Di Luar Jawa, Hanya Dua Universitas yang Berakreditasi A!

Iya, ini fakta. Bagaimana perkembangan mutu pendidikan, yang berkembang pesat adalah di daerah-daerah pulau Jawa. Saya berasal dari luar Jawa merasa prihatin melihat keadaan ini. Memang ada beberapa solusi untuk memecahkan permasalahan ini, seperti dosen universitas terkemuka mengajar di daerah luar Jawa, tapi cara ini membutuhkan biaya yang banyak.

Cara lain adalah dengan “Pendidikan Daring” dan “Online Learning”. Pendidikan daring ini dicetus 5 universitas, diantaranya UGM, UI, ITB, ITS, dan Binus (Bina Nusantara).

Contoh cara kerja Pendidikan Daring ini adalah mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di Binus tanpa perlu datang ke kampus Binus di Jakarta. Dosennya dari Binus. Si mahasiswa cukup mengakses Learning Management atau semacam kelas maya. Nah, terjadilah pembelajaran. Mahasiswa yang telah mengambil perkuliahan lewat PDITT (Pendidikan Daring Terbuka dan Terpadu) tidak perlu lagi mengambil mata kuliah sama di kampusnya. Jika sudah lulus mata kuliahnya, langsung diterbitkan sertifikat di mata kuliah itu, bentuknya resmi.

Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di http://kuliahdaring.dikti.go.id/

KOMPAS.com – Hingga saat ini ketimpangan mutu pendidikan antara perguruan tinggi di Pulau Jawa dan luar Jawa masih terlihat jelas. Berdasarkan data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada 2014, hanya ada dua perguruan tinggi di luar Jawa yang meraih akreditasi A.

Sementara itu, untuk akreditasi program studi hanya ada 223 yang telah mendapat nilai A. Jumlah tersebut masih tertinggal jauh dibanding perguruan tinggi di Jawa yang sekitar 1.478 prodinya telah meraih akreditasi A.

referensi: http://edukasi.kompas.com……..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s