Sesuatu yang Antik itu Disebut Kejujuran

Sesuatu/benda yang dikatakan antik adalah karena benda tersebut tidak mempunyai kesamaan dengan yang lain, atau mungkin ada, tapi sedikit. Sifat dari seseorang pun juga bisa dikatakan antik manakala sifat/karakteristiknya jarang sekali dimiliki orang lain.

Jujur merupakan karakteristik yang tergolong antik/unik. Kita ambil contoh, rajin. Untuk orang yang memiliki sifat rajin, ada sangat banyak. Begitupun cerdas, banyak orang yang memilikinya. Ada yang bilang, akan hancur sebuah negara jika pemimpinnya tidak cerdas, akan hancur pula apabila pemimpinnya tidak ulet. Namun, lebih hancur lagi apabila pemimpinnya tidak jujur. Jujur merupakan sifat antik yang dimiliki seseorang.

image

ilustrasi: http://liriklaguanak.com/

Nabi Muhammad saw sejak kecil memiliki sifat ini (jujur), oleh sebab itu Dia diberi gelar Al-Amin. Beliau juga ulet, namun Dia tidak menjadi buah bibir karena keuletannya, sebab ada banyak orang yang ulet pada masa itu. Nabi Muhammad saw juga sangat cerdas, karena kecerdasannya juga tidak begitu membuat Nabi menjadi buah bibir orang banyak karena orang cerdas juga banyak pada saat itu. Yang menjadikan Nabi Muhammad saw buah bibir orang banyak adalah karena kejujurannya. Betapa sedikitnya orang yang memiliki sifat ini. Sungguh, antik sekali.

Dalam Khotbah Jumat, ada sebuah perkataan dari khotib, “tidak jujur merupakan sepertiga dari kemunafikan”. Ada banyak orang yang banyak berjanji namun mengingkarinya, dan ada sangat sedikit dari mereka yang menepati janji. Khotib menambahkan, “iman sangat erat kaitannya dengan kejujuran, mereka tidak dapat dipisahkan”. Jadi, bisa dikatakan bahwa nilai iman seseorang berbanding lurus dengan kejujuran yang dimilikinya. Dengan kata lain, apabila nilai iman seseorang tinggi, maka tinggi pula nilai kejujuran yang dimilikinya.

Begitulah paparan seputar kejujuran, yang hanya segelintir orang memilikinya. Marilah Kita berusaha jujur dalam berkata. Memang susah untuk melakukannya, namun jika tidak dilakukan mulai sekarang, kapan Kita bisa untuk berbuat sifat yang sangat antik ini?. Ketahuilah sahabat-sahabatku, barang antik itu sangat berharga, begitupun sifat yang antik, akan sangat lebih mulia dan bernilai. Dan juga, seseorang yang hidupnya selalu berbohong, maka hidupnya akan gelisah. Sementara, orang yang selalu jujur, akan tenang dalam hatinya, dan merasa damai dalam mengarungi kehidupan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s