Tamparan! (5)

Kalau Mampu Membeli Komputer atau Laptop, Seharusnya Anda Juga Mampu Membeli Software

Pembajakan merupakan suatu tindakan mengambil karya orang lain tanpa seizinnya (tanpa sepengetahuan pemiliknya). Kita sorot pembahasan pada bidang pembajakan software. Di Indonesia ada 86% orang yang memakai software bajakan.

Bisa dibayangkan, hanya 14 dari 100 orang yang memakai software asli (membayar). Mengapa harus memilih membajak? ketahuilah bahwa bagaimana susahnya membuat sebuah software, bukan sehari, seminggu, sebulan, melainkan bertahun-tahun lamanya jika itu software yang besar. Mereka membuat software bertahun-tahun, kemudian kita bajak hanya dalam waktu satu menit?

image

ilustrasi: http://www.stc-dfw.org

Dalam Tutorial Seminar Pendidikan Agama Islam, ada sedikit pengetahuan yang Saya dapatkan. Diantaranya adalah bahwa pembajakan itu haram hukumnya. Karena pembajakan sama saja dengan mencuri milik orang lain tanpa sepengetahuan/seizinnya. Dalam Al-Qur’an bisa dilihat surat Al-Maidah ayat 38-39 yang artinya :

38. Adapun orang laki-laki maupun perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) balasan atas perbuatan yang mereka lakukan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.
39. Tetapi barangsiapa bertobat setelah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sungguh, Allah maha pengampun, Maha penyayang.

Kemudian di Turorial tersebut, ada yang bertanya:

Bagaimana jika org miskin yg membeli software? sementara semua software itu sendiri kan milik Allah Swt.

Kalau kata Saya sih, Lah emangnya orang miskin punya komputer? Maaf, menurut Saya tidaklah ia dikatakan miskin kalau ia punya komputer/laptop. Orang miskin, gimana bisa membeli software…wong komputer aja nggak punya.

Kesimpulan: Jika Anda punya komputer/laptop, pasti mampu membeli software, hanya saja yaaah,,, begitulah kita.

Mari kita sama-sama menghargai karya orang lain dengan memberikan sedikit bayaran untuk jerih payahnya membuat sebuah software. Toh kalaupun belum ada uang, banyak sekali software-software bersifat gratis maupun open source sebagai pengganti software yang berbayar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s