Kosan Harga 2 Jutaan di Bandung dan Konsekuensinya

Jalan-jalan ke Bandung? pernahkah? he, jika belum, silakan baca tulisan ini untuk sedikit mendengarkan curhatan anak kosan yang kurang lebih 2,5 tahun di Bandung. Jika pernah ke Bandung, atau mungkin tinggal di Bandung, tidak dibaca juga tidak apa-apa, klo dibaca apalagi,,,

eh salah!, maksudnya Alhamdulillah ya klo misalkan dibaca. ^_^

Pergi ke Bandung karena lulus di salah satu PTN di sana, membutuhkan sedikit adaptasi lingkungan karena perbedaan cuaca, tingkat berrrr airnya, dan harga kuliner pastinya. hahahha. Biasanya di Lombok dengan harga tiga ribu kalian bisa kenyang dengan membeli semacam serabi, keludan, lupis, dan teman-temannya. Namun, di sini dengan harga segitu, tidak lebih kenyang “Men” !!?. Tapi jujur, di banding makanan-makanan di tempatku (Lombok), di sini makanan yang enaknya jauh lebih banyak dan bervariasi seperti seblak, makaroni basah, bandros, basreng, lumpia basah, surabi, dan masih banyak lagi, (karena Saya sendiri terlalu pusing untuk menyebutkan semua nama makanannya). hahhay.

image

ilustrasi: http://static.ciputraentrepreneurship.com/

Sudah dulu bicara seputar kuliner, kasian kalian yang anak kos, jangan sampai kepingin gitu membeli semua makanannya, ingat tanggal tua bro/sista. Harga kosan di Bandung rata-rata 4 juta. Itu sudah standar ketuntasan minimal harga kosan. He. Orang-orang yang kuliah di Bandung akan tercengang jika mendengarkan harga kosan 2 jutaan, seperti kosan Saya.

Saya bilang rata-rata harga kosan 4 jutaan, bukan berarti itu jaraknya dekat dengan kampus. Tidak! lebih dekat dengan kampus, harga kosan relatif lebih mahal. Berbeda jika sahabat-sahabat ajarin menyewa kosan/tahun di Yogyakarta. Di Yogya, harga kosan 4 juta itu istimewa. Saya dulu pernah ngekos disana, per tahunnya cuman 2,5 juta dengan luas 2,5 x 3 meter. Tambahan lagi, kosan seharga 2,5 juta itu dekat sekali dengan kampus! hanya membutuhkan waktu 7 menit dengan berjalan kaki. Kosannya aman, nyaman, sejuk, dekat dengan kampus, murah lagi !

Berbeda dengan kosanku, harganya 2,5 juta, dengan luas hanya 2,5 x 1,9 meter dan jauh dari kata bagus. Karena sering kali bocor, disebabkan genteng kosan yang tua, dan ada lagi yang terjadi akhir-akhir ini, yaitu kosanku berjamur, karena musim hujan yang menjadikan temboknya lembab. Jamurnya bukan diluar kosan lo…tapi di dalam! dekat dengan kasur tempat tidurku, sungguh…terlalu alami. He.

Untuk ukuran Bandung, janganlah kalian mencari kosan yang murah. Paling ya setidaknya sewa lah kosan yang seharga 4 juta atau lebih. Dengan kalian menyewa kosan yang murah seperti contoh di atas, kalian juga banyak mengeluarkan biaya seperti membeli genteng, cat, dan mungkin kapur ajaib. Hahahahhahhaa…

Kesimpulannya adalah “jangan menyewa kosan di Bandung yang seharga di bawah 3 jutaan, karena Kau harus menerima berbagai macam konsekuensinya”, hahhay!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s