Beginilah Kalau Sampai Tidur di Sore Hari

Mau bagaimana lagi, jika benar-benar sudah capek dan ngantuk ya pilihannya tidur saja. Membaringkan badan dan memeluk bantal guling terkadang menjadi hal-hal yang paling dirindukan, terutama bagi mereka yang lelah bekerja.

Tidak ada masalah tidur selama waktu dan durasinya tepat. Waktu ideal untuk tidur adalah ketika malam hari (tidak terlalu malam lo) seperti setelah Isya, dan siang hari (namun dianjurkan tidak mendekati waktu asar). Kemudian masalah durasi, dari berbagai sumber lebih banyak mengatakan tidur yang normal berdurasi 8 jam. Tidak semerta-merta tepat 8 jam lo, bisa 8 jam lebih 15 menit atau kurang bahkan lebih, asal kurang dan lebihnya tidak keterlaluan. hahaha

ilustrasi: http://static1.squarespace.com/

Tidur sore hari, inilah yang aku alami sehingga menulis tentang ini. Karena sangat mengantuk sekali, aku putuskan untuk tidur ketika jam 5 sore. Hadduuuh, padahal 1 jam lebih 15 menit lagi waktu maghrib. Lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Manfaatnya menurutku cuman satu, menghilangkan rasa ngantuk. Itu saja! Sementara mudharatnya sangat banyak sekali, seperti ketinggalan waktu shalat maghrib dan isya, begadang malam hari, besok siangnya ngantuk berat hingga memutuskan tidur pulas…pulaaas sekaliii -_- . Banyak tidur kan bisa menambah berat badan dan juga menjadikan kita malas.

Dan yang lebih parahnya adalah siklus aktifitas yang tidak teratur. Maksudnya adalah ketika memutuskan tidur pada sore hari, kita yang biasanya bangun pagi jam 04.00, kalau ini malah sebelum jam 12 malam, haddeeeh menyiksa sekali, dan malas untuk tidur lagi (bukan malas sih, tapi tidak bisa tidur lagi malah). Biasanya melakukan ini malah melakukan itu, biasanya disini malah disana, biasanya jam segini malah jam segitu. Kurang lebih seperti itu alasan mengapa kita tidak dianjurkan untuk tidur pada waktu sore.

Jika memang merasa ngantuk pada sore hari, apa salahnya Anda menahan kantuk itu hanya 4-5 jam saja? sehingga tidur bisa malam hari, bukan sore hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s