Tamparan! (1)

Setidaknya Guru atau Dosen Mempunyai Blog

Berikut merupakan opini penulis terkait apa yang sedang terjadi di lapangan. Guru dan dosen baik yang sedang baik hatinya atau tidak, pasti setidaknya pernah memberikan tugas kepada peserta didiknya. Ntah guru/dosennya sedang malas atau mungkin memang terpacu agar peserta didik lebih
memahami materi dengan diberikan tugas.

Tugas (Pekerjaan Rumah) di mata siswa/mahasiswa ada yang beranggapan bahwa itu cuman pewarna nilai saja, yang menjadikan nilai bisa lebih indah dengan ditambah rerata nilai tugas pastinya. Ada juga yang beranggapan tugas tidak jauh lebih penting dari latihan, atau tidak terlalu dihiraukan. Ada lagi, yaitu tugas tidak seharusnya langsung dikerjakan, he, jadi akan lebih “default” jika dikerjakan sehari/semalam sebelum pengumpulan.

 

image

ilustrasi: http://www.blogmarketingbook.com/

Sekarang, yang menjadi masalah adalah, “Di mana seharusnya Kami sebagai siswa/mahasiswa mencari referensi tugas?.” Sebagian Guru/Dosen menjawab “yah, di perpustakaan lah…di sana kan ada banyak buku”. Helloooooo…..!!??? sekarang kan zamannya zaman instan. Teknologi merubah era yang sebelumnya membolak-balikkan lembar demi lembar buku hingga bercucuran darah,,,sekarang menjadi satu klik eeh jadi semua. Instan !

Sekarang mencari tugas hanya tinggal mengetikkan pertanyaan saja di mesin pencari, taraaaa….!! terlihat semua jawabannya disertai link yang menuju blog/website “seseorang”. Seseorang…..yaa seseorang yang Kami tidak tahu Dia siapa, asal-usulnya dari mana, pendidikan, bahkan kebenaran tulisan blog/website tersebut, Kami tidak tahu! inilah masalahnya….Ibu, Bapak Guru/Dosen.

 

Dari tulisan yang sederhana ini, Saya menghimbau kepada Guru, Dosen di Indonesia untuk memiliki blog/website. Tentunya jangan asal punya, ya diisi dengan tulisan materi pelajaran, materi kuliah yang Bapak/Ibu ampu di sekolah atau di perguruan tinggi. Hal ini sangat perlu dilakukan, jika Kami ingin belajar atau mencari tugas, cukup pergi saja ke Blog/Website Ibu/Bapak guru. Dengan begini, Kami yakin akan konten yang diberikan blog/website, karena kontennya ditulis oleh tangan Guru/Dosen Kami sendiri.

 

 

Memang tidak ada salahnya Kami mencari tugas di blog anak SMA, SMK, SMP, bahkan SD jika ada. Why not!??? namun, hanya saja…kesannya yang berbeda. Karena hanya mengambil referensi dari Blog Ibu/Bapak guru lah semuanya akan lebih bernilai.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s