10 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dan Sehat

cara memanjangkan rambut cepat sehat alami

Cara Memanjangkan Rambut By wAYAHna – Rambut merupakan mahkota tak bertahta bagi semua manusia,terutama wanita. Berambut sehat, berkilau adalah tujuan utama dalam perawatan rambut untuk menunjang penampilan menor (menarik –perhatian- orang) bagi seorang lady.

Nah, berbicara soal penampilan. Penampilan dapat menjadi cerminan sikap dan sifat pribadi seseorang. Terlebih soal rambut, contoh sederhana : Anda memiliki potongan rambut punk mohawk, orang akan menilai Anda adalah anak punk atau rock. Gak mungkin orang menilai Anda sebagai santri.

Contoh lain : Anda seorang wanita yang memiliki rambut pendek cute dan bergimbal,tentu 100% orang akan menilai Anda seorang reggae, rock atau bahkan anak Alm. Mbah Surip penyanyi laku “tak gendong”.

Kembali ke persoalan rambut panjang. Meski rambut pendek sedang popular di 2018 ini, budaya memanjangkan rambut masih diminati beberapa wanita. Karena mereka beranggapan bahwa memiliki rambut panjang lebih terlihat anggun dan mempercantik diri.

Yang menjadi persoalan yang kompleks dalam memanjangkan rambut yaitu soal  waktu. Butuh waktu yang lama untuk menumbuhkan rambut. Bahkan dalam sebulan rambut hanya dapat bertambah panjang antara 2-3 cm saja.

Untuk itu para pecinta rambut panjang seperti Anda butuh waktu cepat singkat dan hasil yang maksimal. Berikut tips tahapan cara memanjangkan rambut pria dan wanita dalam waktu singkatsehat alami tanpa merusak rambut.

Cara Memanjangkan Rambut Sehari-Hari

Dengan rutinitas sehari-hari Anda yang bernilai positif untuk rambut, akan memberi efek baik bagi pertumbuhan rambut Anda. Tak lain dan tak bukan yakni aktivitas yang berkenaan dengan rambut seperti mandi, keramas dan menyisir. Berikut beberapa tips cara sederhana yang berefek pada cepat berkembangnya rambut Anda.

Rutin Potong Ujung Rambut

memotongujung rambut agar rambut cepat panjang
memotong ujung rambut agar tak bercabang

Menurut para ahli rambut, memotong rambut akan dapat merangsang pertumbuhan rambut. Terbukti dengan adanya rambut rontok dan bercabang dari ujung rambut. Oleh karena itu dengan rajin memotong ujung rambut akan dari rambut bercabang dan kusut di ujung rambut yang menghambat bertumbuh panjangnya rambut.

Tak perlu membuat rambut terlalu pendek dalam proses pemotongan, cukup pangkas 0,5 sampai 1 cm saja agar rambut bercabang dan kuusust di ujung rambut hilang. Lakukan hal itu secara rutin dua pekan sekali.

Memotong ujung rambut dengantujuan terhindar dari rambut kusut bercabang juga disebut Trimming.

Kondisioner Setelah Keramas

Kondisioner setelah keramas cara memanjangkan rambut
Kondisioner setelah keramas cara memanjangkan rambut

Salah satu langkah awal dalam memberi nutrisi rambut adalah melakukan kondisioner setiap selesai berkeramas. Protein danLipid yang terkandung pada konditioner yang Anda gunakan akan membantu perkembangan rambut dan dapat mencegah kerusakan pada lapisan kutikula (lapisan akhir rambut), sehingga rambut dapat tumbuh dengan cepat, baik dan sehat.

Hindari Keramas Agar Rambut Cepat Panjang

cara memanjangkan rambut dengan ber keramas
ilustrasi ber-keramas di salon

Langkah yang sering orang lakukan, tetapi langkah ini salah. Yaitu rajin berkeramas setiap kali mandi, pagi dan sore hari. Meski keramas sangat efektif dalam membersihkan rambut dari debu dan kutu. Bila dilakukan terlalu sering akan berdampak pada kesehatan rambut.

Memang setiap kali keramas rambut kepala terasa lebih fresh segar. Namun berkeramas terlalu sering bukanlah cara memanjangkan rambut yang tepat. Justru menghambat bertumbuhnya rambut dikarenakan porsi minyak rambut yang dapat mendorong pertumbuhan rambut terus terurai oleh adanya sampho yang Anda gunakan setiap kali berkeramas.

Baca juga : 25 Model Potongan Rambut Pendek Cantik

Untuk itu lakukan keramas rambut dua hari sekali. Hari ini tidak, besok keramas dan seterusnya secara berseling. Jangan lupa cukup bilas rambut bekas sampho dengan air yang dingin karena bila menggunakan air yang panas akan dapat merusak rambut.

Menyisir Rambut Dengan Benar

menyisir rambut yang benar adalah salah satu cara memanjangkan rambut
menyisir rambut yang benar adalah salah satu cara memanjangkan rambut
  • Menyisir Rambut Setelah Mandi

Hindari menyisisr rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah cenderung lemah dan mudah patah bahkan rontok, untuk itu penyisiran rambut setelah mandi sebaiknya dilakukan dalm keadaan lembab atau kering.

Dalam pengeringan rambut, hindari pula penggunaan hair drying karena suhu panas nya dapat menyebabkan permukaan rambut kering retak-retak kecil, yang kasat mata.
  • Menyisir Rambut Sebelum Tidur

Lakukan penyisiran rambut sebelum tidur guna mempermudah rambutkepala dalam mengeluarkan minyak rambut. Gunakan jungkat, sisir rambut yang bergigi lebar agar terhindar dari rontok. Lakukan secara perlahan dan merata ke seluruh rambut.

Minyak Pemanjang Rambut

cara memanjangkan rambut dengan minyak
memberi nutrisi melalui minyak rambut

Nutrisi tepat untuk rambut kesayangan Anda. Memberi minyak pada rambut mebantu pertumbuhan rambut secara signifikan.Terbukti dengan banyaknya produk vitamin pemanjang rambut yang berupa minyak rambut.

Kandungan nutrisi yang ada pada minyak rambut akan dapat menguatkan akar rambut, memanjangkan rambut, menghitamkan rambut dan mencegah rontok.

Minyak zaitun untuk rambut kepala,baca disini

Dari minyak tersebut, Anda akan dapat mudah menutrisi rambut secara langsung dan konvensional, tradional. Pemijatan secara halus dan merata pada rambut juga menjadi salah satu kegiatan pengisi waktu luang Anda, serta dapat menjadi pemecah stres pikiran sebab dilakukan dengan penuh ketulusan untuk diri dan dilakukan secara halus lembut.

Lakukan relaksasi pemijatan minyak rambut seminggu sekali, 20 menit sebelum mandi dan jangan lupa lakukan dengan rileks santai dan penuh menjiwai.

Pola Makan Sehat Untuk Rambut Panjang

cara memanjangkan rambut cepat sehat alami
konsumsi makanan bernutrisi untuk rambut

Penerapan pola makan yang sehat untuk pertumbuhan rambut bisa Anda lakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin untuk rambut.

Mungkin sangat banyak suplemen pemanjang rambut yang dijual  di berbagai toko seperti suplemen omega-3, omega-6, suplemen rambut vitamin B5, B7 dan kompleks, vitaminD, zat besi dan biotin. Namun alangkah baiknya bila perawatan tubuh Anda lakukan secara natural dan konvensional dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung nutrisi vitamin rambut.

Vitamin Untuk Memanjangkan Rambut

vitamin untuk memanjangkan rambut

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Vitamin B

Vitamin B yang memiliki peran untuk memanjangkan rambut adalah vitamin B7 dan B12 untuk mengatasi rambut rontok dan menguatkan rambut . Oleh karena itu suplemen rambut B komplek sangat baik untuk kualitas rambut Anda.

Disamping konsumsi suplemen Anda juga harus mengimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B sebagai asupan nutrisi harian Anda. Seperti wortel, telur, kacang, alpukat dan kembang kol.

Cara Memanjangkan Rambut Vitamin D

Menurut sebuah penelitian tentang studi “rambut kepala”, Suplemen vitamin D dengan dosis tertentu dapat menumbuhkan rambut yang telah botak.

Karena selain membuat kulit sehat, vitamin D juga membantu terbukanya folikel kulit kepala sehingga terdapat tempat untuk tumbuh rambut. Efek samping lain yang bisa Anda rasakan dari vitamin D yaitu menguatkan akar rambut kepala.

Vitamin D sangat mudah di jumpai di sekitar Anda, seperti jamur, ikan salmon, ikan todak, dan biji-bijian.

Memanjangkan Rambut Dengan Vitamin E

Fungsi dari vitamin E adalah memperbaiki jaringan sel tubuh. Maka tak heran bila konsumsi vitamin E akan dapat memperbaiki jaringan-jaringan yang telah rusak pada rambut Anda.

Dampak dari perbaikan sel jaringan rambut dengan cara menstimulasi oksigen dari dalam yakni sirkulasi udara lebih stabil sehingga rambut terlihat sehat, segar dan lembut tak kusam. Contoh vitamin E  untuk rambut yaitu brokoli, bayam, kacang tanah dan alpukat.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk rambut kepala

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Asupan Protein

Keratin merupakan materi dasar penyusun rambut, sedangkan keratin juga termasuk dari keluarga protein. Oleh karena itu konsumsi protein sangat berpengaruh dengan pertumbuhan rambut.

Maka para ahli rambut menyarankan para wanita yang menginginkan rambut panjang untuk mengkonsumsi makanan berprotein secukupnya, agar nutrisi dan protein rambut terpenuhi sehingga rambut dapat cepat tumbuh panjang.

Zinc Sebagai Pemanjang Rambut

Zinc sangat populer dan berkaitan dengan rambut, terlebih ada merk sampho yang menggunakan nama Zonk,eh Zinc.

Peran Zinc untuk rambut yaitu membantu memperbaiki dan mengatasi kerusakan sel jaringan rambut.

Menurut penelitian para ahli rambut, “ Kekurangan mineral Zinc akan menyebabkan kerontokan parah pad rambut kepala”.

Terbukti dengan banyaknya suplemen rambut yang bercondong presentase kandungan zinc tinggi. Untuk itu mulai sekarang Anda harus cukupi makanan yang mengandung Zinc. Contoh: telur, pisang, apel, kacangan dan jahe.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: