11 Langkah Cara Membuat Kolase dengan Bahan Sederhana

Cara Membuat Kolase Yuks – Punya waktu luang di akhir pekan justru sering membuatmu bingung untuk mengisinya? Jika traveling atau memasak bukanlah aktivitas favoritmu, tidak ada salahnya mencoba kolase sebagai hobi baru.

Kolase sendiri merupakan seni rupa dua dimensi yang menggabungkan material berbeda dan direkatkan pada bidang untuk membentuk gambar tertentu. Lihat makna kolase disini.

Bahannya pun bisa beragam, mulai dari kertas, potongan majalah, kaca, hingga biji-bijian. Siapa saja bisa membuatnya, yang diperlukan hanya kreativitas dan beberapa tips cara membuat kolase kertas yang menawan dengan mudah.

Baca : Cara Memanjangkan Rambut

Langkah Membuat Kolase Menarik

1.    Cari Bahan yang Tepat

koran-koran-bekas-surat-kabar

Jika ingin membuat kolase dari kertas, Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan, mulai dari kertas Koran hingga majalah. Tertarik ingin memulai cara membuat kolase? Coba kunjungi toko barang bekas atau pasar loak untuk mencari majalah-majalah bekas, atau bahkan bisa barang dapur seperti kacangan,sayuran kering dan lainnya.

Selain lebih menghemat biaya, ada berbagai tampilan yang bisa diciptakan terutama yang terkesan retro atay vintage. Selain itu, bisa juga mencari sumber kolase yang spesifik lewat online atau saling tukar antara anggota komunitas seni kolase.

2.    Pilih Tekstur yang Sama

Untuk mengawali cara membuat kolase, mulailah dengan menggunakan bahan yang memiliki tekstur yang sama dalam satu kolase. Hindari menggunakan gambar vintage pada kertas tipis yang rentan sobek, tapi incar kertas katalog yang lebih tebal. Hasil kolase akan tampak menonjol saat mengutamakan tekstur dan potongan yang rata.

Bila anda menggunakan bahan kaku, berbentuk lain. Seperti beras, biji-bijian, daun kering dan lainnya agarterlihat unik. Pilihkan juga teman sejenisnya agar merata. Persis dengan kriteria yang dibentuk.

3.    Temukan Gunting yang Tepat

gunting

Cara membuat kolase yang menawan diawali dengan pemilihan alat yang tepat, salah satunya gunting. Temukan gunting yang dapat memotong kertas dengan lebih presisi, terutama pada kertas yang sangat tipis.

Selain hasil yang lebih rapi, komposisi kolase yang dibuat akan lebih seimbang. Gunting yang tumpul, terlalu besar, atau sebaliknya terlalu kecil dapat membuatmu merasa kurang nyaman dan menghabiskan terlalu banyak waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk membuat karya kolase sesuai dengan keinginanmu.

4.    Potong bagian dalam garis

Saat Anda memotong bentuk atau gambar apa pun, jangan memotongnya persis di bagian tepinya tapi potong sedikit garis yang memisahkan bentuk dari latar belakangnya. Dengan cara membuat kolase yang satu ini, semuanya menyatu dengan baik dan membuat komposisi baru secara alami. Hal ini juga membuat tampilan kolase terlihat datar dan halus.

Baca : Cara Merawat Rambut dengan Sehat & Mudah

5.    Pilih tema

Tema kolase dapat sesederhana atau serumit yang diinginkan. Tema kolase hanyalah gambar atau objek yang ingin diletakkan di sebuah permukaan bidang. Awali cara membuat kolase yang mudah dengan menggunakan foto untuk kolase kenangan, atau bisa memanfaatkan berbagai jenis kain jika kolase adalah tentang proyek garmen.

6.    Cara menempelkan

cara menempelkan kolase

Cara membuat kolase memang cukup mudah karena lebih banyak melakukan aktivitas gunting dan tempel. Setelah mendapatkan gunting yang tepat, kini giliran mencari cara untuk menempelkannya dengan mudah ke papan atau kertas. Anda dapat menggunakan pin untuk menempelkan benda ke kolase atau lem untuk menyatukan potongan-potongan di atas kertas. Semua tergantung tergantung pada jenis benda yang ingin Anda tempel pada papan kolase.

7.    Lakukan Eksperimen

Setelah menguasai beberapa cara membuat kolase dari dasar, tidak ada salahnya bereksperimen dengan beberapa teknik lanjutan. Mulailah dengan memotong bentuk dari potongan kertas yang dicat yang merupakan teknik yang cukup sering digunakan. Coba gunakan untuk membuat bentuk binatang, tanaman, atau apa pun yang Anda suka. Setelah menemukan desain yang disukai, gunakan lem untuk mengamankan bentuk ke latar belakang Anda.

Baca : Cara Ternak Lele Cepat Panen

8.    Gabungkan “Sampah” Kertas untuk Latar Belakang yang Menarik

menempelkan kolase dalam membuat seni

Siapa sangka kertas-kertas yang dianggap sampah bisa jadi kolase yang indah dan menawan. Mulai dari pmaflet, briosur, hingga memo yang didapat dari tempat kerja.

Jika awalnya terlihat membosankan, dengan cara membuat kolase yang tepat, benda-benda yang dianggap sampah ini bsa berubah jadi kolase yang benar-benar keren! Cukup potong sesuai dengan bentuk yang diinginkan, rekatkan ke kertas dan oleskan Modge Podge di atas semuanya, lalu biarkan mongering. Percantik kolase dengan menambahkan gambar atau cat.

9.    Coba Kertas Bertekstur dengan Foto

Foto dapat membuat kolase lucu, ekspresif, atau bahkan sentimental. Mulailah cara membuat kolase foto dengan latar belakang kertas bertekstur, lalu tambahkan foto-foto yang dipotong dari majalah atau album foto. Agar lebih tertantang, gunakan teknik ini untuk menggambarkan salah satu impian terakhir Anda!

Sumbernya pun beragam, bukan hanya saat melihat gambar-gambar menarik di majalah, tapi bisa juga mengambil foto dengan ponsel atau kamera digital lalu mencetaknya di atas kertas.

Lalu gunting sesuai keinginan lalu lem denan kuat untuk menciptakan cerita dalam bentuk kolase yang indah. Tampilannya yang indah pun cocok dipajang sebagai dekorasi rumah, cukup tambahkan pigura kaca untuk mempercantik dan menyimpannya agar tetap awet dan dapat dinikmati dalam waktu yang cukup lama.

10. Gunakan Benang dan Kain Sulaman

cara membuat kolase dengan mudah

Kenapa berhenti di kertas? Potongan-potongan kain dan benang sulaman menjadi elemen kolase yang bagus. Hal ini cocok bagi Anda yang mencari cara membuat kolase dengan tampilan unik dan menarik. Asah kreativitas dengan menggabungkan berbagai bahan yang berbeda.

Bahkan anda dapat menggunakan mesin jahit untuk menjahit kain ke kertas jika diinginkan. Dan lihat bagaimana tekstur, warna, dan permukaan yang berbeda membentuk tampilan kolase sesuai dengan imajinasimu.

11. Manfaatkan Cap atau Stempel

Membuat stempel lebih mudah dari yang Anda kira dan meskipun ada beberapa teknik stamping khusus, Anda dapat cara membuat kolase yang sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yanga da di rumah. Mulai dari potongan kentang, apel, daun, hingga sayuran berbatang tebal seperti kol, kubis, maupun brokoli yang akan memberikan tampilan yang unik.

Untuk kentang atau apel, cukup potong menjadi dua dan ukir area apa pun yang tidak ingin dicetak, celupkan kentang itu di cat dan cap ke latar belakang kolase yang keren. Sedangkan untuk daun atau sayuran, langsung celupkan ke cat atau sapukan dengan menggunakan kuas baru kemudian ditempelkan ke sebidang kertas untuk membuat kolase yang keren.

Anda bisa bermain-main dengan bentuk, tampilan, hingga tekstur yang diberikan, bahkan bisa mengajak anak-anak untuk membuat kolase bersama. Biarkan mereka memilih bentuk yang diinginkan, membubuhkan cat dan menempelkannya ke kertas kemudian menghias sesuai keinginan.

Cara membuat kolase dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah pun bisa jadi alternative pengisi waktu luang bersama keluarga.

Baca : Cara Menggemukan Badan Sehat

12. Weave Strip Kertas untuk Tekstur Utama

Tidak ada aturan di sini. Cukup potong kertas yang berbeda dan mulai menenun! Cara membuat kolase sederhana yang satu ini dapat memberikan tekstur yang tidak terduga bahkan bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan yang unik dan terkesan personal.

Ada banyak teknik yang bisa digunakan sebagai cara membuat kolase dengan mudah, sederhana, dan menyenangkan. Tertarik untuk mencobanya?

***

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *