Daftar Jenis Lovebird Populer (Lengkap dengan Foto + Cara Ternak)

Lovebird Dakocan

Jenis Lovebird ­– Meski bukan dari Indonesia asli, lovebird telah menyihir menjadi favorit pecinta kicau mania maupun burung hias. Dari warna nya yang memanjakan mata hingga suara nya yang mendenging merdu di telinga membuat para penggemar burung tak bosan memeliharanya. Baik untuk ternak maupun dijadikan burung kicau. Ada cara rahasia khusus untuk melatih lovebird kicau gacor ngekek panjang.

Burung yang masuk dalam spesies paruh bengkok ini terbelah menjadi beberapa jenis, namun mereka dapat hidup dalam satu habitat, koloni. Jenis bukan pembeda bagi mereka untuk hidup satu tempat.Hidup berkoloni lah yang membuat para peternak mudah membudidayakan nya selain hemat tempat juga hemat waktu perawatan. Adapun tips rahasia cara ternak lovebird sukses menjanjikan baca disini dan cara ngekek panjang burung lovebird disini.

Untuk Anda yang ingin memelihara burung cinta, berikut akan kami tuliskan pengelompokan jenis lovebird dibedakan dari warna tubuh, warna kepala dan warna mata. Agar lebih mengenal dekat dengan hewan aves yang menggemaskan ini.

Jenis Lovebird

Lovebird Pastel

lovebird pastel kuning pastel biru
lovebird pastel kuning pastel biru

Pastel sendiri terbagi menjadi banyak sub, dibedakan dari warna bulu. Pertama hijau dan kuning dengan warna dominan hijau muda samar lembut disebut pastel hijau dan kuning disebut pastel kuning. Saking banyaknya jumlah lovebird pastel  di Indonesia membuat harganya terbilang paling murah dari jenis lain , berkisar antara 200 ribu sampai 400 ribu per ekornya.

Adapun warna pastel lain yaitu putih dan biru, karena kelas lebih tinggi maka harganya pun juga sedikit berbeda,harga lovebird ini berkisar 350-600 ribu, dalam hal harga tergantung pada kesehatan tubuh dan fisik burung.

Lovebird Palamas

jenis lovebird palamas
jenis lovebird palamas

Mungkin sudah terbayang dari namanya, Palamas (kepala emas). Warna kuning emas dominan pada kepala menandakan identitsnya sebagai jenis lovebird palamas. Termasuk Jenis kedua yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia setelah lovebird pastel. Oh ya baca juga artikel kami, jenis kaktus yang cantik untuk hiasan meja rumah.

Lovebird Dark Green (Olive Hijau)

Lovebird Dark Green (Olive Hijau)
Lovebird Dark Green (Olive Hijau)

Memiliki warna hijau tua olive dipadu dengan kombinasi kepala hitam kuning. Pewarnaan tubuh yang tidak teratur dikarenakan hasil mutasi perkawinan yang rumit. Meski mutasi gen namun tetap banyak peminatnya, tak usah risau bila menetaskan jenis dark green.

Jenis Lovebird Lutino

Lovebird Lutino
Lovebird Lutino

Memang sekilas terlihat sama dengan pastel,namun sebenarnya berbeda, Lutino lebih bersih dan kuning indah. Berbeda dengan pastel kuning yang masih banyak warna lain dan kuningnya terlihat muda. Lutino sendiri didominasi warna kuning pada seluruh tubuh dengan sedikit orange di kepada. Pembeda lain yakni warna kuning lebih tajam dan dominan. Bila ditinjau dari harga jual lutino yang bermata merah lebih mahal dibandingkan yang mata hitam.

Lovebird Batman

Lovebird Batman
Lovebird Batman

Musuhnya joker sob, Warna hitam pada seluruh tubuh dengan sedikit coretan abu pada leher dan dada membuat lovebird ini terlihat seperti Batman. Semakin gelap warna hitam burung semakin mahal pula harga jualnya.

Lovebird Blorok

Jenis Lovebird Blorok
Jenis Lovebird Blorok

Bisa dibilang Langka karena dominasi satu warna dicampur dengan berbagai warna seperti bercak yang tidak teratur, blorok. Contoh warna hijau didapati bercak hitam putih dan ungu pada dada dan sayap, warna kuning yang dibercaki warna lain hitam abu biru hijau. Karena ragam unik dan langka menjadikannya banyak peminat termasuk penulis. Baca artikel lain tentang burung hantu dari jenis sampai foto keren burung hantu.

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan
Lovebird Dakocan sepasang siap reproduksi

Tersusun dari tiga warna bak rambu-rambu lalulintas. Banyak didapati di Indonesia dacokan dengan warna kepala hitam leher kuning dan badan sayap berwarna hijau. Kepala hitam leher putih dan badan biru juga dapat kita dapati namun tak sebanyak dakocan hijau.

Lovebird Albino

jenis lovebird-albino
jenis lovebird-albino langka

Albino bisa disebut whity atau siputih. Seluruh tubuh full dengan warna putih bak bule yang masuk Indonesia, paling mencolok beda warnanya. Albino dihasilkan dari perkawinan antara dua Albino pula jantan dan betina, bila salah satu bukan Albino maka hasilnya jenis lain pula.

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue
Lovebird Parblue

Partial Blue artinya bahasa nya sebagian berwarna biru. Terbagi menjadi dua jenis Parblue Fischeri warna kepala pastel ataupun blorok dan  Parblue Personata warna hitam kepala leher semu kuning.

Lovebird Violet

Lovebird Violet
Lovebird Violet

Termasuk Lovebird kelas menengah ke atas, warna nya yang langka dan memukau menjadi favorit pecinta burung kicau. Warna violet ungu muda pada sayap dan abu pada kepala menjadi ciri khas jenis vio ini.

Lovebird Biola

Lovebird biola - lovebird import dengan warna memukau
Lovebird biola – lovebird import dengan warna memukau

Burung Import asli, jenis Love bird biola adalah nomor satu yang diidamkan kicau mania. Warna mencolok terang dan cerah lah yang membuatnya langka sehingga harganya pun sangat mahal, bisa mencapai puluhan juta bila kategori bagus spesifikasi tubuh dan suara. Dalam proses pembudidayaan biola juga bukan hal mudah karena butuh ilmu khusus dalam bidang nya. Temperatur pola makan dan keseharian harus diimbangi sebagaimana tempat awal biola di import, lumayan harus ada perawatan khusus. Namun tak usah khawatir karena dalam proses ternak itu ajaib di tangan masing-masing orang.

Cara Ternak Lovebird

Kenapa harus lovebird  bukan burung lain? Selain telah menjadi branding, lovebird memang memiliki kecantikan warna, bentuk dan kicauan-nya. Alasan tersebutlah yang membuat banyak dari para penggemar burung yang membudidayakan nya dengan beternak. Banyak juga jenis lovebird dari yang unik, warna sampai lovebird kicau gacor ngekek.

Selain itu hanya dengan modal ilmu dan pengalaman ternak lovebird dapat memberikan usaha tambahan tersendiri bila dapat mengelola dengan baik dan benar.

Dilihat dari fisik yang ideal dan kemolekan tubuh, lovebird juga menarik perhatian bagi pemula untuk membudidayakan nya. Lantas bagaimana cara ternak lovebird bagi pemula? Apakah dapat berhasil menetas ? Dan bla bla bla ?

Cara Ternak Lovebird Sukses Cepat Menghasilkan

Dalam proyek beternak lovebird memang terlihat sulit bagi pemula namun akan terlihat mudah bagi  mereka yang telah berpengalaman. Untuk itu teruslah belajar dan cari pengalaman agar lebih tau dan mengerti secara detail tentang budidaya lovebird.

Masih canggung bagaimana cara mengawali nya ? Masih bingung mau sistem koloni atau per-pasang satu sangkar? Yuk simak ulasan wayahna tentang Cara Ternak Lovebird berikut ini.

Ternak Lovebird Koloni

Kenapa memilih sistem koloni? Pertama, karena ini akan membuat kesan burung berada di alam bebas, hidup besama dengan sesama nya. Sehingga dapat membuat lovebird berkembang lebih cepat  dan sistem koloni pun telah lama terbukti bisa mempercepat masa kawinan dan bertelur. Kedua, Mempercepat dan singkat waktu pembersihan, pemberian pakan dan pengecekan kandang.

  • Siapkan Kandang Untuk Sistem Ternak Koloni
ternak lovebird biola - gamabr hanya ilustrasi
ternak lovebird biola – gamabr hanya ilustrasi

Tahapan pertama, pilih tempat ternak yang terdapat celah matahari di pagi hari. Lalu rakit sesuai keinginan, usahakan pas sesuai dengan ukuran tidak terlalu sempit. Contoh untuk 5 pasang lovebird diberi panjang 2 m lebar 1 m dan tinggi 2 m, lebih luas lebih baik. Jangan lupa beri penutup kandang agar terhindar dari hal-hal yang membuat burung panik bahkan stres.

Siapkan pula glodok sebagai tempat bersembunyi dan sebagai tempat bertelur betina. Layaknya habitat alambebas burung berparuh ini biasa bercengkerama di lubang-lubang pepohonan.

  • Pilih Induk (calon) Lovebird Yang Baik
lovebird palamas siapan
lovebird palamas

Untuk menghasilkan keturunan yang bagus dan sehat sebaiknya pilih calon induk yang sehat dan siap untuk berkembang biak. Pastikan pula umur sudah lebih dari 10 bulan dan Jantan lebih tua dari betina agar dapat mengusai saat reproduksi. Cara mengenali bahwa pejantan siap kawin yaitu sering menggosokkan pantat, kalau betina sering mendekati jantan dan mengangkat sayap dan ekornya.

  • Cara membedakan lovebird jantan dan betina dalam ternak lovebird

Membedakan kelamin lovebird bukanlah hal yang mudah bagi pemula,perlu ketelitian dan pengalaman yang berangsur untuk menentukan jenis kelamin lovebird. Berikut ciri-ciri dasar perbedaan lovebird :

Lovebird jantan

  1. Saat bertengger posisi kaki satu dengan yang lain akan lebih rapat
  2. Tulang pubisnya terasa keras dan sempit ketika diraba
  3. Ekor lovebird lebih runcing
  4. Paruh lovebird jantan akan lebih kecil dan runcing
  5. Lubang hidung berbentuk oval lebih lebar
  6. Lebih terlihat ramping dan kecil dari betina

Lovebird Betina

  1. Saat bertengger nangkring posisi kaki satu dengan yang lain akan melebar
  2. Tulang pubisnya renggang dan elastis ketika diraba
  3. Ekor lovebird menyebar tidak runcing
  4. Paruh lovebird jantan akan lebih lebih besar dan tumpul
  5. Lubang hidung berbentuk bulat
  6. Lebih terlihat lebih besar dari pejantan

Baca juga : cara cepat merawat lovebird agar gacor ngekek panjang 

Bagi Anda yang berkeinginan langsung ternak dengan indukan asli yang sudah terbukti kesuksesannya dalam produksi. Anda bisa mencarinya ke penjual induk langsung dan tanyakan beberapa hal yang terkait seperti umur lovebird, hasil produksi sebelumnya dan kesehatan burung.

Hal lain yang perlu diperhatilan adalah tujuan dari berternak, untuk Anda yang berkeinginan warna silangkan antara jantan dan betina dengan baik dan benar sesuai rumus persilangan lovebird agar hasil memuaskan. Dan untuk menghasilkan urung kicau sebaiknya salah satu induk dari trah gacor ngekek panjang.

  • Memberi Pakan Lovebird
jagung sebagai pakan tambahan dalam ternak lovebird
jagung pakan lovebird

Sudah kewajiban sang peternak untuk memberikan pakan namun alangkah baiknya bila memberi makanan yang terbaik ditambah dengan multivitamin sebagai penyokong cepat berkembang biak nya lovebird.

Tak hanya vitamin burung saja, memberikan makanan tambahan seperti jagung, kangkung, biji kenari, touge dan biji kuaci kecil juga halyang harus diperhatikan agar proses peteluran betina lancar.

Selalu perhatikan kebersihan kandang dan kondisi pakan agar lovebird tetap sehat dan cepat bertelur.

  • Proses Perkawinan Dan Bertelur
Telur lovebird - gambar ilustrasi pemindahan ke induk yang lebih baik dalam pengeraman
Telur lovebird – gambar ilustrasi pemindahan ke induk yang lebih baik dalam pengeraman

Proses perkawinan sepasang lovebird biasa dilakukan di atas glodok. Dan mereka blablabla, ah sudahlah sensor.

Setelah melewati proses perkawinan untuk induk asli biasanya lebih cepat bertelur karena sudah memiliki basic indukan. Setelah telur mulai keluar betina akan mengerami telur. Untuk itu atur suhu sekitar kandang dengan menutup sekeliling kandang.

Tips khusus yang jarang dipakai pemula, untuk betina yang memiliki sifat keras atau susah menetaskan telur sebaiknya ambil telur tersebut dan taruhkan ke induk lain yang lebih baik dalam proses pengengkraman telur, agar induk baru lah yang menjaga nya.
  • Penetasan Telur Dan Penyapihan
anakan lovebird dalam ternak lovebird - ilustrasi
anakan lovebird – ilustrasi

Telur lovebird membutuhkan 20-25 hari untuk menetas. Setelah menetas kurangi menengok glodok yang berisi anakan sebelum umur indil 2-3 pekan karena akan membuat sang betina stres.

Setelah umur 2-3 pekan alangkah baiknya untuk disapih dari induk dan mulai meloloh (menyuap) nya agar induk bisa birahi kembali dan dapat produksi untuk selanjutnya.

Dalam meloloh anakan lovebird kita dapat menggunakan sendok plastikataupun suntikan yang telah dibersihkan. Sebagai nutrisi tambahan bisa Anda tambahkan bubur bayi dan pur yang telah di larutkan. Pastikan Anda meloloh 4  jam sekali sampai bisa makan sendiri.

Selalu jaga kebersihan kandang dan selalu ganti air setiap hari karena faktor sepele lah yang membuat lovebird sulit untuk menetaskan telur.

Ternak Lovebird Per-pasang Untuk Pemula

ternak lovebird sepasang
ternak lovebird sepasang untuk pemula

Kenapa memilih sistem perpasanang (nonkoloni)? Pertama, sepasang tidak dapat berganti pasangan sehingga membuat fokus dalam tujuan ternak untuk penetasan warna ataupun penetasan kicau. Kedua, dapat memantau satu persatu tanpa mengganggu aktivitas burung lain. Ketiga, setiap orang berhak memilih maka pilihlah yang menurut Anda terbaik.

Proses tahapan dari memilih kandang yang baik sampai menetas sama dengan sistem koloni. Hanya saja kandang ternak lovebird dan perawatan lah yang menjadi pembeda antar koloni dan perpasang.

Untuk Anda yang memiliki waktu luang yang cukup banyak lebih baik menggunakan sistem non koloni selain lebih fokus pada warna dan hasil yang diinginkan ternak lovebird per-pasang akan lebih rutin dalam bertelur tanpa harus diganggu burung lovebird lain.

Namun butuh ketelatenan, rajin dalam perawatan kesehatan pakan dan pemberian vitamin pada setiap pasang lovebird yang Anda miliki. Serta harus selalu dalam pemantauan, bila lupa memberi pelayanan terbaik akan membuat induk stres berlebih.

Selamat mencoba semoga bermanfaat jangan lupa like, share dan coment.

terimaksih telah berkunjung di Artikel kami, salam pecinta lovebird.

Untuk menayakan sesuatu yang berlanjut, silakan tinggalkan pesan di komentar.

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: