Cara Merawat Rambut Keriting Yang Baik & Benar

cara merawat rambut keriting

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana cara merawat rambut keriting. DIsini kami juga ulaskan cara mengatasi masalah yang ada pada rambut keriting.

Mungkin bagi anda yang memiliki rambut bergelombang dan keriting inilah cara merawat rambut anda yang baik dan benar agar rambut tetap segar, sehat dengan cara alami tanpa efek samping.

Cara Merawat Rambut Keriting Bergelombang Secara Alami

 

Model rambut pendek keriting
Model rambut pendek keriting

Rawat rambut menggunakan shampoo khusus

Masing – masing jenis rambut tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda – beda. Termasuk rambut keriting tentu juga memiliki jenis kebutuhan perawatan rambut yang berbeda dengan jenis rambut lurus dan yang lainnya.

Rambut keriting yang cenderung kering dan rapuh harus dirawat dengan menggunakan produk khusus untuk rambut kering dan keriting. Jika perlu, selalu gunakan minyak zaitun sebagai pelembab alami rambut Anda. Jadi setelah disisir, Anda bisa gunakan minyak zaitun untuk melembabkan rambut Anda secara alami.

Hindari terlalu sering keramas

Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah memperhatikan intensitas keramas. Jangan lama – lama tidak keramas. Akan tetapi juga jangan terlalu sering keramas. Ada baiknya Anda cuci rambut minimal 1 – 2 kali dalam satu minggu.

Hal ini tentu sangat penting agar rambut keriting Anda tidak semakin kering dan rusak. Jika menurut Anda terlalu sulit, Anda bisa coba keramas dengan hanya menggosokkan shampoo bebas sulfat ke kulit kepala Anda.

Kemudian nantinya ketika Anda bilas, shampoo akan turun ke bagian batang serta ujung rambut. Hal ini tentu sudah dirasa cukup dalam membersihkan rambut keriting Anda. Jangan lupa gunakan conditioner yang sesuai untuk rambut setelah keramas.

Jangan terlalu sering menyisir rambut

Ketika rambut kering terlalu sering disisir, pastinya rambut akan hancur dan mengembang. Lama kelamaan rambut akan sulit tertata. Jadi ada baiknya untuk Anda usahakan jangan menyisir rambut keriting terlalu sering.

Untuk keperluan sisir, Anda bisa menyisir rambut dengan memanfaatkan sela – sela jari tangan. Yang paling penting adalah jaga kelembaban rambut Anda agar tampak selalu berkilau alami dengan produk yang tepat.

Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol

Sifat alcohol adalah menyerap air yang ada di sekitar. Karena itu jika Anda tidak mau rambut keriting yang notabennya sudah kondisinya kering dan semakin kering, carilah produk perawatan rambut yang tidak mengandung alkohol didalamnya. Anda juga bisa cek komposisinya lebih dulu sebelum membeli.

Penggunaan hairdryer harus dihindari

Angin panas yang berhembus dari hairdryer dapat menjadikan rambut keriting Anda semakin mengembang dan membuatnya berantakan. Akan tetapi kalau Anda sedang terburu – buru dan ingin menggunakan hairdryer, hal itu tidak masalah. Namun baiknya tidak Anda gunakan terlalu sering.

Hindari produk styling rambut yang mengandung silicon

Produk penataan rambut seringkali mengandung bahan silicon didalamnya. Produk dengan silicon memang dapat menjadikan rambut tampak berkilau. Akan tetapi bahan ini malah sebenarnya dapat menutup lapisan luar rambut sehingga tingkat kelembaban rambut tidak bisa menembus ke korteks rambut.

Jika sudah seperti itu, rambut Anda yang keriting malah akan semakin keriting. Jadi ada baiknya ketika Anda memutuskan untuk membeli produk penataan rambut, perhatikan dulu kandungan bahan yang ada didalamnya.

Jaga rambut Anda termasuk ketika sedang tidur

Jika setiap bangun tidur rambut keriting Anda berubah menjadi berantakan, mengembang dan bentuknya acak, maka hal tersebut bisa terjadi karena kondisi rambut Anda bergesekan dengan sarung bantal.

Cara merawat rambut keriting yang terakhir ini juga perlu diterapkan. Baiknya ketika bangun tidur di pagi hari, segera rapikan rambut dengan jari. Gunakan sarung bantal yang licin seperti sutera agar tidak membuat rambut mudah kusut.

Itulah berbagai cara merawat rambut keriting yang perlu Anda terapkan. Dengan menerapkan perawatan rambut keriting diatas, tentunya rambut keriting Anda akan tetap terjaga keindahannya.

Dikutip dari : https://damainesia.com/

You May Also Like

About the Author: ni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *