Berdoa Dalam Islam

berdoa islam

Berdoa Dalam Islam – Fiman Allah pada Surat Al-Mu’min ayat 60 “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan untukmu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong atas dirinya dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina amat dalam”.

Pengertian Doa – Berdoa Dalam Islam

Doa (bahasa) adalah pujian, harapan, permintaan kepada Allah.

Doa (istilah) adalah pendekatan diri dengan sepenuh hati dengan cara memuji mengharap dan meminta sesuatu yang diinginkan kepada Allah SWT. Dalam keadaan khusyu’ (sepenuh hati) dan tadharu’ (merasa rendah dihadapan Allah SWT).

Do’a bisa berupa memohon ampunan, taubat dan permintaan. Do’a juga dapat dilakukan untuk mengawali aktivitas dan , seperti doa sebelum tidur,doabercermin, doa untuk orang sakit dan aktivitas lainnya. Dan do’a akan sesuatu hal yang terjadi, bencana, hujan dan lainnya.

Kesimpulan.

Sebenarnya langkah pembuatan cilok dengan dan tanpa daging, sama. Namun hanya sedikit bahan yang berbeda, untuk cilok ayam harus menggunakan sebutir telur dan air dingin dengan tujuan agar tepung dan daging dapat menyatu dengan sempurna dan dapat dibentuk bulat bola dengan mudah.

Kenapa Harus Berdoa ?

Pada hakikat nya manusia makhluk yang ciptakan Allah dalam keadaan paling sempurna di muka bumi. Maka diberikan kepada manusia akal agar ia bisa berusaha dan berfikir. Maka apa daya dibalik kesempurnaan itu tak ada hak untuk berlaku apapun kecuali kehendak-Nya.

Usaha di ibaratkan sebagai gerak tubuh dan doa ibarat pikiran otak sebelum bertindak. Ketika terus bergerak tanpa otak maka akan kacau dan ketika berpikir tanpa bertindak maka terlihat bodoh dan sia-sia.

Maka keduanya selalu ada kaitannya. Ketika manusia mulai berusaha gigih tanpa doa ia bagai orang sombong, karena dibalik usahanya itu atas kehendak-Nya. Ketika manusia berdoa tanpa usaha ia dalam kesia-siaan.

Do’a dan berusaha adalah modal kita untuk segala hal, tinggal bagaimana kita mengaplikasikan-nya menjadi lebih berkualitas untuk dunia dan akhirat nantinya. Ingat, Allah Maha mendengar dan mengetahui atas hambaNya.

Kapan Waktu Mustajab untuk Berdoa ?

berdoa ketika wukuf di Arafah
berdoa ketika wukuf di Arafah

Diantara usaha yang telah kita lakukan tak lupa kita senantiasa selalu memohon meminta dengan cara memanfaatkan waktu tertentu yang telah ditentukan Allah SWT, waktu dimana lebih mustajab bila kita berdoa. Berikut beberapa waktu mustajab berdoa :

Sepertiga malam terakhir untuk berdoa

Allah SWT sangat cinta terhadap hamba Nya yang meluangkan waktu tidurnya hanya untukbersimpuh, mendirikan sholat dan memohon ampunan dan berdoa di sepertiga malamnya.

Rasulullah SAW menegaskan dalam hadist nya, beliau bersabda “Rabb kami turun ke langit (dunia) pada sepertiga malam yang akhir di setiap malamnya. Kemudian Allah berfirman : “Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, dan barang siapa yang meminta sesuatu kepada-Ku, niscaya akan Ku berikan, barang siapa orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhariy 1145 dan Muslim 758)

Firman Allah pada QS. Adz-Dzariyat ayat 18

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون

Pada waktu sahur (yaitu akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

Orang berpuasa ketika ia berbuka

Ada dua hadist Rasulullah SAW yang menjelaskan-nya tentang orang berpuasa berdoa diijabahi doa buka puasa.

“Ada tiga (waktu) doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika ia berbuka, doanya pemimpin yang adil (terhadap rakyat) dan doanya orang yang terdzalimi (teraniaya).” (H.R. Tirmidzi, Ibnu Hibban)

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa saat ia berbuka, doa nya tidak ditolak”. (Hakim dan Ibnu Majah)

Waktu diantara Adzan dan Iqamah

Dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. ( HR. Abu Daud 521, At-Tirmidzi 87, Sunan Al-Baihaqi 410)

Yakni ketika kita berada diantara dua waktu panggilan sholat adzan dan iqomah. Alangkah lebih baiknya bila kita mengerjakan sholat sunnah (qobliyah) terlebih dahulu kemudian berdoa sampai waktu iqomah tanda didirikan sholat berjama’ah dikumandangkan.

Berdoa ketika waktu sujud dalam Shalat

Dari Ibnu Abbas RA, Rasullullah SAW bersabda :

“Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. (HR. Muslim)

Dengan catatan harus memakai bahasa arab karena mengucap selain bahasa arab ketika sholat akan membatalkan sholat.

Doa pada hari Arafah

Dari ‘Amr bin Syu’aib RA dari bapaknya dari kakeknya, Rasulullah SAW bersabda :

“Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah”. (HR. Tirmidzi)

Hari Arafah bertepatan bagi jamaah haji berwukuf dan berpuasa bagi muslim yang tidak berhaji pada 9 Dzulhijjah tersebut. Dan ada anjuran untuk memperbanyak doa meski tidak dalam keadaan berhaji (di Arafah).

Doa ketika curah hujan turun

Ketika turunnya hujan juga termasuk waktu mustajab untuk berdoa. Meminta dan berharap sesuatu yang berkah atas turunnya hujan ataupun yang lainnya.

baca juga : cara mandi wajib junub sesuai ajaran Rasulullah SAW

Selesai sholat fardhu

Sebagaimana yang disunnahkan Rasulullah SAW sesudah sholat selalu berdzikir dan berdoa sebelum beranjak dari tempat sholat.

Berdoa pada hari Jum’at

Di dalam suatu hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah. Dengan sanad hasan dari Abdullah bin Salam menjelaskan bahwa dihari jum’at terdapat waktu yang mustajab. Dalam Riwayat Abu Dawud dijelaskan “Waktu itu ialah setelah Ashar sampai terbenamnya matahari”.

Disunnahkan pula membaca QS. Al-Kahfi serta selalu memperbanyak shalawat di hari jum’at.

Berdoa pada malam Lailatul Qadar

Malam yang jatuhnya di bulan suci Ramadhan. Dan salah satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Alngkah baiknya memanfaatkan malam yang telah diagungkan Allah SWT tersebut untuk memperbanyak do’a.

Pada bulan Ramadhan, baca disini

Banyak waktu yang dapat kita gunakan untuk berdoa, setiap langkah setiap bergeraknya tubuh dapat kita mengucap kata permohonan dan ampunan. Akan tetapi,alangkah lebih baiknya bila kita gunakan waktu-waktu mustajab. Dengan waktu spesial yang telah dijanjikan-Nya. Serta dengan tujuan akan menambahkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.

Adab Berdoa dalam Islam Sesuai Sunnah

berdoa islam
berdoa islam
  1. Menghindari kemaksiatan dan sesuatu yang haram
  2. Melaksanakannya di waktu mustajab
  3. Di tempat yang suci dan menghadap kiblat
  4. Diawali dengan nama Allah, shalawat, pujian sanjungan untuk Allah SWT
  5. Dengan suara halus
  6. Khusyu’ ikhlas dan tadharru’
  7. Memohon sesuatu yang baik

Hikmah Berdoa kepada Allah SWT

  • Doa adalah sebagai pelindung setiap orang mukmin dari godaan dan hasutan syaitan serta dari kejahatan manusia. Sebagai penginta hamba kepada Allah.
  • Meningkatkan iman dan taqwa seseorang mukmin.
  • Ibadah mulia. Allah akan sangat mengasihi dan menyukai akan hamba-Nya yang selalu berdoa dan meminta sesuatu hanya kepada-Nya.
  • Dengan berdoa akan mententeramkan jiwa kita, menjadi penawar dan penenang kepada hati yang bersedih.
  • Penyejuk hati, penyembuh sakit dan penentramjiwa yang gelisah. Buka QS. Ar-ra’dhu :28.
  • Doa adalah anak kunci pintu rahmat dari Allah SWT.
  • Doa dapat menyatukan ukhuwah. Dengan saling mendoakan sesama muslim akan lebih tentram jiwa seluruh muslim.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: