Puasa – Pengertian Syarat Rukun Macam dan Hikmah Puasa

puasa

Puasa – pengertian puasa, memiliki arti bahasa menahan berhenti sejenak. Sedangkan menurut istilah islam yaitu aktivitas yang bernilai ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan dari sesuatu yang membatalkannya dengan syarat tertentu dan waktu yang telah ditentukan dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (magrib).

Menurut para ulama’ yang beliau-beliau telah merangkum nya dari berbagai hadist yang isinya berkenaan dengan rukun syarat sah puasa adalah islam, sehat berakal, didasari niat, sesuai dengan tuntunan, menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan aktivitas ibadah tersebut (seperti makan minum haid nifas bersetubuh dan udzur lain yang sesuai syariat), dari waktu fajar sampai magrib.

Syarat Wajib Puasa

Muslim

Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat Nabi Muhammad SAW untuk berpuasa karena ibadah ini menunjukan bahwa kesetiaan hamba terhadap Rabb nya yang juga diperintahkan kepada umat sebelum nya. Dan yang menjadi dasar lain adalah shaum juga termasuk salah satu diantara sempurnanya bangunan keislaman diri seseorang sebagaimana dalil hadist yang telah dituliskan artinya diatas.

Baligh

Sudah bukan anak kecil lagi maka diwajibkan untuk berpuasa namun tak ada salahnya bila anak kecil berpuasa sebagaimana hadist dari yang Muhammad bin Abdurrahman bin Abi Labibah, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Apabila seorang anak sudah mampu berpuasa #hari maka diwajibkan atasnya untuk berpuasa Ramadan” (HR. Al-Marhabi – dalam Syarah kabir III)

Sehat jasmani dan rohani

Yang dimaksudkan disini adalah mampu kuat tahan dan sadar, tidak pingsan. Dalam konteks rohani yaitu keadaan otak akal yang sehat. Maka orang gila tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Tidak ada halangan untuk tidak berpuasa

Tidak dalam bepergian (musafir) yakni menetap, tidak pula dalam keadaan sakit dan tidak dalam hamil menyusui. Bagi wanita diharuskan dalam keadaan suci dari haid dan nifas.

Dalil Puasa

Dalil Al qur’an tentang dianjurkan berpuasa terdapat pada QS. Al-Baqoroh: 183 yang artinya

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkannya atas orang-orang sebelum kalian, supaya kalian senantiasa bertakwa.”

Dan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslimyang artinya :

“Islam terbangun atas lima (rukun) yaitu Syahadat (kesaksian tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad utusan Allah) , menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan dan haji ke baitullah.”

Macam Macam Puasa

ilustrasi bulan ramadan – berbuka dengan kurma

Puasa wajib

Artinya puasa yang wajib dilaksanakan oleh semua muslim dengan syarat dan waktu yang telah ditentukan atau ada penyebab yang menjadikannya wajib.Arti wajib bila mengerjakannya mendapat pahala bila meninggalkannya berdosa.

Shaum Fardhu yakni
1. Shaum ramadhan (puasa wajib di bulan ramadhan)
2. Shaum kafarat (puasa wajib yang dikarenakan hukuman seperti kafarat haji)
3. Shaum qadha (puasa pengganti ramadhan yang tidak sah)
4. Dan shaum nadzar (puasa wajib karena janji yang telah diucapkan untuk berpuasa)

baca : cara menghilangkan stres beban pikiran menurut islam dan para ahli

Puasa sunnah

Shaum tathawwu’ atau shaum sunnah yaitu puasa yang dikerjakan oleh orang islam dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dan termasuk apa yang diajarkan dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Semisal nya shaum asy syura, syawal, daud, arafah, yaumul bidh dan senin kamis.

Puasa Haram

Yakni berpuasa yang dilarang karena bertentangan dan tidak diperintahkan Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT. Misalnya puasa pada hari raya, puasa orang yang sedang haid dan nifas.

Hikmah Puasa

hikmah puasa ramadhan sunnah senin kamis
hikmah puasa
  • Termasuk melaksanakan rukun islam
  • Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT
  • Terjaga kesehatan jasmani dan rohani
  • Melatih diri untuk sabar syukur dan menahan nafsu
  • Menjadi umat yang senantiasa menegakan kewajiban dan sunnah
  • Di ampun kan dosanya karena amalan mulia

baca juga : jenis bunga matahari dan fakta aneh mengenainya

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: