Cara Merawat Lovebird Agar Cepat Gacor Ngekek Panjang

Cara Merawat Lovebird Agar Ngekek Panjang – Selain ternak Lovebird sebagai budidaya dan koleksi warna dan jenis lovebird yang bervariasi, ternyata burung cinta juga banyak digemari oleh kicau mania.  Bahkan banyak sekali kita jumpai di setiap sudut desa maupun kota perlombaan gantang, kicau burung lovebird.

Selain menjadi kesenangan hobi pemilik lovebird kicau, ternyata ada hal lain yang lebih menguntungkan yakni harga lovebird kicau lebih tinggi dibanding lovebird biasa (bukan kicau). Lalu bagaimana tips cara perawatan khusus agar lovebird menjadi juara?

Seorang pepatah mengatakan “Beda Tangan Beda Hasil”. Ya dalam hal seni setiap orang memiliki ilmu khusus dalam menjalankan apa yang akan ia hasilkan. Seperti halnya memaster melatih lovebird agar punya mental dan rajin bunyi ketika di lapangan lomba kicau, suara panjang lantang dan kesigapan burung menjadi faktor penting dalam penilaian lomba. Untuk itu kami akan ulaskan tentang tips rahasia jitu merawat lovebird ngekek panjang untuk lomba di lapangan.

Cara Merawat Lovebird Agar Cepat Ngekek Panjang

Pemberian Pakan Lovebird

milet , biji kenari dan biji-bijian lain - hanya ilustrasi pakan lovebird
milet , biji kenari dan biji-bijian lain – hanya ilustrasi pakan lovebird

Bila rutinitas pemberian makanan milet, air dan kebutuhan lain sudah dilaksanakan secara rutin dan konsisten, maka selesai sudah tahapan pertama cara merawat lovebird agar cepat ngekek panjang. Langkah selanjutnya yaitu pemberian pakan tambahan bernutrisi seperti jagung, kangkung, kecambah, dan touge.

Pemberian Canary Seed atau Biji Kenari juga boleh dilakukan, namun harus dengan takaran yang sesuai yakniperbandingan 1 : 4,5 dari biji kenari dan milet.

Tak lengkap pula bila kita tak memberikan multi-vitamin agar burung lebih gacor ngekek panjang. Note : pemberian vitamin jangan sampai berlebihan agar burung tak over.

Tempatkan Di Tempat Nyaman

cara merawat lovebird cepat ngekek panjang gacor
cara merawat lovebird cepat ngekek panjang gacor

Gunakan sangkar yang berukuran sedang, tidak terlalu sempit. Tak lupa pula selalu gantungkan dan jauhkan dari hewan-hewan yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan burung cinta, seperti semut, kucing, anjing,tikus dan hewan lainnya. Cara tersebut sangat efektif membuat lovebird lebih fileks dan dapat nyaman ngekek panjang.

Jangan pernah biarkan Lovebird nangkring di atas tebok. Pancing agar selalu di atas kayu tangkringan, agar lebih rajin tidak malas.

Cara Merawat Lovebird Dengan Pembersiahan Kandang

snot penyakit pada mata lovebird
snot penyakit pada mata lovebird

Sering kali para pemilik burung bersikap malas tapi ingin hasil puas. Cuci bersihkan sangkar burung agar burung tetap sehat dan tak terkena penyakit. Sekali terkena sakit burung akan sulit pula pulih seperti sedia kala, yang pasti ada minusnya.

Tahapan pembersihan kandang sebaiknya dilakukan sehari dua kali ketika pagi dan sore hari dengan cara membersihkan kotoran, mengganti dan mencuci tempat  air dan pakan.

Baca juga : 10+ Jenis Burung Hantu Yang Harus Anda Ketahui

Memandikan Lovebird secara Rutin

cara merawat lovebird dengan rutin memandikan
cara merawat lovebird dengan rutin memandikan

Layaknya makhluk hidup bila tersentuh air akan lebih segar dan tegap begitu pula burung kicau. Memandikan lovebird agar rajin ngekek dengan membasahi tubuh hingga basah kuyup menggunakan spraiyer (alat semprot air) atau dengan air yang ditumpahkan dari atas menggunakan selang namun secara perlahan agar lebih lincah dan gesit.

Lakukan pemandian sekitar jam 6 sampai 7 pagi, kemudian gantungkan dan jemur di terik matahari selama 2-3 jam. Setelah jam menunjukan arah angka 9 pagi pindah ke tempat yang lebih teduh dan semprotkan air di area dada burung.

Tahap berikutnya lakukan pemasteran lovebird ngekek panjang di tempat yang sunyi, mulai dari tahap awal yakni tarik suara sampai suara ngekek panjang menggunakan mp3 yang di dekatkan sangkar.

Sebagaimana telah ditulis dalam sub bab nomor 3  tentang pembersihan kandang. Proses memandikan lovebird di sore hari sebaiknya dilakukan bersamaan dengan pembersihan sangkar waktu sore. Cukup dengan menyemprot tubuh hingga basah kuyup lalu gantungkan agar terkena sinar matahari sore.

Tips rahasia lain yang jarang dilakukan adalah : Penyemprotan air pada dada lovebird di malam hari sekitar jam 10 -12 malam. Lalu tutup sangkar menggunakan kerodong. Bisa juga sesekali kita lakukan pemasteran ketika malam hari seusai pembasahan tubnuh lovebird.

Cari Settingan Lovebird Lomba

settingan Lovebird lomba
settingan Lovebird lomba

Kembali ke kata “Beda Tangan Beda Hasil”. Yak burung pun juga begitu si cinta mau ngekek dan gesit karena ada sebab akibat. Mungkin karena tepukan tangan pemilik, sangkar khusus, ataupun aktivitas yang sering dilakukan sebelum lomba seperti makan jagung dahulu baru mau gacor, atau mandi bahkan ada yang harus dielus-elus kepalanya.

Maka dari itu cari tahu apa kesukaan si cinta sebelum gantang lomba. Cukup lakukan gantang kicau sepekan sekali jangan berlebih agar si cinta tidak stress. Silakan dicoba semoga bisa jadi juara, gacor, ngekek durasi panjang.

Amati Kuasai Juara. Siap jadi Juara Pokoknya

Baca juga : 10 jenis lovebird yang dibudidaya di Indonesia

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: