Kedahsyatan Air Zam Zam

mata air zam zam water dalam kemasan

Air Zam Zam, mata air terbaik di muka bumi. Sebagaimana cerita yang disampaikan para sahabat melalui hadist yang isinya.

“Sebaik-baik air di atas muka bumi ini adalah air zam zam. Di dalamnya terdapat makanan dan (obat) kesembuhan dari penyakit. Sedangkan air terburuk di muka bumi ini adalah suatu mata air yang terdapat di lembah Barhut, Di puing Hadra maut. Bagaikan kaki belalang binatang hama. Pada waktu pagi nya airnya mencucur sangat deras lalu di waktu sore sudah tak ada tempat yang basah lagi padanya”.

Hadist hasan di riwayatkan At-Thabrani.

Air Zam Zam Menurut Ilmuwan

Seorang ilmuwan dari Universitas Tokyo Jepang, Emoton Masaru, pernah melakukan penelitian terhadap air Zamzam dari Arab Saudi. Hasil penelitian nya pun sangat mengejutkan.

Air zamzam memiliki unsur komposisi yang sangat baik dan banyak kandungan positif untuk kesehatan tubuh. Dalam percobaan pengkristalan punjuga demikian, air zamzam tak dapat dikristalkan melainkan hanya menjadi dua bagian. Maka tak heran bila namanya terbelah dua ZAM dan ZAM itu tuturnya.

Asal Muasal Sumur Zam Zam

Dari Ibnu Abbas RA, dari Ubay Bib Ka’b RA, bahwa jibril tat kala menjejakkan tumit kakinya pada lokasi zamzam, tepat ketika ibunda Nabi Ismail mengumpulkan kerikil untuk membendung mata air zamzam yang memancar. Nabi Muhammad SAW berkomentar : “semoga Allah merahmati Hajar ibunda Ismail. Seandainya ia membiarkannya niscaya mata air ini akan memancar”.

Hadist shahih di riwayatkan Ahmad.

Baca Juga : 

Keajaiban Barokah Air Zam Zam

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya ia (zamzam) penuh berkah, sesungguhnya ia berfungsi sebagai makanan yang dimakan”

Hadist riwayat Muslim.

Lokasi Sumur Air Zam Zam

lokasi sumur air zam zam water makkah
lokasi sumur air zam zam water makkah

Berada tepat di dalam masjidil haram Mekkah, Saudi Arabia. Dari lokasi ka’bah sumur zam zam berjarak 21 m dan memiliki kedalaman 14,36 m dari permukaan lantai masjid alharam sampai ke permukaan bebatuan yang menyemburkan air zam zam dari bawah perut bumi. Serta dibawah permukaan bungkaian batu masih memiliki kedalaman 17,20 m.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedalaman sumur zam zam mencapai 31,56 bila diukur dari lantai masjidil haram.

Do’a Minum Air Zam Zam

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ

“Ya Allah sungguh aku memohon kepada Mu limpahkan lah ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit”.

Doa tersebut adalah doa yang sering Ibnu Abbas lantunkan ketika meminum air zam zam. Dan diriwayatkan dalam kitab Dha’ifut Tagrib.

Manfaat Air Zam Zam

sumur air zam zam di masjidil haram makkah kingdom saudi arabia
masjidil haram makkah kingdom saudi arabia

1. Khasiat Air Zam Zam Untuk Kesehatan Tubuh

Bila anda meminumnya untuk kesembuhan, niscaya Allah akan menyembuhkan anda dan jika anda meminumnya agar kenyang, maka Allah akan mengenyangkan anda dan jika anda meminumnya untuk penghilang dahaga, maka Allah akanmenghilangkannya. Zam zam adalah hasil pukulan kaki Jiibril dan minuman dari Allah untuk Ismail.

Hadist hasan lighairihi di riwayatkan Al Hakim.

Baca juga :

2. Zamzam Water Sebagai Oleh-Oleh Haji dan Umrah

Di dalam hadist shahih yang diriwayat kan Turmudzi, yang untaian isinya menceritkan. Bahwa Nabi SAW biasa membawa air zamzam dari Makkah ke Madinah, untuk menghadiahi para penduduk Madinah.

Atas dasar itulah dibolehkannya membawa air zamzam sebagai hadiah. Beberapa oleh-oleh Haji dan Umrah lainnya berupa :

kurma al-borniy – kurma terbaik yang dapat melenyapkan penyakit (dalam hadist riwayat Al Hakim).

kurma ajwa – termasuk buah-buahan surga dan sebagai obat penyakit (dalam hadist riwayat Ahmad).

burdah hibarah – kain kafan burdah yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk membungkus mayit. Ketika beliau SAW wafat juga ditutupi dengan burdah hibarah.

celak istmid –celak yang dapat menambah ketajaman penglihatan mata dan menumbuhkan lebatkan bulu mata (dalam hadist Abu Dawud).

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *