holiday

Tempat Wisata Jogja Hits, Gak Nyoba Akan Nyesel Deh

Wisata Jogja – Yogyakarta merupakan kota yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di selatan Jawa Tengah. Kota ini selalu memiliki daya tarik wisatawan domestik maupun nondomestik (internasional) dengan wisata belanja , wisata kuliner, adat istiadatnya dan wisata alamnya. Tempat wisata di daerah Jogja sendiri sangat beragam. Makanya banyak yang berminat untuk berkunjung di kota istimewa ini.

Langsung saja ke inti dari tujuan tertulisnya artikel ini, agar menjadi rekomendasi untuk anda yang ingin berwisata di Jogja. Berikut beberapa tempat wisata Jogja yang telah di ulas secara singkat.

WISATA JOGJA PANTAI

pantai-indrayanti

Pantai menjadi tempat wisata yang paling cocok untuk dikunjungi saat berlibur. Bukan hanya anak kecil yang senang karena bisa bermain air, namun semua kalangan dapat menikmati suasana dan keindahan alam pantai.

Tidak heran, wisata jogja menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang menginginkan suguhan pantai yang menakjubkan. Wisata pantai jogja menawarkan beragam keunikan, mulai dari ombak yang besar, hamparan pasir putih, bahkan ada pula pantai pasir hitam. Wisatawan dapat memilih wisata pantai sesuai dengan selera masing-masing.

Kali ini, kita akan membahas pantai indah yang menjadi tempat wisata di jogja yang populer.

Pantai Indrayanti

Pantai

Pantai Indrayanti, nama pantai yang terdengar seperti nama orang. Namun, itu menjadi keunikan tersendiri bagi pantai yang sebenarnya bernama Pantai Pulang Syawal ini. Wisatawan jadi lebih mudah mengingat Pantai Indrayanti karena berbeda dengan nama-nama pantai lain.

Keindahan Pantai Indrayanti dapat dinikmati dengan suasana santai sambil duduk-duduk di gazebo yang menghadap langsung ke pantai. Kalian juga dapat menyaksikan hamparan laut yang luas dengan menapaki tebing dan batuan karang di sekitar pantai.

Pantai Nglambor

pantai nglambor

Selain pemandangan pantai yang indah, Pantai Nglambor juga menyuguhkan keindahan bawah laut yang mengagumkan. Berbeda dengan wisata pantai Jogja lainnya yang terkenal berombak besar, Pantai Nglambor berair dangkal dan tenang. Sehingga, wisatawan bisa snorkeling atau berenang tanpa khawatir tergulung ombak.

Letak pantai yang cukup tersembunyi, membuat Pantai Nglambor belum banyak disinggahi wisatawan. Namun, justru itu menjadi nilai plus pantai ini, karena masih alami dan airnya pun masih sangat jernih. Sehingga, kalian dapat mengamati kehidupan biota bawah laut dengan jelas.

Pantai Drini

Pantai Drini

Bagi kalian yang suka berlibur untuk memperbanyak koleksi foto dengan background yang indah, Pantai Drini adalah tempat yang harus kalian kunjungi. Keunikan Pantai Drini ialah adanya sebuah pulau kecil di tengah pantai, dan juga dua bukit yang mengapit pantai yang menjadikan pemandangan lebih menarik. Kalian bisa mengabadikan moment-moment berlatarkan keindahan Pantai Drini yang menakjubkan.

Pantai Wediombo

pantai-wedi-ombo

Pantai Wediombo yang terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta. Ciri khas Pantai Wediombo adalah terdapat banyak batu karang yang tersusun di sekitar pantai.

Sangat indah bukan bila kita mau mencoba berenang di sana.

Dengan saran ikuti aturan yang ditetapkan oleh pengurus wisata, apabila ada larangan berenang pada saat tertentu sebaiknya ditaati. Karena ada saatnya gelombang air laut pasang surut.

Untuk anda yang sangat perhatian dengan model rambut, baca juga model rambut pria hits, keren untuk berlibur. 

CANDI DI YOGYAKARTA

Selain  disebut  kota pelajar,  Yogyakarta juga dikenal sebagai kota budaya. Yogyakarta masih memegang erat kebudayaan tradisional. Semua orang tahu bahwa banyak candi masih berdiri di  daerah istimewa itu, bahkan salah  satu candi yaitu Candi Borobudur masuk dalam 7 keajaiban dunia. Wah.. sangat membanggakan.

Tak heran, candi-candi peninggalan tersebut menjadi tujuan wisata jogja yang menarik. Bukan hanya wisatawan  lokal, tapi wisatawan manca negara berkunjung ke wisata candi di Jogja karena tertarik dengan  cerita sejarah dan arsitektur candi-candi yang begitu mengagumkan.

Diantara banyaknya candi yang ada di Jogja, kita akan mengulas 3 candi yang punya banyak keunikan dan keindahan di  dalamnya.

Candi Prambanan

candi prambanan

Kalian pasti pernah mendengar kisah cinta Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Cerita tersebut merupakan legenda asal muasal Candi Prambanan. Tak hanya ceritanya yang menarik, bangunan candinya lebih menarik, hlo.

Dengan jumlah candi mencapai 224 buah dan bentuk bangunan candi yang menjulang tinggi, memberikan kesan elegan dan kuat. Apalagi jika dilihat dari dekat, kalian akan terpikat dengan desain Candi Prambanan yang terlalu berharga untuk dilewatkan.

Candi Borobudur

candi borobudur

Candi Borobudur, peninggalan kerajaan budha yang dicanangkan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (world haritage) oleh UNESCO.

Berlibur ke Jogja tidak akan terasa lengkap, tanpa mengunjungi Candi Borobudur. Kalian akan terbuai dengan arsitektur bangunan candi nan elok serta pahatan relief yang menakjubkan. Ditambah lagi, pemandangan alam berupa gunung dan bukit kemana pun mata memandang.

Candi Ijo

Candi-Ijo-Yogyakarta

Candi Ijo, candi yang satu ini berbeda dengan dua candi diatas. Pertama, dari segi nama yang cenderung simple dibanding nama Prambanan ataupun Borobudur. Selanjutnya, karena letaknya. Jika Candi Borobudur dan Prambanan berdiri di tengah kota, Candi Ijo terletak di daratan tinggi, di atas bukit Gumuk Ijo.

Sambil, menghirup udara pegunungan yang segar, kalian bisa menikmati bangunan indah candi ditemani keindahan alam di sekitar kompleks candi dari ketinggian. Candi Ijo, tempat wisata di Jogja dengan panorama alam yang begitu memanjakan.

 TAMAN- TAMAN DI KOTA ISTIMEWA

Liburan bertujuan untuk merefreshkan pikiran. Dan itu, bisa dilakukan dimana saja sesuai dengan kesenangan pribadi. Banyak orang lebih memilih mengunjungi tempat wisata berbentuk taman, baik taman bermain, taman belajar, ataupun kebun binatang.

Banyak wisata taman di daerah Yogyakarta yang akan memberikan pengalaman liburan tak kalah menyenangkan dari liburan di pantai dan candi. Karena taman merupakan wisata buatan, beberapa taman masih tergolong sebagai wisata Jogja terbaru.

Berikut ini wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi:

Taman Pintar

Taman-Pintar

Liburan bersama keluarga? Tak perlu bingung mau kemana, kamu bisa mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Wisata ini dirancang sebagai taman bermain anak dengan konsep laboratorium. Sehingga anak bisa belajar sembari bermain. Jadi, tidak hanya menghabiskan waktu dan tenaga, namun ada  manfaat setelah liburan berakhir.

Taman Pintar menyediakan wahana-wahana rekreasi, sehingga anak-anak dapat merasakan dan mendapat pengalaman tentang ilmu pengetahuan yang disuguhkan.

Taman Sari

taman sari wisata jogja

Satu lagi tempat wisata dengan spot bagus untuk berfoto, Taman Sari. Bangunan yang artistik dengan nuansa  klasik menjadikan Taman  Sari memiliki sisi keindahan tersendiri. Walaupun bangunannya tergolong bergaya jadul karena memang taman ini dibangun oleh kerajaan sekitar 1760an, Taman Sari tetap menarik perhatian wisatawan. Tidak sedikit, pengunjung yang datang untuk mengambil foto pre-wedding.

Adapun kompleks Taman Sari terdiri dari kolam pemandian, kanal air, pulau, danau dan jempatan buatan, serta taman yang asri. Dilengkapi juga dengan bangunan bergaya Eropa serta bangunan yang melambangkan agama di Indonesia. Kalian dapat berfoto ria pada spot-spot yang disediakan.

Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira-Loka-Yogyakarta

Kebun Binatang Gembiro Loka, kebun binatang terfavorit di Jogja. Di sana, kalian bisa mengamati dari dekat aneka satwa dari berbagai daerah di Indonesia, juga sejumlah binatang yang ada di dunia.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati wahana-wahana rekreasi yang sangat beragam, mulai dari tunggang unta dan gajah, arena menangkap ikan, refleksi ikan, dan banana boat.

Lokasi kebun binatang Gembiro yang sangat luas ini masih sangat asri. Pohon-pohon dan bunga-bunga tumbuh subur, membuat pemandangan menjadi lebih indah. Kalian dapat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman  dengan lebih dekat dengan alam.

Alun-Alun Kidul

alun alun jogja

Saat matahari terbenam, tidak membuat pesona kota Jogja memudar. Para wisatawan  bisa menikmati malam mereka di Alun-alun Kidul. Tak hanya wisatan yang memadati alun-alun, banyak warga Jogja yang datang sehingga Alun-alun Kidul menjadi tempat nongkrong wajib dikunjungi.

Kalian dapat menghasbiskan mala dengan berjalan-jalan atau naik sepeda lampu atau odong-odong mengeliligi alun-alun. Tepat ini tak pernah sepi pengunjung, suasananya pun selalu ramai dengan gemerlapnya lampu-lampu dari sepeda lampu atau  odong-odong. Untuk menginap, kalian bisa menggunakan hotel di Jogja sebagai tempat beristirahat, banyak penginapan dan hotel di sekitar alun-alun.

Keraton Jogja

keraton-yogyakarta

Memang sangat pas jika menjuluki Jogja sebagai kota budaya. Karena kota Jogja sangat melestarikan budaya Jawa hingga kini. Salah satunya ialah Keraton Yogyakarta. Selain menjadi kediaman raja, Keraton Jogja menjadi tempat wisata yang digemari para wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Kalian dapat melakukan wisata sejarah di Keraton Jogja ini. Banyak benda-benda sejarah peninggalan raja-raja terdahulu yang dipamerkan, mulai dari pusaka dan senjata kerajaan, lukisan-lukisan, dan juga sejumlah alat musik tradisional.

Pada hari tertentu, pengunjung juga dapat menyaksikan pagelaran seni yang menampilkan pertunjukan yang kental dengan kebudayaan Jawa. Kalian dapat menikmati banyak  hal dengan hanya membayar harga tiket yang sangat murah.

Jogja Bay Advanture Pirates Water Park

Jogjabay

Jogja Bay Advanture Pirates Water Park, wisata terbaru Jogja yang mengusung cerita bajak laut dengan menyediakan banyak wahana air, yang disebut-sebut merupakan wahana air terbesar, terlegkap, dan tercanggih di Indonesia.

Kalian bisa menjelajahi 19 wahana permainan air yang disediakan. “How to Survive in Tsunami and Earthquake” merupakan wahana yang harus kalian coba, kamu tidak hanya bermain namun juga belajar dalam menghadapi bencana tsunami dan gempa. Menarik, bukan?

Bukit Bintang

bukit bintang jogja

Selanjutnya ….

Ya, meski foto nya agak tidak meyakinkan namun bukit bintang tetap menjadi favorit kaula muda.

Keindahan alam memang tidak ada habisnya, dari matahari terbit hingga senja tiba. Oleh karena itu, berlibur ke Jogja tidak lengkap tanpa mengunjungi wisata Bukit Bintang. Wisata jogja ini terletak di daerah perbukitan Pathuk, Gunungkidul. Di sana, pengunjung dapat menghabiskan senja dengan menikmati kerlap-kerlip bintang di langit dan gemerlap lampu kota.

Para pengunjung biasanya mulai memadati Bukit Bintang sejak sore hari, kebanyakan mereka adalah anak-anak muda. Mereka berbondong-bondong datang untuk mencari spot yang nyaman sembari menikmati sunset yang indah.

Beginilah nampak pemandangan dari bukit bintang ketika siang hari. Lebih indah ketika malam kan.

bukit bintang siang hari
jogja.co

So, jika kalian berencana berlibur ke Jogja, Bukit Bintang menjadi tempat wisata wajib untuk menutup acara liburan kalian dengan keindahan bintang-bintang  malam.

Semoga yang telah tersaji diatas bisa menjadi rekomendasi wisata Jogja untuk anda.

Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *