Mengisi Waktu Luang Dengan Hal Yang Menyenangkan

mengisi waktu luang jangan ngupil

Mengisi waktu luang – Banyak dari kita masyarakat Indonesia yang bingung jenuh karena setelah melakukan aktivitas harian yang begitu-begitu saja, seperti kerja sekolah yang mungkin membuat lelah dan lesu.

Kemudian setelah beranjak dari aktivitas pokok tersebut tak ada aktivitas yang positif sehingga banyak melamun atau pun hanya memikirkan kebosanan jenuh berjam-jam. Meski tak sedikit pula yang hiperwork atau hiper-aktif sampai tak punya waktu istirahat.

Langsung saja disini yang akan kami bahas dan tuliskan adalah tentang bagaimana mengisi waktu luang agar otak fresh dan tak jenuh. Hakikatnya banyak aktivitas yang mungkin selama ini kita jauhi adalah hal-hal yang akan menimbulkan sinergi tersendiri dalam waktu luang kita.

Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Bosan

belajar menulis bahasa inggris via wayahna
belajar menulis bahasa inggris via wayahna

Melakukan aktivitas yang  jarang kita lakukan dan bahkan yang kita benci

Memang terlihat aneh namun akan ada sinergi tersendiri setelah beberapa kali kita jalani. Mungkin dari teman-teman ada yang tak suka dengan sepak bola, coba sesekali nonton bola langsung di stadion atau lapangan. Akan lebih rileks dengan adanya hal baru dalam hidup kita. Tak percaya cobalah.

Yang dulunya kita jarang berkunjung ke rumah tetangga, cobalah sesekali untuk berkunjung sekedar mempererat persaudaraan.

Mengisi waktu luang dengan berolahraga

Mungkin banyak dari kita yang berpikir “dengan berolahraga akan menambah lelah setelah seharian melakukan aktivitas harian yang padat”. Alasan itulah yang membuat kita enggan berolahraga karena tidak ingin lelahnya bertambah. Padahal menurut pakar ahli, olahraga ringan setiap hari dan olahraga berat sepekan sekali dapat menambah sinergi positif tubuh, membakar lemak, dan menghilangkan stres.

Olahraga ringan seperti lari-lari dengan jarak pendek, panah, jogging, senam dan yoga. Olahraga berat seperti lari marathon, futsal, sepak bola dan berenang.

Mengisi waktu luang bersama orang yang kita sayangi

Setelah berjam-jam kita bekerja belajar, otak mulai lelah pikiran stress.Coba kita isi waktu luang kita dengan hal yang lebih menyejukkan otak maupun hati dengan menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat.

Orang yang kita sayangi tidaklah orang tua atau pasangan kita saja. Bisa jadi sahabat, teman lama bahkan tetangga.Mungkin selama ini perhatian kita pada orang-orang terdekat sudah berkurang. Karena itu waktu senggang merupakan kesempatan yang cocok untuk mengeratkan apa yang sudah kita bangun dengan orang-orang yang kita sayangi.

Caranya cukuplah mudah ajak mereka berkunjung ke suatu tempat lalu kita bicara apa adanya lepas, tak lupa bercanda saling sharing tentang masalah dan lainnya. Jangan lupa selalu tebarkan senyum kepada mereka agar tidak canggung ketika bersama.

Mengisi waktu luang dengan jalan-jalan

Mungkin kita jenuh dengan menghabiskan waktu hanya di rumah. Kita coba hal-hal baru dengan cara mengajak pasangan atau keluarga kita bahkan bisa juga teman, asal tidak sendirian. Mengajak mereka untuk jalan-jalan mengelilingi kota, desa, taman, mall, ataupun pemandangan alam seperti peternakan maupun persawahan.

Mengisi waktu luang dengan cara membaca

Seperti kutipan penyair “buku adalah jendela dunia”, dari tulisan itu pula kita dapat belajar banyak hal. Yang kita baca tak hanya buku tentang ilmu formal saja kita pun bisa membaca novel, komik, majalah baik offline maupun online melalui internet. Belajar bahasa inggris dan bahasa asing lainnya juga bisa kita lakukan agar dapat menambah wawasan tntang ilmu bahasa. Enak mudah bermanfaat.

Mengisi waktu luang dengan menonton Film

Menonton film bisa dibilang santai dan menyenangkan, mungkin diantara kita tak semua suka nonton  film, ada juga yang tidak pastinya. Untuk kalian yang menyukai film pasti menonton film serial drama korea jepang dan barat. Mengisi waktu luang bagi mahasiswa biasanya mereka isi dengan nonton film agar tidak stres mikir makul sama skripsi, iya kan.

Untuk sahabat pembaca yang tidak terlalu suka menonton coba saja kegiatan ini sebagai pengisi waktu anda dengan film durasi pendek 1-2 jam namun film berkualitas agar ada kesan dan menghibur. Bisa juga kita sesekali menonton film di bioskop agar suasana berganti lebih rileks bersama dengan orang banyak tentunya.

Mengisi waktu luang sesuai hobi

Waktu luang adalah momen yang ideal untuk menyalurkan hobi yang mungkin sudah jarang kita lakukan. Kesibukan kita yang padatlah yang membuat kita tak mampu melakukan kesukaan kita.

Untuk teman-teman yang suka menulis mulailah menulis sebagai penghilang stres, untuk yang suka sing a song ya bernyanyi-lah tapi jangan sampai mengganggu orang disamping kalian.

Mengisi waktu luang dengan game juga seru. Apalagi Pro Evolution Soccer, bila mainnya bareng sama temen-temen akan lebih greget.

Mengisi Waktu Luang Dengan Berkarya

mengisi waktu luang
mengisi waktu luang jangan ngupil

Belajar nge-blog

Mungkin banyak dari kita yang suka menulis, salurkanlah bakat kalian dengan menulis di blog yang ke depannya dapat bermanfaat meng-informasi serta meng-inspirasi orang lain untuk terus berkembang ke depan. COntoh tulisan artikel disini. Selain menjadi motivator dan inspirator juga dapat menghasilkan uang lho, gak percaya tanya sama para raditya dika, dia kan dulu juga blogger.

Nge-vlog

Vlog sebenarnya tidak jauh beda dengan blog, yang membedakan hanya vlog sharing pengalaman dan pengetahuan melalui visual audio yaitu video. Banyak kita jumpai para vlogger di Youtube.

Berkarya

  • membuat design

Untuk kalian yang bersahabat dengan corel draw photoshop ataupun editor lainnya. Isilah waktu dengan membuat karya yang mungkin dapat me-refresh otak dari kegiatan yang sangat padat.

  • membuat kerajinan tangan

Contoh sederhananya membuat layang-layang, membuat bingkisan kado dan membuat bingkai foto dari barang-barang yang mudah kita temui. Setelah hasilnya memuaskan kita juga dapat menjualnya karena karya sangat berharga jadi bisa dijual.

baca juga :fakta-fakta bunga matahari plus cara menanam dan taman bunga di Indonesia

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: