Bagaimana Cara Renang Untuk Pemula

cara renang gaya bebas

Bagaimana Cara Renang Untuk Pemula –  Ngintipin adek-adek yang lancar berenang di kolam, serasa malu banget. Mereka mengayun lengan tangan dan kaki dengan irama yang terlihat sangat mengasikkan. Masa kamu yang sudah Gedhe kalau ke kolam renang cuma main prosotan sama jalan-jalan di kolam air. XD

Renang adalah solusi dan usaha akhir untuk menyelamatkan diri dan orang lain dari bahaya/musibah air

Sebelum Kita benar-benar igin belajar berenang. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat berenang bagi kita maupun orang lain. Namun tujuan terpenting nya adalah sebagai rekreasi dan penyegar badan. Terlebih berenang juga bisa menjadi solusi ketika ada banjir atau pun musibah mendadak atas  sebab air dan keadaan di atas air volume besar, seperti laut. Untuk menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain di sekitar.

Untuk itu persiapkan sebisa mungkin agar dapat berenang. Belajar tak akan rugi kok. Yuks simak cara belajar berenang bagi pemula berikut ini.

Cara Renang Bagi Pemula

Sebagai pemula yang awam. Sebelum terjun ke dalam pembelajaran berenang, sebaiknya memahami dan mengerti akan teknik dasar dan gaya berenang terlebih dahulu.

Dengan ada nya ilmu tersebut akan lebih memudahkan diri untuk mengaplikasikan secara otodidak di dalam kolam tanpa harus ada mentor khusus. Gerakan-gerakan pun akan lebih mudah dilakukan tanpa harus menerawang sana sini, gak paham apa yang harus dilakukan.

Teknik Dasar Cara Renang

  • Pernapasan

Pernapasan menjadi hal utama ketika berenang. Teknik ini dilakukan atas dasar proses pengambilan dan pembuangan udara di atas/dalam permukaan air.

Sebenarnya cukup mudah sebagaimana kamu bernapas di udara bebas. Yang membedakan hanya ritme momen waktu dan tempat pernapasan.

  • Mengapung

Meskipun tubuh manusia mencapai puluhan kilogram, tetapi atas anugerah Tuhan YME manusia dapat dapat mengapung di dalam air. Teknik mengapung dibedakan menjadi tiga yaitu terlentang, terkurap dan berdiri.

Untuk melatih kemampuan mengapung tak cukup dilakukan sekali dua kali. Perlu berulang kali agar lebih paham keseimbangan tubuh di atas air.

Renang di Umbul Ponggok Yuks

  • Meluncur

Yang dimaksud meluncur disini yakni gerakan berjalannya tubuh diatas air layaknya ikan berenang. Dengan teknik mengayunkan tangan dan kaki dengan diiringi pernapasan teratur.

Nah, sudah tahu kan beberapa teknik dasar berenang.Tahapan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah praktek lapangan tentang bagaimana berenang  secara otodidak maupun dengan mentor.

Latihan Praktis Cara Renang

Kenapa dituliskan latihan? Karena dalam belajar berenang dengan benar bukan lha hal instan. Perlu prosedur dan dilakukan secara rutin agar cepat menyesuaikan diri di dalam air.

Untuk itu mulai sekarang tanamkan hati senang terhadap olahraga air ini. Kalau bisa jadikan salah satu hobi mu. Biar tambah nekad serius untuk rajin belajar mengendalikan badan di air. Tak usah malu dan khawatir soal tenggelam dan panik di dalam air, toh Kamu masih pemula. Itu hal yang biasa bagi perenang newbie.

Latihan bersama teman

Dengan adanya teman akan menambah rasa percaya diri dan menjadi partner safety ketika terjadi hal yang tak diinginkan seperti kram dan lainnya. Meski pun teman Anda juga belum bisa berenang itu pun tidak masalah karena Anda telah memilih kolam renang yang tingginya tak melebihi leher Anda.

Terlebih bila teman yang kamu jadikan partner sudah pro, itu akan menjadi motivasi untuk lebih giat belajar renang.

Pemanasan

pemanasan sebelum renang
lakukan pemanasan sebelum renang

Yang sering diabaikan oleh banyak perenang di dunia, pemasan ringan. Peregangan tubuh bertujuan supaya otot-otot menjadi fleksible tidak kaku,sehingga mengurangi kram dan cedera yang tak diinginkan ketika renang.

Berikut beberapa cara pemanasan sebelum berenang :

  1. Peregangan pada pergelangan gerak tubuh, seperti lengan tangan,kaki, paha, pinggang dan leher.
  2. Melenturkan otot pergelangan tangan dan kaki. Dengan cara memutar 180 derajat bolak balik.
  3. Lakukan peregangan ringan yang lainnya, seperti gerakan senam sederhana.
  4. Lompat-lompat kecil di tempat dengan irama napas yang sama teratur.
  5. Lari-lari kecil di tempat.

Pengenalan air

ilustrasi terjun ke dalam kolam renang
ilustrasi terjun ke dalam kolam renang

Agar mengurangi rasa takut  terhadap air. Beranikan diri untuk terjun dari permukaan tanah ke dalam air dengan cara melompat dan berhenti sejenak di dasar air dengan melepas udara dari mulut atau hidung sebagai latihan pernapasan. Dan terjun bebas ke air akan menjadi sensasi kesegaran tersendiri. Silahkan Anda mencobanya.

Lakukan latihan renang di dalam kolam yang tinggi air tidak melebihi leher Anda. Agar safety keselamatan terjaga.

Bila hal itu tak memungkinkan bagi Anda, cobalah dengan teknik tenggelam di dasar air. Cara nya cukuplah mudah, ambil napas panjang kemudian mulai tenggelam kan badan sampai dasar air. Tak lupa pula untuk menghembuskan dikit sedikit tampungan udara melalui mulut hingga bergelembung dalam air. Note jangan salah ya hembuskan udara bukan tarik. Bisa-bisa nelen air.

Kolam Renang untuk Pemula di Daerah Klaten

Yang perlu diingat. Lakukan dengan rileks dan santai. Bila mulai kehabisan napas dalam air, naikkan kepala di atas permukaan air secara perlahan dan santai, tidak panik. Lakukan berulang ulang agar terbiasa dengan air.

Pelemasan gerakan tangan

cara berenang pemula
cara berenang pemula – pelemasan lengan tangan

Gaya Bebas dan Dada : mengayunkan lengan tangan ke atas permukaan air secara bergantian bak kincir angin berputar. Usahakan posisi kepala di dalam air, sekalian penyesuaian gerak dengan napas.

Gaya katak : Lakukan dengan kepala di dalam air. Menggabungkan kedua telapak tangan, lalu mendorong nya untuk membelah air di depan. Setelah posisi tangan lurus ke depan, tarik perlahan dengan membelah/menebas air ke belakang layaknya dayung pada perahu. Dengan dorongan tangan tersebut usahakan kepala naikke atas permukaan.

Berenang juga termasuk salah satu penghibur diri dan penghilang stres. Baca juga cara menghilangkan stres.

Pelemasan gerakan kaki

latihan renang serius santai

Bila memungkinkan pakai pelampung/ban sebagai alat pembantu mengapung terlebih dahulu untuk melemaskan gerak kaki.

Teknik Gaya bebas dan dada mengayunkan kaki seperti duyung kedua kaki bergerak ke atas bawah secara bergantian.

Sedangkan Gaya katak  dengan mendorong kaki yang awalnya tumit menempel pantat untuk keluar membentuk V kemudian kembali memutar ke dalam posisi awal. Layaknya gerakan segitiga kaki katak.

Perumpamaan sederhana : pusatnya pada pantat, tempelkan ujung tumit padanya. Kemudian dorong kakike belakang secara menyabang hingga berbentuk V. Setelah badan terdorong tarik kembali kaki ke ujung oantat. Lakukan berulang kali, secara otomatis tubuh akan terdorong oleh gerakan kaki bila dilakukan dengan benar dan teliti.

Mengapung dalam Renang

Cara renang gaya katak - tangan membelah air
belajar mengapung

Ambil napas panjang lalu tengkurap/berbaringlah di permukaan air dengan bantuan sedikit gerakan kaki, naik atas bawah secara pelan. Dengan tujuan tubuh dapat mengapung.

Coba atur ritme gerak kaki agar tubuh tetap seimbang. Karena cara mengapung setiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya terlentang dapat mengapung, ada yang  dhanya dengan bantuan gerakan kaki atau pun hanya gerak simpel dari kedua tangan.

Aplikasi Cara Renang

Setelah Anda benar-benar sudah paham matang. Aplikasikan semua cara-cara tersebut mulai pemanasan, PD percaya diri, pengambilan napas panjang, terjun meluncur dan gerakan kaki dan tangan sesuai gaya yang diinginkan. Gaya bebas, dada, kupu ataupun katak.

Gaya dada/bebas : Pengaturan ritme gerak kaki dan tangan bebas sesuai keahlian. Ada beberapa orang kepala di dalam air yang beberapa kali pengambilan napas diatas permukaan air. Ada pula yang terus menerus kepala berada di atas permukaan air.

Gaya katak : Ketika gerakan kaki mendorong posisi kepala di dalam air dan ketika gerakan tangan membelah air kepala diangkat ke permukaan air untuk pengambilan napas. Jadi saling bergantian gerakan kaki dan tangan.

Lakukan secara teratur agar hasil belajar memuaskan. Rileks dan santai adalah kunci utama berenang tanpa tergesa-gesa agar stamina tidak terkuras banyak. Dan jangan panik bila kehabisan napas. Cukup gunakan teknik mengapung ayunkan kedua tangan dan kaki.

Yang terakhir. Jangan pernah menyerah. Terus mencoba. Usaha tak akan mengkhianati hasil.

Baca juga :

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: