Teori Kewirausahaan Sederhana (SWOT)

Dapet materi barusan ketika Matakuliah Kewirus oleh Pak Budi Laksono Putro. Yang dijelaskan adalah tentang SWOT. SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Sangat menarik apa yang beliau bahas mengenai SWOT.

Strength merupakan kekuatan, Weakness sebaliknya yaitu kelemahan. Kemudian, Opportunity adalah tujuan/peluang/kesempatan, dan yang terakhir adalah Threat yang berarti ancaman. Jika dikaitkan pada kewirausahaan, pasar adanya di Opportunity. Usaha selalu bicaranya adalah pasar. Karena Pasarlah yang menentukan kesuksesan dalam berwirausaha.

ilustrasi: hisuccess.net

Opportunity dan Threat adalah faktor eksternal, sementara Strength dan Weakness adalah faktor internal. Nah, apakah faktor eksternal yang mempengaruhi faktor internal? ataukah justru faktor internal yang menyesuaikan faktor eksternal?

Jawabannya adalah faktor internal lah yang menyesuaikan faktor eksternal. Jadi, yang menjadi acuan adalah faktor eksternal, atau faktor Opportunity dan Threat.

Jika tidak mengacu pasar, maka dipastikan kita akan rugi. Contohnya seperti di Indonesia, banyak seorang ahli dari jurusan teknologi nuklir, namun ketika di Indonesia, banyak di antara mereka yang bekerja melenceng dari keahliannya. Mereka bekerja malah di industri teknologi informasi. Ilmunya tidak dipakai sepenuhnya, karena tidak tahu pasar, dalam artian di Indonesia belum menerapkan teknologi nuklir.

Contoh yang mengikuti pasar adalah produksi sampo, konsumen lah yang menyesuaikan produsen, bukan malah sebaliknya. Konsumen ada juga yang berada dikalangan ekonomi di bawah rata-rata, itu mengapa produsen membuat shampoo sachets (sampo saset). Apakah mereka untung? yaps! pasti untung. Contoh yang lain adalah produksi rokok, sekarang bisa kan membeli rokok hanya dengan Rp. 1000? mereka mengerti pasar, oleh sebab itu mereka untung. Dan tentunya masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Jadi, kesimpulannya adalah dia yang menang berwirausaha adalah dia yang mengerti keadaan pasar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s