Manfaat Daun Kelor Untuk Tubuh Kita (Kesehatan Dan Kecantikan)

daun-kelor-manfaat

Manfaat daun kelor – Mungkin tanaman kelor sudah tak asing di telinga kita, namun kita belum mengetahui apa manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kesehatan pada anggota tubuh kita.

Menurut pakar penelitian tumbuhan yang terlihat biasa saja ini mempunyai banyak kandungan didalamnya yaitu protein, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga magnesium.

Sungguh luar biasa bukan?  Dahsyatnya daun kelor? Bahwa tanaman yang tumbuh disekitar kita ternyata banyak khasiat nya. Itupun menurut banyak penelitian baik dari dalam maupun luar negeri.

Kelor atau bahasa latinnya Moringa Oleifera termasuk dari jenis Moringaceae (tumbuhan berbunga). Memiliki ciri-ciri :

  • Dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 11 meter.
  • Bunga berwarna putih kekuningan dengan tudung berwarna hijau.
  • Daunnya berbentuk oval berukuran kecil yang mana jumlahnya cukup banyak  tumbuh pada tangkai-tangkai.
  • Dan buahnya berbentuksegitiga memanjan, disebut kelantang.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

cara menumbuk daun kelor

Daun kelor untuk kesehatan mata

Salah satu kandungan yang ada didalam daun kelor adalah vitamin A, kadarnya sangat tinggi setara dengan vitamin A pada wortel. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak  Vitamin A dapat menjadikan mata selalu sehat dan jernih. Cara mengolah daun kelor agar dapat dikonsumsi, dengan menjadikannya sayuran sehingga dapat dimakan secara berkala dan rutin.

Namun jika anda menderita gatal atau sakit pada mata. Obatilah dengan rebusan daun kelor. Cara mengobati mata sangatlah mudah dengan merebus daun kelor menggunakan air bersih, kemudian ambil sari air rebusan. Dan basuhkan pada mata yang sakit atau gatal. Bisa juga sebagai obat tetes mata, yang sudah banyak dilakukan orang-orang tua kita untuk menjaga agar mata selalu sehat.

Mata adalah indra yang penting pada tubuh kita untuk itu sudah sepantasnya untuk dirawat dan dijaga kesehatan mata agar tidak berkurang fungsi maupun bentuknya. Dengan cara diatas tadi kita dapat merawat kesehatan mata kita.

Daun kelor menjaga kesehatan ginjal

Kandungan protein dan mineral yang tinggi, dengan mengkonsumsi daun kelor sebagai minuman akan dapat menyehatkan dan membantu ginjal untuk bekerja dengan optimal.

cara mengolah daun kelor untuk ginjal adalah menumbuknya sampai halus, lalu seduh dalam air mendidih dan diamkan sesaat. Kemudian saring dan siap minum bisa dengan menambahkan sedikit gula atau madu agar lebih terasa nikmat.

Manfaat daun kelor untuk diabetes

Apa benar daun kelor adalah penakluk diabetes?

Daun kelor yang dijuluki “the miracle of tree” memang terkenal sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat mencegah diabetes.

Kadar mineral yang tinggi membuat daun kelor memiliki sifat antidiabetes. Berdasarkan sebuah penelitian tentang uji coba pada hewan di laboratorium yang dilansir “Journal Of Diabetes” juni 2012, mineral Seng yang terdapat pada daun kelor dapat bermanfaat untuk produksi insulin(hormon pengatur kadar gula darah) .

Mengkonsumsi daun kelor dapat menyebabkan produksi insulin meningkat, sehingga kadar gula darah akan berkurang, dengan demikian daun kelor dapat mencegah diabetes atau kadar gula darah yang tinggi.

Daun kelor untuk menjaga berat badan dan kesehatan pencernaan

solusi

Menjaga tubuh agar tetap sehat sangatlah penting. Namun menjaga berat badan tetap seimbang juga tidak dapat dilupakan.

Jangan khawatir, daun kelor menawarkan solusi dengan mengkonsumsi teh daun kelor secara teratur bisa membantu menangani masalah pencernaan sehingga merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja optimal pada proses pembakaran kalori.

Adapun cara mengolah daun kelor menjadi teh : 

  1. Beberapa helai daun kelor, dikeringkan 
  2. Setelah kering haluskan menggunakan blender atau tumbuk dengan layah
  3. Ambil sesendok teh daun kelor yang sudah diblender lalu seduh dengan air panas 300 ml
  4. Pisahkan ampas dan air seduhan 
  5. Tuangkan sedikit gula dan madu  pada seduhan
  6. Teh siap saji

Mengobati rematik

Selain jahe , daun kelor juga berkhasiat untuk mengobati rematik. Dengan cara kerja mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi tumpukan asam urat pada sendi, sehingga dapat menyembuhkan penyakit rematik (asam urat).

cara mengolah daun kelor agar dapat mengobati rematik sangat mudah. Ambil 2-4 helai daun kelor lalu tumbuk, tambahkan kapur sirih, setelah tercampur oleskan pada bagian yang terasa sakit.

Manfaat daun kelor untuk kanker dan penyakit jantung

Sebuah studi tentang kultur jaringan sel kanker serviks yang telah diterbitkan “Food and Chemical Taxicology” Juni 2011. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun kelor mampu mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker.

Oleh karena itu daun kelor menjadi solusi pencegah alami kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam daun kelor sangat tinggi ditambah adanya kandungan potasium yang membuat daun kelor bisa mencegah bebasnya pertumbuhan kanker.

Cara mengolah daun kelor untuk kanker dengan di ekstrak dan  diambil sari dari daun kelor baik dengan mesin, blender maupun tumbuk. Dan yang biasanya kita temui di sekitar kita sudah terbentuk dalam bentuk kapsul.

baca : manfaat buah naga bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kulit

menjaga kecantikan manfaat daun kelor diekstrak
manfaat daun kelor

Menghilangkan flek hitam pada wajah

Semua orang pastinya menginginkan wajah bersih, kulit sehat. Tak hanya berfungsi sebagai obat herbal, daun kelor juga bermanfaat untuk kecantikan tubuh.

Daun kelor yang mengandung vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk sehingga sangat ampuh dalam menghilangkan  flek hitam pada wajah. Selain itu kandungan vitamin C nya dapat mencegah timbulnya jerawat.

Cara membuat lulur daun kelor untuk menghilangkan flek hitam sangatlah mudah. Ambil beberapa daun kelor muda, lalu haluskan dengan cara menumbuk, campurkan pada bedak bayi untuk membuat masker lebih padat, selesai dan siap untuk dipakai sebagai masker wajah.

Menyehatkan kulit dan menunda penuaan

Di tahun 2004, jurnal ilmu dan teknologi pangan menerbitkan sebuah studi untuk mengkaji manfaat daun kelor. Studi dengan melibatkan 90 wanita menowe usia 45-60 tahun, yang diberikan suplemen dari berbagai macam jenis asal suplemen.

Hasil penelitian menunjukan bahwa suplementasi dengan kelor menyebabkan peningkatan senyawa antioxidant yang membantu memperlambat penuaan.

Dengan  adanya kandungan antioxidant dan vitamin C yang tinggi daun kelor juga sangat penting bagi kesehatan kulit. Daun kelor berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Kandungan nutrisi seperti kalsium dan mineral yang bisa menjadi pelembab alami, yang juga dapat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati.

Selain itu daun kelor juga dapat menghilangkan bau badan, menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan rambut, membantu penyembuhan luka, gatal, herpes, dan luka nanah. Cara mengobati penyakit tersebut dengan menumbuk daun kelor kemudian tempelkan pada bagian luka.

Ekstrak daun kelor

bubuk-daun-kelor-extraks.jpg

Arti ekstrak sendiri adalah sari, pati, atau hasil dari. Yang mana ekstrak daun kelor yaitu sari yang sudah diambil darinya, dan dikemas dengan baik agar mudah dikonsumsi.

Banyak dari produsen maupun orang yang mengekstrak daun kelor agar dapat mudah untuk dikonsumsi tanpa harus ribet untuk mengolahnya. Proses pembuatan ekstrak daun kelor, dengan dipanaskan dalam suhu tertentu dan waktu tertentu. Setelah itu daun kelor diproses menjadi bubuk (dihaluskan) atau cairan, lalu dikemas dalam bentuk kapsul daun kelor atau menjadi teh seduhan.

Ingin tahu hasil ekstrak daun kelor yang berbentuk kapsul? Silahkan datang ke toko herbal terdekat dari rumah anda.

Mengapa harus ke toko herbal? Karena minum obat tak harus menunggu ketika sakit,  mencegah lebih baik daripada mengobati.

Nikmati hidup anda dengan kesehatan anda, Agar aktifitas dan beribadah menjadi lebih berkah.

baca juga pencemaran lingkungan 2018, dan bagaimana menanganinya?

You May Also Like

About the Author: ni

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: