Saya Lebih Salut dengan Bapak

Ada yang sangat mengharukan kemarin ketika di pesantren. Ketika jalan begitu jauhnya, bukan hanya itu, setelah jalan begitu jauh, santri disuruh balik lagi, hadduuuh. Lelah pastinya, karena sembari membawa beban berat seperti 2 botol air mineral 1,5 liter ditambah barang pribadi masing-masing. Dan pada akhirnya, sampailah kami dan mengutarakan hikmah yang didapat dari perjalanan ini.

Di peleton dua, ada seorang Bapak menangis mengutarakan hikmah yang didapat. Sebelum itu, Bapak mengatakan “salut” kepada kami semua karena pandai membaca Al-Quran dan rajin beribadah, (dalam tanda kutip “versi Dia”). Ia bercerita bagaimana Ia sulit dan belum bisa membaca Al-Quran, dan tidak ingin anaknya seperti Dia yang masih terbata-bata membaca Al-Quran. Dia curhat sembari menangis, datang kesini untuk belajar, dan merasa bersyukur sekali.

Berubah

Dalam hati, saya berkomentar. Malah terbalik, saya yang salut dengan Bapak. Ketika dalam perjalanan, SAYA MELIHAT bapak sedetik pun tidak lepas dari tasbih, selalu berdzikir, baik pergi maupun ketika pulang, padahal dalam perjalanan jauh, hampir 4 jam. Bukan hanya itu, melainkan Bapak juga sudah berusaha untuk mengkonversikan tulisan-tulisan versi Arab menjadi tulisan alfabet untuk menghafal beberapa surat dalam Al-Quran, saya melihat itu meskipun Bapak mencoba menyembunyikannya, menyembunyikan kertas itu, mungkin malu.

Saya berani berkata seperti ini, karena saya berjalan tepat di belakang Bapak. Saya lebih salut dengan Bapak, kami semua salut dengan Bapak. Tidak semua orang diberikan karunia untuk berubah ke arah yang lebih baik, lebih-lebih ingin menjadi Bapak yang bisa dibanggakan oleh anak-anaknya seperti yang Bapak harapkan saat ini, semoga istiqomah terus berdzikir dan belajar Al-Quran, aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s