Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Tuntunan Rasulullah

doa untuk orang sakit

Doa untuk orang sakit – Di dalam islam kita di ajarkan tentang silahturahim tentang ikatan persaudaraan. Maka dari itu sepantasnya kita selalu memupuk rasa sayang dan peduli terhadap sesama. Ingin hati ini memberi secercah harapan dan sekeping hiburan kepada saudara seiman yang terkena musibah.

Sudah fitrah kehidupan dunia semua orang merasakan musibah berupa sakit. Sementara memprediksi datangnya sakit manusia tak akan pernah bisa. Maka dari itu apabila kedua mata telah menyaksikan orang berbaring lemah menahan nyeri sakit, maka hati kita pun juga akan dapat merasakan apa yang orang tersebut rasakan. Mungkin beban biaya bisa dibayar dengan uang namun lain dengan hati kita harus senantiasa untuk menghibur dan mendoakan meminta kepada Allah SWT kesembuhan yang terbaik untuk saudara kita.

Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa Untuk Orang Sakit

Dalam kitab Bukhary nomor 5742 dan Muslim nomor 2191

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannas adzhibilba’sa isyfi antasysyafi la syifa’an illa sifa’uka syifa’an la yughodiru saqama.

Artinya ;
“Ya Allah Ya Rabb dari semua manusia (di muka bumi), berikanlah kesembuhan kepadanya, hilangkanlah penyakitnya, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain dari mu, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” (HR. Bukhary dan Muslim)

Dalam kitab Abu Daud no. 3106, Ahmad no. 2137, Turmidzi no. 2083 dan Hakim no. 1269

أَسْئَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ،

 As-alullahal adziim robbil arsyil adziim an yasyfiika

“Aku memohon meminta kepada Allah Yang Maha Agung, Rabb yang menguasai arsy yang agung, supaya menyembuhkanmu.” 

Dua bacaan doa untuk orang sakit diatas merupakan ucapan doa untuk orang sakit yang telah diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW

baca : doa sebelum tidur

Doa Untuk Orang Sakit Parah Dengan Terapi

Ketika kita menjumpai saudara kita yang mungkin dia mempunyai penyakit parah yang sulit untuk di diagnosa dan parah, kita tak salah bila berikhtiar dengan bacaan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh dengan terapi. Rasulullah pun pernah melakukannya sesuai Hadist yang diriwayatkan Muslim nomor 2202

Caranya cukuplah mudah, pegang tangan orang yang sakit atau bagian tubuh yang sakit lalu bacakan basmallah kemudian ucapkan seperti doa dibawah ini sebanyak 7 kali.

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru”

“Aku berlindung kepada Allah dan atas kuasa-Nya dari keburukan yang aku dapat dan aku yang aku waspadai” (HR. Muslim nomor 2202)

Adab Menjenguk Doa Untuk Orang Sakit

doa untuk orang sakit dengan adabnya
pilih waktu yang tepat ketika membesuk orang sakit

Niatkan karena Allah, tanamkan pada diri kita untuk selalu mengawali sesuatu dengan niatan baik. Kita luruskan tujuan untuk melaksanakan sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan termasuk dalam kewajiban seorang muslim terhadap muslim lain yaitu menengok orang sakit.

Menyegerakannya, jangan menundanya, terlebih orang tersebut memiliki sakit yang parah atau telah lama menderita sakit. Karena, hal tersebut dapat membuatnya merasa sedih dan kesepian. Dan jangan pula terlambat menengok hingga saudara kita sudah sembuh.

Mengunjungi nya pada waktu yang tepat, ketika saudara kita sakit di Rumah Sakit tentu kita harus taati jam besuk (tengok) yang ada. Bukan waktu sholat dan bukan ketika waktu pasien sedang istirahat.

baca juga : isra miraj – pengertian peristiwa dan hikmah

Menanyakan keadaan dan menghiburnya, sudah sepantasnya kita selaku orang lebih diberi kesehatan di kala itu menanyakan keadaan yang saudara kita rasakan. Tak lupa menghiburnya menceritakan kabar gembira dan memotivasi tentang ke depannya.

Membawa hadiah,  dengan kehadiran kita disisinya mungkin sudah membut saudara kita yang diuji Allah dengan sakit akan sedikit terobati baik hati dan sakit yang ia rasakan. Agar lebih terobati bawakan secuil atau bahkan se gunung hadiah, sesuatu yang mungkin dia sukai sebagai penanaman rasa peduli terhadap sesama.

Mendoakan, dalam berdoa tak harus ketika kita membesuknya namun kita juga dapat menyisipkan namanya di sela doa kita sehari-hari agar kita selalu ingat akan Allah dan ingat akan keadaan saudara kita yang lain.

baca juga :

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: