Tamparan! (3)

Pacaran itu Penyempitan Pikiran

Dari judulnya saja sudah terlihat sedikit kejam. Begini sahabat-sahabatku yang berbahagia, apa sih alasan kalian berpacaran? apakah karena kesepian? takut gak dapat jodoh? atau malu karena sekarang mendapat predikat jomblo?

Apa yang kalian pikirkan tentang pacaran, tentu berbeda denganku. Pacaran itu penyempitan pikiran. Sederhananya, mereka yang tidak pacaran melihat dunia ini dari berbagai sisi, sementara orang yang sedang pacaran melihat dunia ini dari satu sisi. Karena pacaran, tingkah lakumu, perbuatanmu, ide dan pikiranmu, serta pertemananmu seakan dibatasi oleh pacarmu sendiri. Saya mengatakan ini karena melihat langsung mereka yang berpacaran, dan juga Saya pernah terjangkit dengan hubungan yang tidak dianjurkan ini.

image

ilustrasi: tinypic.com

Satu tahun yang lalu, Aku mempunyai seorang teman, mungkin sahabat karena dulu Kami sering kumpul, makan-makan, pergi ke pasar malam, dan jalan bareng. Namun, semuanya berubah ketika Dia memutuskan menjalin hubungan dengan pria yang Dia sukai. Tidak pernah lagi Kami kumpul bareng, karena Dia sendiri tidak pernah mau diajak pergi, selama 1 tahun!

Kalian yang berpacaran, tanpa sadar hanya memikirkannya, mematuhi batasan-batasan darinya, tidak leluasa berteman karena takut pasangan cemburu, dan lebih parahnya lagi ketika kalian kesepian, yang menjadi prioritas utama adalah menghubungi Dia, bukan teman, sahabat, lebih-lebih orang tua sendiri. Sempit sekali dunia kalian…

Berbeda jika sudah menikah, bukan lagi menyempitkan pikiran kalian, karena adanya ikatan keluarga yang sah. Dengan menikah, pasangan merasa lebih tenang dalam mengarungi hidup bersama, dan berfikir lebih “fresh”, lebih terbuka sehingga tidak lagi seperti di dalam kotak layaknya orang yang berpacaran. Sempit!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s