Jenis-Jenis Kaktus Untuk Hiasan Dan Koleksi Dalam Rumah Kita

Kaktus Gymnocalycium- kaktus hias keren - kaktus indonesia

Kaktus dalam bahasa inggris cactus , tumbuhan yang satu ini telah menjadi primadona para pecinta bunga di tanah air kita, Indonesia. Meski batang kaktus berduri namun kaktus dapat menghasilkan bunga yang cantik dan menjadi kebanggaan tersendiri bila memeliharanya.

Kaktus termasuk tumbuhan yang berbunga, dan masuk dalam famili cataceae. Kaktus sendiri dapat hidup tanpa air dengan waktu ya terbilang lama, oleh karena itu kaktus biasa tumbuh di padang pasir yang sangat panas. Umumnya tumbuhan kaktus berada di daerah yang beriklim tropis dan subtropis.

Struktur morfologinya unik baik dari batang yang berduri hingga bunganya yang cantik, kaktus dapat menjadi salah satu hiasan di dalam atau di depan bahkan di taman rumah kita.

Selain itu, perawatan kaktus juga tidak begitu sulit dan bisa bertahan lama tanpa harus ada perawatan khusus. Buat para pecinta bunga kaktus bisa menjadi tanaman yang layak anda koleksi di dalam rumah maupun kantor.

Jenis Kaktus Hias

Kaktus Ariocarpus

Kaktus hias

Yang pertama Kaktus Ariocarpus yang juga disebut Kaktus Fairy Castle merupakan jenis kaktus yang tidak memiliki  duri, dari bentuknya yang prisma, dan menyerupai bentuk kastil raja maka juga disebut Fairy Castle

Kaktus ini memiliki ciri-ciri bunga berwarna kombinasi seperti putih, kuning, merah dan, ungu. Selain itu kaktus Ariocarpus juga dapat tumbuh tinggi, sehingga tidak hanya sebagai hiasan pada pot, tetapi juga dapat menjadi hiasan di taman atau depan rumah.

Kaktus Haworthia Attenuata

kaktus zebra
kaktus zebra.co

Yang kedua, Kaktus  Zebra atau juga disebut Haworthia Attenuata, bentuknya bisa dibilang unik  karena mirip lidah buaya, dan memiliki corak berselang-seling seperti layaknya zebra. Jenis kaktus ini berasal dari Afrika Selatan.

kaktus Haworthia Attenuata

Selain bentuk dan warnanya yang menarik, kaktus ini menjadi rekomendasi untuk hiasan ruangan anda karena kaktus zebra hanya dapat bertahan hidup di tempat yang intensitas cahaya minim, tanpa harus terkena cahaya matahari setiap hari.

baca juga daun kelor ternyata memiliki beribu manfaat

Kaktus Parodia

kaktus hias rumah - kaktus parodia
kaktus_ing.co

Parodia juga disebut kaktus ball, jenis kaktus ini juga sangat jadi rekomendasi sebagai hiasan ruangan kerja, tamu di tempat anda yang jauh dari sinar matahari, selain bentuknya yang unik dan menarik kaktus parodia juga hanya butuh sedikit asupan matahari.

Ciri-ciri kaktus ball memiliki duri yang tebal, tidak membuat kita terluka bila menyentuh durinya. Serta memiliki bunga yang berwarna kombinasi kuning, merah, dan merah muda yang dapat membuat ruangan semakin terlihat nyaman dan sejuk dengan adanya tamanan.

Kaktus Gymnocalycium

Kaktus Gymnocalycium- kaktus hias keren - kaktus indonesia

Gymnocalycium  berasal dari Amerika Selatan, tumbuhan ini bisa dibilang kaktus yang mempunyai bentuk bunga yang paling indah dengan varian dan kombinasi yang ada padanya.

Sangat cocok untuk ruang tamu atau ruang kantor anda.

Kaktus Rainbow Hedgehog

Kaktus bunga hiasan

Kaktus ini berbentuk oval terkadang seperti ketimun ketika sudah dewasa, dan memiliki ciri khusus dengan adanya bunga yang mencolok dengan warna terangnya. Boleh jadi akan membuat suasana ruangan lebih cerah dengan adanya bunga kaktus Rainbow Hedgehog.

Kaktus Astrophytum

kaktus hiasan meja Kaktus Astrophytum

Kaktus ini termasuk jenis kaktus yang cepat berbunga. Bunga yang dihasilkan pun juga tak mengecewakan, dengan adanya warna yang cerah yaitu memiliki warna kuning dan merah pink, yang sangat bagus untuk mempercantik ruangan anda.

Untuk anda para pecinta burung baca juga burung hantu, mengenal lebih dekat dengan burung yang satu ini.

Kaktus Echinofossulocactus

Kaktus Echinofossulocactus

Selanjutnya Kaktus Echinofossulocactus, Kaktus jenis ini memiliki ciri batang berwarna hijau tua dengan ditumbuhi duri tajam yang mencolok di sekelilingnya. Juga termasuk jenis kaktus dengan pertumbuhan lambat, untuk menghasilkan bunga yang cantik memakan  waktu yang sangat lama, sekitar 35-36 Bulan.

Bunga dari kaktus ini juga beragam dan sangat indah. Warna bunga Kaktus Echinofossulocactus jenisnya ada yang berwarna putih, warna merah, dan warna kuning.

Echinocactus Grusonii

Kaktus Echinocactus Grusonii-kaktus mahal-indonesia- kaktus hias
kaktus hias populer Indonesia

 

Echinocactus Grusonii sangat populer di negara kita, Indonesia. Karena harganya yang melambung tinggi dan bentuknya memikat mata, mirip bulat gentong. Tak salah bila anda memilih kaktus ini selain untuk koleksi dan hiasan juga bisa dijual kembali jika harganya masih meroket.

Lobivia Oganmaru

Lobivia Oganmaru kaktus hias

Kaktus ini berbentuk seperti lempengan hijau dan mempunyai warna khas kuning mencolok di atasnya yang membuat kesan manis bila di letakan diatas meja atau pun di dekat jendela rumah. Kaktus Lobivia Oganmaru dapat tumbuh hingga 10 cm. Disebut juga kaktus mini.

baca juga, pencemaran lingkungan dan sikap kita terhadapnya 

You May Also Like

About the Author: el husni

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: