Pencemaran Lingkungan Telah Membuat Udara Air Tanah Tidak Stabil

pencemaran lingkungan

Pencemaran Lingkungan, membuat tidak nyaman . Pencemaran lingkungan adalah kerusakan lingkungan dapat disebabkan karena alam atau karena perbuatan manusia. Perubahan lingkungan biasa terlihat setelah adanya bencana alam, terjadi sejumlah kerusakan karenanya.  Namun, efek kerusakan lingkungan lebih besar diakibatkan karena tindakan-tindakan ceroboh manusia. Efek tersebut berupa penurunan kualitas lingkungan bahkan terkadang menyebabkan lingkungan menjadi tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Peristiwa pencemaran lingkungan, disebut juga polusi, ialah proses masuknya materi kimia, biologi, atau fisika ke dalam lingkungan, yang dapat merusak lingkungan karena kegiatan manusia. Sementara, bahan-bahan yang menyebabkan polusi disebut dengan polutan.

Suatu komponen atau zat dapat disebut sebagai polutan, apabila keberadaan zat tersebut dapat berakibat mengancam keselamatan mahluk hidup. Jika zat tersebut berada tidak pada tempatnya, berjumlah melebihi angka normal, dan berada saat waktu yang tidak tepat, maka zat tersebut baru bisa dikatakan sebagai polutan.

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan

Untuk dapat menanggulangi pencemaran lingkungan, kita perlu mengetahui jenis-jenis pencemaran lingkungan. Dengan mengetahuinya, kita juga dapat menghindari kegiatan-kegiatan penyebab pencemaran.

  • Pencemaran Udara

Pencemaran udara
Pencemaran-udara.co

Jenis pencemaran udara, atau polusi udara adalah keadaan dimana lapisan udara (atmosfer) bumi mengandung komponen atau zat kimia, fisik, atau biologi yang jumlahnya melebihi batas normal, sehingga membahayakan kesehatan makhluk hidup dan juga menimbulkan kerusakan lingkungan dan ketidak kenyamanan hidup.

Polusi udara tidak datang sendiri tanpa ada sebabnya. Ada dua faktor yang dapat memicu adanya pencemaran udara. Yang pertama, karena faktor alam. Pencemaran udara dapat bersumber dari peristiwa-peristiwa alam. Misalnya: abu vulkanik dari letusan gunung berapi, abu dari kebakaran hutan di musim kemarau, serta debu akibat angin ribut. Faktor lainnya ialah faktor kegiatan manusia sendiri, seperti penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan, pembakaran sampah rumah tangga, zat buangan dari cerobong asap pabrik industri, serta penggunaan pestisida pada pertanian.

Jenis-jenis zat kimia yang masuk ke dalam kategori polutan pencemaran udara adalah:

# Sulfur Oksida (SO2) dan Nitrogen Oksida (NO2) yang terkandung dalam asap pembakaran batu bara dari pembangkit.
# Karbon Monoksida (CO), yang merupakan gas berbahaya hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor.
# Karbon Dioksida (CO2), dalam jumlah yang melebihi batas akan berakibat meningkatkan suhu di muka bumi.
# CFC (Kloroflourokarbon) adalah gas yang berasal dari barang elektronik, seperti kulkas dan AC (Air Conditioner). Gas jenis ini sangat berbahaya karena dapat menipiskan lapisan ozon.
# Senyawa Belerang, gas yang bersumber dari pabrik industri dan juga pembakaran fosil. Senyawa ini dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.

Dampak Pencemaran Udara         

  1. Berbahaya bagi kesehatan
    Dengan banyaknya kendaraan bermotor memadati jalan serta penggunaan alat elektronik, juga menjamurnya pabrik industri, polusi udara menjadi hal lumrah. Polusi udara sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuh melalui oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Sehingga berbagai penyakit pernapasan tak dapat dihindarkan.
  1. Terjadinya Hujan Asam
    Pencemaran udara juga dapat memicu terjadinya hujan asam. Kandungan zat dari hujan asam bisa berpengaruh pada kualitas air hujan, air menjadi terkontaminasi dan menyebabkan beberapa kerusakan. Air hujan yang bersifat sangat asam dapat merusak tanaman dan merusak benda-benda yang terbuat dari besi dan aluminium karena mempercepat berkarat.
  1. Global Warming
    Dampak lain yang lebih besar dari pencemaran udara ialah pemanasan global (Global Warming). Banyaknya zat berbahaya (CFC, CO, CO2, N2O, dan sebagainya)yang berada pada lapisan atmosfer bumi dapat menimbulkan efek rumah kaca. Cahaya matahari yang akan masuk ke bumi tidak dapat dapat keluar namun terperangkap dalam lapisan bumi sehingga menyebabkan pemanasan global.

baca juga

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

Memang benar kejadian alam penyebab polusi udara tidak dapat kita hindari, namun pencemaran udara dapat dicegah dengan  menghindari aktivitas-aktivitas manusia yang dapat menyebabkan polusi. Misalkan, dengan mengurangi jumlah kendaraan bermotor, membatasi intensitas menyalakan AC, mengurangi penggunaan zat-zat berbahasa dalam industri.

  • Pencemaran Air

PENCEMARAN AIR

Selanjutnya yaitu pencemaran air, yang merupakan kerusakan kandungan air yang disebabkan karena masuknya polutan berupa zat-zat kimia ke dalam lingkungan air. Pencemaran dapat terjadi di sungai, danau, laut, dan juga air tanah. Air dikatakan tercemar jika kualitas air menurun, bahkan berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan.

Berbeda dengan pencemaran udara yang dapat disebabkan karena peristiwa alam, pencemaran air lebih dominan terjadi karena akibat perbuatan manusia. Polutan masuk ke dalam air disebabkan oleh aktivitas manusia, diantaranya ialah: limbah rumah tangga berupa air bekas cucian yang berasal dari detergen dan limbah organik, zat sisa pestisida dalam limbah pertanian, limbah industri pabrik yang banyak mengandung logam berat, dan  juga bahan sisa peledak yang biasa digunakan untuk mencari ikan. Sementara polusi air yang lebih besar lagi terjadi di laut lepas disebabkan polutan dari tumpahan minyak bumi.

Air yang sudah bercampur dengan bahan-bahan kimia tidak dapat digunakan, hal itu dapat menyebabkan kelangkaan air bersih. Selain itu, akibat pencemaran lainnya ialah air tercemar bisa menjadi sumber  berbagai penyakit. Polusi air juga akan merusak ekosistem air, dengan kandungan logam berat membuat organisme yang hidup di air mati.

Cara Menanggulangi Pencemaran Air

polutan

  1. Dalam bidang pertanian, sebaiknya petani tidak menggunakan bahan pestisida dalam pembasmian hama. Dengan begitu zat sisa pestisida yang masuk ke dalam air akan berkurang.
  2. Menggunakan bahan alami dalam menangkap ikan. Penggunaan bahan peledak akan merusak ekosistem air, banyak organisme yang mati karena zat berbahaya yang terkandung di dalamnya.
  3. Industri pabrik seharusnya bertindak bijak dengan membuang limbah pada tempatnya. Akan lebih baik apabila limbah industri tidak dibuang ke aliran sungai namun ke saluran khusus limbah.
  4. Masyarakat harus lebih peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah rumah tangga ke saluran air.
  • Pencemaran Tanah

PENCEMARAN

Pencemaran lingkungan juga terjadi pada tanah. Pencemaran yang sering kita temui sehari-hari. Pencemaran tanah terjadi karena adanya bahan atau zat polutan yang tidak dapat terurai menjadi tanah dalam waktu singkat.

Polutan Penyebab Pencemaran Panah

  1. Limbah padat berupa bahan-bahan anorganik yang sulit diuraikan oleh organisme pengurai (dekomposer), seperti: plastik, kaca, kertas, logam, kaleng, dan karet.
  2. Limbah cair berupa bahan pestisida dan pupuk anorganik yang terbuang dari tanaman serta bahan kimia lain yang masuk ke dalam tanah melalui air.

Tentunya, pencemaran tanah juga memiliki dampak bagi lingkungan, bahkan dampak yang lebih serius. Pertama, pencemaran lingkungan berdampak pada kerusakan struktur tanah dan kualitas tanah karena tanah  menjadi kurang subur. Selanjutnya, banyak organisme tanah yang mati akibat bahan-bahan kimia yang ada. Selain  itu, dampak pencemaran tanah juga bisa berpengaruh nantinya pada kualitas tanaman dan berujung membahayakan kesehatan manusia pengonsumsi tanaman tersebut.

Upaya Menanggulangi Pencemaran Tanah

  1. Mengadakan daur ulang sampah anorganik sehingga mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di atas tanah.
  2. Menghindari penggunaan bahan kimia dalam pertanian. Hindari penggunaan pestisida dan pupuk anorganik.
  3. Untuk menangani tanah yang sudah terlanjur tercemar, dapat dilakukan upaya remidiasi dan bioremidiasi. Remidiasi ialah upaya membersihkan permukaan tanah dengan menghilangkan bagian tanah yang tercemar. Sementara, bioremidiasi merupakan cara mengatasi pencemaran dengan memasukkan mikroorganisme pengurai ke dalam tanah untuk menguraikan zat kimia di dalamnya.

walaupun pencemaran lingkungan tidak dapat kita hindari, namun kita harus bisa mengurangi pencemaran tersebut dengan dimulai dengan tindakan-tindakan kecil yang memberi efek kepada lingkungan hidup sehat.

Terima kasih telah berkunjung di situs kami.
Baca juga Cara :
Menghilangkan Komedo Cepat Ampuh
Doa Sebelum Tidur, Wajib Tau, Cara Tidur Baik Sehat

 

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: