Cara Belajar Irama Baca Al-Quran (1)

Membaca Al-Quran itu juga termasuk seni. Seni irama baca Al-Quran biasanya disebut juga dengan nagham, atau langgam. Ketika merantau di Bandung, saya takjub betapa indahnya suara imam-imam masjid di sini, Subhanallah. Hm…, langsung tergerak belajar irama baca Al-Qur’an. Ini ketika masih tingkat pertama kuliah.

Al-Quran
Cara belajar irama baca Al-Quran | ilustrasi: https://www.alquranclasses.com

Begini cara belajar irama baca Al-Quran “sepengetahuan” saya. Caranya barang tentu mendengar murottal qari yang Anda sukai. Mulai lah dari surah Al-Fatihah terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kita untuk menyerap irama bacaan Al-Qurannya dengan cepat, mengapa? karena surah Al-Fatihah paling familiar, bahkan kita semua sudah hafal diluar kepala. Terus selalu dengarkan murottal surah Al-Fatihah, diulang-ulang, sampai Anda menguasai iramanya.

Ketika sudah bisa, baca surah Al-Fatihah tersebut dengan irama, kemudian lanjutkan dengan surah yang lain, “tapi jangan mendengarkan murottal”. Jadi, surah yang dibaca adalah surah yang belum pernah didengar murottalnya. Tujuannya adalah agar irama Anda murni dari aliran irama bacaan Al-Quran yang bersangkutan, dalam artian tidak selalu bergantung dengan irama qari dari surah Al-Fatihah sampai An-Nas.

Begitulah kawan-kawan, cara mudah belajar irama/nagham/langgam baca Al-Quran. Sangat banyak cara yang lain, cara ini ditulis hanya karena pengalaman penulis saja. Terimakasih. ^_^

Iklan

2 pemikiran pada “Cara Belajar Irama Baca Al-Quran (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s