Ini yang Menjadikan Kriteria itu Penting

Kriteria merupakan ukuran yang menjadi dasar penilaian kita. Kita menilai baju, mesti ada kriteria baju yang kita sukai seperti apa. Mau membeli motor? kriteria juga bisa dijadikan sebagai acuan. Pergi jalan-jalan ke suatu tempat pun kriteria minimal harus ada pada spot yang akan dituju.

Pentingnya sebuah kriteria menjadikan kita tidak salah pilih dalam menentukan suatu barang, tempat, ataupun seseorang, lebih-lebih dengan kriteria kita tidak menyesal dalam menentukan pilihan tersebut. Okray! kita akan ilustrasikan dengan kriteria memilih seorang pemimpin. Pemimpin harus adil, laki-laki, sehat akalnya, bijaksana, memiliki rekam jejak yang baik, berprestasi, berpengalaman, sederhana, dan berani dalam mengambil keputusan. Dengan kriteria ini, pilihan akan lebih terarah pada kondisi yang lebih berkualitas.

ilustrasi: http://blog.mrren.com

Kriteria dengan alasan berbanding lurus. Jika Anda tidak memiliki kriteria, maka alasan pun Anda tidak punya. Alasan memilih pemimpin “X” tidak ada, Lah…ini suatu perkara yang jangan sampai terjadi, karena meremehkan kriteria. Hal ini membuktikan Anda tidak mempunyai pendirian dan ketidakjelasan dalam memilih, bahkan seenaknya.

Kriteria juga menjaga kita dari pilihan lain yang tidak/belum pantas. Dalam memilih jodoh misalnya, kriteria ini sangat krusial sekali. Jika tidak mempunyai kriteria dalam memilih pasangan, Saya jamin Anda akan lebih berpeluang mendapatkan pasangan hidup yang seadanya, karena asal memilih, tidak dipilah terlebih dahulu. So, kriteria itu penting bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s