benar.

Namun ada kekurangan yang membuat kain wool tidak disukai sebagian orang yaitu panas di tubuh karena tebalnya kain. Susunan serat kain yang menumpuk tebal membuat masa berat wools juga bertambah berat bila dipakai.

Kain Chiffon

kain chiffon
kain chiffon halus

Tekstur Chiffon yang tipis ringan lembut dan transparan, telah lama menjadi andalan para produsen pakaian sebagai bahan  pembuatan blouse, dress, tudung, dan selendang. Chiffon juga termasuk salah satu jenis kain untuk kebaya modern. Namun dibalik keindahannya, Shifon yang memiliki bentuk tipis dan licin membuat nya sulit untuk dijahit, untuk itu perlu ekstra berhati-hati dalam proses produksi pakaian yang menggunakan bahan Chiffon.

Macam Jenis Kain chiffon

chiffon polos :  terbuat dari bahan polyester

chiffon ceruti : terbuat dari bahan sutra

Cara merawat pakaian berbahan Chiffon:

  1. Sebaiknya dicuci secara manual dengan tangan dan sabun yang tidak terlalu banyak
  2. Dicuci secara individu, tidak dicampur dengan warna atau pakaian lain
  3. Tak perlu diperas ketikamengeringkan 

Kain Flanel

kain flanel kemeja
kain flanel kemeja motif

Reinkarnasi dari jenis wools, terbuat dari bahan wools namun tanpa ditenun. Dengan bahan dasar wools, tentu membuat flanel tebal dan berbobot. Flanel lebih lembut dan mudah menyesuaikan bentuk tubuh dibanding jenis kain wools. Sehingga banyak yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan kemeja,jaket, hiasan pernik baju dan bahkan kerajinan tangan seperti airxraft, gantungan kunci dan tas mini.

Kekurangan dari jenis kain ini yaitu mudah terkena kotor debu, karena teksturnya yang menyerap cepat. Dan sangat sulit ditemui varian motif yang berbeda.

Baca juga : Cara membersihkan kerak toilet dalam 15 menit

Kain Spandex

jenis kain spandex
jenis kain spandex

Spandex juga disebut dengan nama ‘Lycra’. Kain yang memiliki ciri khas elastis lentur. Daya elastis kain ini bisa mencapai lima kali lipat dari kain lain bila ditarik akan kembali tanpa merusak keadaan kain.

Bahan pembuatan kain spandex dari spandex murni di kombinasi dengan campuran rayon. Biasa dipakai dalam pembuatan kaos ketat (kaos dalam), kaos kaki, kaos tangan, maupun kombinasi pakaian lain.

Kain Balotelli

serat jenis kain balotelli
serat jenis kain balotelli

Serat dari kain balotelli sangat rapat dan jatuh, tidak mudah tertekuk. Sehingga balotelli digunakan oleh produsen pakaian muslim sebagai bahan dasar pembuatan jubah, gamis dan baju koko.

Selain itu harganya pun juga terjangkau tanpa harus mengurangi kepuasan pembeli.

Jenis Kain Jersey

kain jersey motif bintik polos
kain jersey motif bintik polos

Kain jenis kaos, jersey. Banyak digunakan untuk pembuatan kaos olahraga. Dikarenakan kelenturan dan daya serap basah keringat dinilai cukup baik untuk kelas keringat basah ketika olahraga. Sebagian produsen pakaian muslim juga memakainya sebagai bahan dasar jilbab.

Saran, sebaiknya kaos/baju jersey tidak perlu di setrika agar tidak cepat rusak. Cukup dilipat saja setelah dicuci dan dijemur.

Kain Wolfis

kain wolfis sebagai bahan gamis dan jubah akhwat syari
kain wolfis sebagai bahan gamis dan jubah akhwat syari

Wolfis terbuat dari campuran kain sutra, katun dan serat sintetis.

Wolfis memiliki ketebalan lebih rendah dari bahan jersey sehingga relatif lebih ringan dan tipis. Meskipun demikian Wolfis cenderung lembut, halus, adem dan tidak tembus transparan.

Hal itu membuat kain ini cocok untuk bahan dasar jubah gamis, jubah perempuan muslimah. Dan sangat cocok untuk negara-negara yang memiliki suhu panas seperti Indonesia.

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: