Contoh Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri resign kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri – Berikut akan kami berikan contoh surat Pengunduran diri yang bisa Anda jadikan referensi dalam penulisannya. Surat Pengunduran diri sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, formal maupun nonformal sebagai konfirmasi berhenti dari suatu urusan karena ada faktor yang menyebabkannya.

Kenapa juga foto di atas tertulis “Looking for A job”. Ya resiko resign harus sudah dapat kerja dulu. Makanya miliki alasan yang masuk akal jangan asal comot resign aja.

Lalu apa alasan untuk membuat surat resign?. Agar tetap terjalin hubungan yang harmonis antar kedua pihak terkait, perusahaan dengan karyawan, kepala sekolah dengan guru, ketua dengan anggota dan lain-lain.

Alasan Menulis Surat Pengunduran Diri

Sebelum benar-benar ingin menggores-kan pena guna menulis surat pengunduran diri. Pikirkan dulu secara matang kenapa Anda harus menulis surat ini, agar tak menyesal di lain hari. Karena penyesalan akan datang di akhir, kalau di awal namanya pendaftaran. Betul kan.

Di Era zaman yang mana banyak sarjana yang bekerja tak sesuai dengan title yang ada. Menjadi patokan bahwa cari kerja itu gak gampang. Oleh karena itu sekali lagi pikirkan alasan yang relevan untuk resign.

Mungkin karena hal sepele kecil yang membuat Anda menulisnya. Faktor teman yang jahil, cinta ditolak, ikut-ikutan teman lain resign dan kurangnya hubungan baik antara pekerja. Beberapa alasan tersebut sebenarnya kurang baik, karena termasuk  masalah pribadi. Untuk itu perlu diingat Jangan mencampur masalah pribadi dengan kerja dan sebaliknya.

Baca

Untuk itu cari apa alasan yang tepat dalam menulis surat resign. Alasan yang logis dewasa dan formal. Berikut beberapa alasan membuat surat pengunduran diri.

  • Ingin melanjutkan karier di lain tempat
  • Melanjutkan study
  • Ingin berpengalaman di tempat lain
  • Kurang sesuai dengan kontrak kerja yang ada
  • Memulai usaha mandiri
  • Kurang nyaman dengan tatacara kerja dan budaya yang ada di sekitar
  • Upah yang dinilai kurang lazim
  • Kondisi kesehatan yang tak memungkinkan
  • Jangan sekali-kali resign karena ingin nganggur

Nah, terlihat profesional kan ketika kita mencari alasan yang relevan. Dengan adanya surat resign akan dapat restu juga dari perusahaan/tempat kerja Anda yang lama. Ke depannya juga tidak akan ada rasa canggung bila saling berhadapan kedua pihak, karena keluar dari instansi dengan baik dan terhormat.

Fungsi Penulisan Surat Resign

berfikir sebelum bertindak
ilustrasi – berfikir sebelum bertindak

Setelah menentukan alasan yang relevan. Pelajari lah apa manfaat menulis surat pengunduran diri. Kok harus formal, nulis-nulis, ribet,toh keluar ya keluar aja, simple dan cepat. Apa peduli mereka.

Stop pemikiran Simple. Karena proses lebih indah dan menjanjikan. Siapa tau ketika kita Resign dari perusahaan, menggunakan surat formal kita mendapat bonus, pesangon dan motivasi untuk masa depan kita.

Barang kali ketika Anda usaha mandiri. Mantan tempat kerja Anda bersedia untuk jadi partner kerja pemasok barang atau penerima produksi kecil Anda. Kan rezeki mendatang sering datang tak terduga.

Surat Pengunduran diri juga dapat menjadi faktor diterima nya kita di Instansi/Perusahaan baru yang kita jejaki.

Setelah goresan diatas berpihak pada penulis surat, berikut beberapa fungsi manfaat surat resign pengunduran diri bagi kedua pihak.

Menentukan status pekerja/karyawan

Masih bekerja atau telah berhenti darinya. Tidak ada rasa saling menanyakan kedua pihak. Bila nantinya benar telah ada kesepakatan keluar dari dunia kerja suatu Perusahaan. Maka Perusahaan terkait akan segera mungkin untuk mencari pengganti yang telah kosong tersebut.

Keluar secara terhormat

Ya, bisa dibilang lebih terhormat. Karena sebagaimana ketika mendaftar suatu instansi/perusahan dengan surat formal dengan perilaku baik dan sopan dengan harapan dapat diterima di instansi tersebut. Maka seharusnya pula bersikap bijak dan sopan pula ketika ingin mengundurkan diri dari nya. Simpel jelaskan.

Untuk memutuskan kontrak yang telah disepakati sebelumnya

Putusnya suatu kontrak kerja dengan adanya surat resign yang telah disepakati kedua pihak, penulis dan penerima. Mungkin bisa ditambah dengan secarik tulisan yang isinya telah selesainya kesepakatan keduanya.

Perusahaan dan teman sekitar merasa tidak dirugikan

Lalu kapan harus mengajukan surat resign? Buat surat sesuai tanggal Anda menulis dan tulis juga tanggal Anda mulai berhenti dari Instansi. Alangkah baiknya 2-3 pekan sebelum resign di accord. contoh ajukan pada tanggal 10 dan mulai berhenti kerja setelah akhir bulan selesai yakni tanggal 30.

Sebagai itikad yang baik dari penulis surat resign, akan berbalik kembali kepada orang sekitar juga. Mereka merasa dihargai dan dianggap ada kehadiran nya. Dengan harapan lain dapat pamitan dan menikmati hari akhir bersama di Perusahaan. Dengan adanya hal tersebut juga akan membuat Perusahaan dan orang sekitar akan segera melakukan evaluasi supaya tak terjadi hal sama di lain waktu.

Baca juga : Cara menghilangkan strees berlebih cepat

Mungkin banyak juga yang keluar resign asal keluar saja. Tanpa pamit teman-teman dan perusahaan yang diikuti. Kan kayak Jelangkung, datang tak diundang pulang langsung pulang.Jangan seperti itu ya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Meski sudah mau keluar dari Perusahaan bukan berarti menulis surat resign dengan asal-asalan. Dalam penulisan surat pengunduran diri terdapat 4 bagian penting yang harus diperhatikan. Jangan asal nulis bisa-bisa nanti gak di accord (terima) sama yang bersangkutan sehingga kontrak masih berlanjut. Simak beberapa bagian penting surat resign formal. Agar membuat contoh surat pengunduran diri lebih baik dan sempurna.

  • Lampiran

Yang terdapat di pojok kanan dan kiri surat formal. Tertulis dan terpakai mulai tanggal yang telah ada. Dan tertuju kepada instansi yang telah tertulis di kiri atas. Dalih fungsi pengunduran diri.

Baca : Cara Membuat Cilok Sederhana | No Gagal

  • Isi surat

Berisikan tulisan salam pembuka, nama terkait, isi surat yaitu pengunduran diri dengan alasan yang telah Anda miliki dan ucpan terimakasih.

  • Penutup

Berisi motivasi dukungan untuk Instansi agar terus berkembang dan jaya ke depannya. Dan tak lupa tanda tangan di pojok bawah surat atas nama penulis.

Contoh Surat Pengunduran Diri 

contoh-surat-pengunduran-diri
contoh-surat-pengunduran-diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan

SURAT PENGUNDURAN DIRI

                                                 

Sukoharjo, 19 April 2017

Kepada
Yth. HRD
PT. wAYAHna
Di Sukoharjo

Assalamualaikum Wr Wb

Bersama datangnya surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama     : Husni Ollajuwon
Jabatan  : Karyawan Tetap

Secara resmi mengajukan surat permohonan untuk mengundurkan diri sebagai salah satu karyawan di Perusahaan wAYAHna. Surat pengunduran diri ini dengan sengaja dan sadar saya ajukan karena adanya suatu masalah yang berhubungan dengan pribadi keluarga saya yang mengharuskan saya untuk meninggalkan pekerjaan ini.

Dengannya saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk mengembangkan pengalaman kerja dan belajar akan ilmu teknologi di PT. wAYAHna. Tak lupa saya dengan lapang meminta maaf kepada semua pihak yang bersangkutan, sekiranya dalam saya bekerjasama dalam bekerja, saya memiliki banyak salah dan kekurangan. Saya juga meminta maaf kepada seluruh instansi yang terkait.

Saya juga berharap agar PT. wAYAHna dapat berkembang pesat dan maju di segala aspek, lokal nasional maupun internasional.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak lain. Semoga bisa menjadi perhatian pihak HRD PT. wAYAHna.

Sukoharjo, 19 April 2018

Ttd
Husni Ollajuwon

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Wonogiri, 6 Mei 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. MTG
di Jln. Raya Mantung no. 113
Wonogiri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. MTG, berdasarkan surat Kontrak Kerja Bersama  mengenai karyawan dan undang-undang tentang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Ollajuwon
Departemen: Informan dan Marketer
Jabatan: Sales
No. Karyawan: M3456 89

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. MTG dikarenakan ingin fokus membangun bisnis mandiri. Surat ini benar-benar saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada paksaan dan maksud buruk. Saya berharap Bapak/Ibu dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan, perhatian dan bantuan yang Bapak/Ibu berikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Ttd
Ollajuwon

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Bahasa Inggris

6th April 2017

Mr. Moh Husni
The Headmaster
of SMA Tunas Bangsa

Dear Sir,

I would like to inform that I am resigning from my job as English teacher for SMA Tunas Bangsa, effective 1st May 2018 because I have to continue my studies abroad.

Thank you for the support and opportunities that you have provided me during the last year. I have truly grateful for the kindliness you have given me during teaching in SMA Tunas Bangsa.

If I can be of any assistance this transition in order to facilitate the job passing of my responsibilities to my successor, please let me know. You can reach me on my e-mail [email protected] or my mobile phone 084445777. I would be glad to help whenever I can.

Sincerely,

Shofi Amila

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Singkat Padat Jelas

Surakarta, 6 Desember 2017

Mr. H. Ollajuwon
Kepala Sekolah
SMA Wayahna

Dengan hormat,

Saya ingin menyampaikan bahwa saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya sebagai guru Bahasa Inggris SMA Wayahna, mulai efektif tidak dapat mengajar pada tanggal 1 Januari 2018 karena saya harus melanjutkan studi ke luar negeri.

Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah Anda berikan selama satu tahun terkahir ini. Saya sangat bersyukur atas kebaikan hati yang telah Anda berikan kepada saya selama mengajar di SMA Wayahna.

Apabila saya dapat memberi bantuan selama masa transisi untuk memudahkan pekerjaan guru pengganti, Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail [email protected] atau melalui telepon di 084488777. Saya dengan senang hati dapat membantu kapanpun saya bisa.

Hormat saya,

Shofi Amila

Sekian itu tadi beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat kami berikan. Mungkin sekiranya ingin berkelanjutan dalam bertanya,silahkan tinggalkan pesan dikomentar. Jangan lupa pula like share juga. Terimakasih.

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: