Harga Daging Kambing Terbaru 2019 [Paling Lengkap]

Harga Daging Kambing  – Selain daging ayam dan sapi. Daging kambing juga menjadi bahan dasar masakan yang paling dicari masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tekstur & rasaya yang khas membuat sebagian orang tak mau pindah ke lain daging. Biasanya hal tersebut dirasakan oleh para pecinta sate dan gule.

Bahkan menurut sebagian orang dengan memakan daging kambing bisa menaikan tensi darah. Maka dari itu olahan daging kambing juga sering dicari oleh mereka yang memiliki masalah darah rendah.

Ditambah lagi, daging kambing juga akan menjadi favorit umat muslim ketika hari raya idul adha tiba. Ada anjuran untuk mereka yang mampu berkurban dengan cara menyembelih hewan qurban yang dianjurkan, termasuk kambing sehat.

Jadi tak heran bila anda mampir di laman kami untuk mencari informasi mengenai harga daging kambing terkini dan terupdate 2019.

Harga Daging Kambing Terbaru

Dari kalkulasi di beberapa Kota besar Nusantara, harga daging kambing naik hingga berkisar Rp 100.000,- sampai Rp 120.000,- perkilonya. Di beberapa tempat juga bisa mencapai harga 130ribu perkilogram karena kualitas dari dagingnya dijamin terbaik dari yang lain.

Padahal pada harga standar sebelum kenaikan harga daging domba kambing hanya berkisar Rp 80.000,- sampai Rp 95.000,- per kg. Oh ya harga daging kambing juga ditentukan oleh jenis kambing potongnya juga lho.

Baca : Sapi Qurban atau Qurban Sapi  ?

Manfaat Konsumsi Daging Kambing

Menurut penilitian, beberapa dari mereka telah merumuskan bahwa daging kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat daging kambing ketika anda konsumsi sebagai makanan.

  • Mengurangi resiko penyakit anemia
  • Membantu meredakan nyeri saat menstruasi/haid
  • Mencegah penyakit stroke dan rusaknya ginjal
  • Memberi asupan nutrisi pada ibu hamil & calon bayi
  • Mengurangi resiko cacat pada calon bayi
  • Menyehatkan kulit
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Mengurangi stress dan depresi

Jadi bisa disimpulkan bahwa daging kambing sangat kompleks manfaatnya bagi ibu hamil. Terbukti dalam 100 gram daging kambing terdapat 3 mg kandungan zat besi yang dapat menyuplai asupan nutrisi bagi ibu hamil dan calon bayi. Selain iu zat besi tersebut juga bisa meredakan nyeri haid.

Sementara itu kandungan B12 bisa menyehatkan kulit dan mengatasi stress & depresi. Dan kalium & sodium-nya bisa membantu mengatur tekanan darah sehingga aman dari penyakit stokr dan ginjal.

Resiko Kebanyakan Konsumsi Daging Kambing

  • Kesulitan Sembelit
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Resiko Obesitas
  • Kolesterol Tinggi
  • Bahaya Penyakit Jantung

Dari beberapa resiko diatas dapat disimpulkan bahwa nikmatnya makan daging kambing berlebihan saat dikonsumsi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jadi kita harus bisa mengatur kuantitas makanan yang masuk dalam perut agar pola makan sejalan dengan hidup sehat. Sebagaimana telah dicita-citakan semua orang.

Harga Daging Kambing Kualitas Terbaik

Jenis Daging Harga
Daging kambing rendah Rp 90.000,- / kg
Daging kambing sedang Rp 100.000,- / kg
Daging kambing terbaik Rp 120.000,- / kg
Daging kambing di pasar Rp 105.000,- / kg
Harga daging kambing rata-rata Rp 108.000,- / kg

Di setiap pasar dan daerah masing-masing kota / kabupaten harganya dapat berselisih angka rupiahnya.

Baca : Cara Memilih Hewan Qurban dan Aqiqah yang Baik & Benar

Tips Memilih Daging Kambing

  1. Pilihlah daging yang berwarna merah mudah agak coklat dengan lapisan lemak putih pekat krem.
  2. Hindari daging yang berwarna abu-abu, memiliki banyak lemak ataupun darah.
  3. Hindari pula daging yang tedapat luluran minyak.
  4. Pilih kambing muda.
  5. Pilih bagian tertentu yang lebih anda sukai dagingnya.

Note : Usia dan jenis peranakan kambing bisa membuat warna daging berbeda. Kambing yang lebih berumur tua cenderung memiliki warna daging lebih gelap.

Harga Kambing Kurban & Akikah Sesuai Jenisnya

Jenis Kambing Umur 1 tahun Harga
Kambing kacang Rp 2.700.000,- / kg
Kambing gibas / gembel Rp 2.400.000,- / kg
Kambing boer Rp 2.300.000,- / kg
Kambing etawa Rp 5.000.000,- / kg

Harga daging domba kambing juga ditentukan oleh harga jual kambing di pasar. Bila harga kambing naik ototmatis harga dgingnya pun mengikuti. Namun lain halnya dengan bulan tertentu seperti hari idul adha. Meski harga kambing naik harga jual daging tetap saja, karena sudah banyak daging kurban yang telah dibagikan di masyarakat umum.

Baca : List Harga Kambing Qurban dan Aqiqah 2019

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *