Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa – Sangat banyak sekali amalan seorang muslim yang dapat dilakukan mulai dari bangun tidur sampai aktivitas dan kembali tidur lagi. Termasuk salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu Do’a. Berdoa termasuk amalan yang mulia karena termasuk penghambaan manusia kepada Allah SWT, mengimani Allah sebagai tempat meminta memohon dan bergantung. Sebagai mana firman Nya pada QS-Fatihah ayat 4-5 dan QS. Al-Ikhlas ayat 2.

Berdoa untuk mengawali aktivitas adalah sesuatu yang baik. Alangkah baik pula bila kita puasa dan saat berbuka  mengucap doa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Berikut beberapa doa buka puasa sesuai yang dicontohkan Nabi mulia Muhammad SAW.

Doa Buka Puasa Shahih Menurut Hadist

doa buka puasa benar shohih
doa buka puasa benar shohih

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahaba dzDzoma’u  Wabtalatil ‘Uruuqu wa Tsabatail  Ajru  Insyaa Allah

 Artinya :
“Telah hilang dahaga dan urat-urat telah basah dan telah diberikan pahala, insya Allah”

Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni 2279, Al-Bazzar 5395, dan Al-Baihaqi 1390.

Doa Buka Puasa Yang Mashur Di Masyarakat Indonesia

doa buka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumaa Laka Shumtu Wabika Aamantu Wa’alaa Rizkika Afthortu Birohmatika Yaa Arkhamarrohimiiin

 Artinya :
“Ya Allah karenaMu lah aku ini berpuas dan dengan Mu aku beriman dan kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa) dengan rahmat Mu, Ya Allah Rabb yang Maha Pengasih”

Hadist ini terdapat dari Abu Daud dalam Sunan-nya no. 2358 secara mursal (tidak adanya periwayat sahabat di atas tabi’in), dari Mu’adz bin Zuhroh.

Baca juga : Ramadhan – kajian sekilas singkat ramadhan (ringkas jelas padat)

Doa Buka Puasa dengan Tasmiyah

doa buka puasa bismillah
bismillah – awali sesuatu dengan basmallah

Hadist riwayat Tirmidzi 1781. Sebagian muslim juga ada yang hanya membaca Tasmiyah yakni membaca bismillah (saja), Sebagaimana doa ketika mau makan seperti makan sehari-hari.

Sunnah Berbuka Puasa

Berdoa

Berdoa sesuka hati apa yang diinginkan sebelum berbuka. Ada waktu dimana doa akan lebih mustajab, termasuk waktu ini sebelum berbuka puasa (adzan magrib) sebagaimana hadist yang disabdakan Nabi Muhammad SAW.

“Dari Anas bin Malik RA dia berkata, Nabi SAW bersabda, ‘Ada tiga orang yang do’anya tidak akan  ditolak yaitu Doa orang tua kepada anaknya, Orang yang berpuasa ketika ia berbuka, Do’a orang yang sedang bepergian (musafir).” (HR. al-Baihaqi 3 – 345).

Menyegerakan buka

Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu setelah terdengar adzan magrib berkumandang segera berbuka tanpa menunda-nunda.

Memakan yang manis

Tak lupa membaca doa buka puasa, lalu Tasmiyah (bismillahi) kemudian dimulai dengan makanan yang manis seperti kurma, buah manis maupun teh manis dan madu.

Memakan secukupnya

Rasulullah SAW mengajarkan tentang ilmu makan yang baik untuk tubuh sehat, maka tubuh kita sebaiknya menyeimbangkan dengan 1/3 diisi makanan 1/3 diisi minuman 1/3 diisi udara.

baca juga : doa menjenguk orang sakit di Rumah Sakit

Tak lupa setelah menyantap santap lezat nikmat kita berdoa agar lebih barokah dan meningkatkan syukur kepada nikmat yang Allah.

Tak melupakan Sholat magrib

Jangan sampai lupa untuk sholat magrib karena hukumnya wajib, sehingga bergegaslah segera ke masjid dan dirikanlah sholat secara berjamaah. Wallahu a’lam

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: