Pentingnya Ada Asisten Lab

Alhamdulillah tidak biasanya mengajar sesukses ini, anak-anak kelas 8-C SMP Kartika XIX-2 Bandung sebagian besar bersemangat untuk menerima pelajaran. Mungkin karena ada suasana baru, yaitu praktikum di lab. Bahasa, namun bisa juga dipakai untuk praktikum komputer. Materinya sederhana, hanya menyisipkan gambar dan membuat tabel pada aplikasi pengolah kata.

Suasana baru dalam pembelajaran penting dilakukan. Jangan dari awal, metode, model, dan pendekatan pembelajaran yang digunakan itu-itu saja, ini yang membuat siswa merasa jenuh di kelas.

Nah, pada akhir pembelajaran tadi, anak-anak meninggalkan Saya. Saya lupa untuk meminta siswa membantu merapihkan kursi, membersihkan sampah-sampah yang berserakan di laboratorium bahasa. Jadinya capek sendiri, karena lab. yang lumayan luas. Di sinilah pentingnya ada asisten lab, untuk mempersiapkan pembelajaran, dan mengingatkan atau bahkan dia sendiri yang membersihkan ruang lab.

Perkara mempersiapkan pembelajaran, Saya kehabisan waktu hanya untuk mempersiapkan proyektor, belum ngambil proyektor-nya, belum memasang, men-setting, ini membutuhkan waktu yang lama. Di sinilah peran seorang asisten lab untuk membantu guru/dosen yang mengajar di laboratorium.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s