Cara Menghilangkan Stres Pikiran Berat

Cara menghilangkan stres – Hampir semua orang (dari anak-anak, dewasa dan orang tua) pernah merasakan pusing, mumet, beban pikiran dan depresi stress. Stres merupakan suatu beban yang membuat otak tak seimbang dalam berpikir sehingga terkadang penderita sering melamun dan tak mampu berkonsentrasi, depresi . Akibat dari stres yaitu aktivitas terhambat, sulit tidur, khawatir berlebihan, kesehatan terganggu dan bahkan dapat berbuat hal yang tak terkontrol.

Tak sedikit juga dari kita sering mengkonsumsi obat penenang sebagai pereda depresi. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kecanduan, hilang memori dan bahkan menyebabkan gangguan ginjal dan organ lain. Maka dari itu kami akan ulaskan bagaimana cara menghilangkan stres pikiran dengan cepat tanpa obat-obatan.

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Tanpa Obat-Obatan

cara menghilangkan stres
pilih solusi daripada mengobati

Mencoba untuk rileks

Cara menghilangkan stres pikiran yang pertama ini mungkin terlihat tidak ada faedahnya. Namun anggapan sepele tersebut salah, justru dengan keadaan diri yang tenang dan rileks kita dapat mengontrol pola pikir. Rileks, mencoba tenang dan menikmati apa yang ada.

Kemudian setelah keadaan membaik kita seharusnya mengungkapkan kepada seseorang baik orang tua saudara maupun teman tentang hal yang membuat kita terus tertekan hingga depresi. Dengan bercerita dengan orang lain mereka dapat memberikan nasehat support dan motivasi yang lebih kepada kita.

Menurut Asosiasi Psikologi Amerika “ penderita stres seharusnya mengungkapkan isi hati dan beban pikiran kepada orang maupun terapis”. Disini lah diungkap juga betapa pentingnya curhat kepada orang lain agar beban hidup yang kita alami selama ini ada solusi jalan keluar yang baik.

Contoh rileksasi : memijat kepala bagian kening secara perlahan dan santai, memandangi suatu tempat yang jarang dikunjungi, melakukan aktivitas yang sifatnya santai menyenangkan seperti menonton video lucu, bercanda bersam teman dan lainnya.

Lakukan ibadah dan berdoa

Tak lain dan tak bukan, hidup ini adalah anugerah yang telah Tuhan berikan kepada kita. Saat hati mulai kacau alangkah baiknya kita kembalikan jiwa dan raga ini untuk beribadah kepadanya, serta tak lupa kita selipkan permohonan doa agar Sang Maha Agung dapat memberikan solusi terbaik dan jalan keluar dari depresi yang kita alami.

Tambahan, menurut survei di beberapa perguruan tinggi, mahasiswa yang religius jarang mengalami depresi dibandingkan mahasiswa yang kurang dalam peribadatan-nya.

Cara menghilangkan stres menurut islam yaitu dengan beribadah sholat, berdzikir, berdoa memohon petunjuk jalan yang terbaik dan membaca kitab suci Al-qur’an. Dengan aktivitas yang membuat rohani seorang muslim lebih ditenangkan hatinya dan dijauhkan dari sifat was was terhadap apapun.

Meluangkan waktu bersama dengan pasangan (halal)

Pasangan adalah salah satu tempat dimana orang yang mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Maka kita tak perlu jauh-jauh untuk mencari cara menghilangkan stres yang kita. Cukup dengan santai bersama dan curhat satu sama lain, makan bersama kemudian mencari solusi jalan keluar dari beban pikiran dan bahkan bisa juga dengan cara melakukan seks bersama pasangan sah agar lebih fresh, baik dari fisik maupun pikiran.

Cara menghilangkan stres menurut para ahli psikologi, Simon Rego.  Dalam pembahasan nya pernah dijelaskan bahwa seks dapat membantu meringankan pikiran dan bahkan juga dapat menghilangkan stres. Ahli psikolog yang sekarang menjabat direktur pelatihan psikolog di New York juga menjelaskan bahwa melakukan seks bersama pasangan termasuk pelepasan endorfin dan dapat menumbuhkan pikiran positif, yang juga dapat menghilangkan kecemasan dan stress.

baca : cara mandi besar setelah melakukan hubungan badan

Olahraga

Mungkin banyak dari kita berpendapat aktivitas sehari-hari saja sudah capek, kok ditambah olahraga. Pendapat tersebut memang benar namun alangkah baiknya kita jadwalkan olahraga pada waktu luang kita agar jasmani juga terjaga. Selain tubuh sehat olahraga juga dapat mengurangi kadar stres yang dialami manusia.

Tidur yang berkualitas

Cara menghilangkan stres dengan cepat yaitu dengan tidur. Ingat jangan sembarang tidur karena tidur yang baik dan kualitas adalah kuncinya. Dengan tidur yang nyaman ketika bangun badan dan pikiran pun terasa segar bagai laptop yang di-refresh tanpa LoLa.

Jadwalkan liburan

Ketika anda mulai susah tidur banyak ngalamun pikiran semakin kacau. Buat agenda di akhir peka anda dengan berlibur, lakukan secara rutin meski hanya liburan di dalam kota. Selain untuk mengurangi beban pikiran anda berlibur juga termasuk waktu yang berkualitas karena kita berlibur bersama orang-orang yang kita cintai seperti keluarga, pasangan, teman dan sahabat.

Menurut para Ahli psikolog “berlibur dapat membangun Mood baru”. Dengan sejuknya alam ciptaan Tuhan YME, dengan bertemunya tempat yang baru kawan baru suasana baru akan timbul dengan sendirinya pikiran yang membuat semangat hidup kembali menyala.

Konsumsi makanan sehat

Cara menghilangkan stress menurut para ahli sebaiknya diperbaiki dari pola makan. Karena dengan lancarnya peredaran darah, proses pencernaan dan proses metabolisme tubuh dapat menyeimbangkan sistem kerja otak juga. Maka tak salah bila mulai sekarang kita perbaiki pola makan dan pola hidup dengan cara makan yang bergizi dan cukup serta ber-olahraga secara teratur.

Didalam mengkonsumsi makanan kita tak perlu bingung, contohnya kita pilih buah jeruk yang kaya akan vitamin C yang berguna meningkatkan daya fokus dan mengurangi kecemasan. Contoh lain Jus buah naga yang banyak akan manfaat, yang membuat pencernaan lancar, tubuh pun menjadi lebih stabil dan konsentrasi akan berpikir lebih jernih.

Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat (Versi Anak Muda)

cara menghilangkan stres pikiran
lakukan hal yang menyenangkan dan membuatmu tenang

Berteriak

Ketika pikiran kacau berteriaklah di tempat yang jauh dari orang banyak karena berteriak dapat akan menghilangkan sugesti buruk. Seperti hilangnya rasa sakit, meredakan depresi, menghilangkan kekhawatiran dan membakar semangat.

Woiiii kucing, kenapa pacar ku kau tikung

Dengarkan musik

Tak jarang para mahasiswa ketika mengerjakan tugas didampingi dengan music. Nada irama lantunan sang penyanyi yang merdu akan merubah suasana yang spaneng (jenuh) menjadi lebih buyar (terbuka). Lagu dangdut lagu Pop Reggae atau pun Inggris.

Apa salah dan dosaku, sayang
Cinta suciku kau buang-buang
Lihat jurus yang kan ku berikan
Jaran goyang, jaran goyang
Oa oe

Bernyanyi dan menari

Dengan adanya music, kita juga bisa mengirinya dengan ikut bernyanyi bersama teman-teman kita. Apalagi bila kita mau menari-nari melakukan gerakan-gerakan konyol yang dapat membuat diri kita riang gembira tertawa.

Tung tak tung jes jes jes tarik mang, joget terus

Lakukan hal yang lebih menyenangkan

Untuk kaula muda mungkin dengan melakukan hal yang menyenangkan cukuplah banyak. Dari main game, melakukan hal konyol,bersenda gurau dengan teman sekitar, berbasa-basi dengan lawan jenis (modus).

Yuk mabar bro kayaknya seru.

Membaca komik

Selain mengisi waktu luang membaca komik juga termasuk hiburan murah. Dan juga dapat meningkatkan kreativitas dan daya ingat. Penasaran, cobalah dengan membaca komik kita akan dapat tertawa dengan alur cerita komik yang dominan lucu.

Kutipan dalam komik One Piece
“Kapan seseorang akan mati??.. Saat dia terkena sebuah tembakan?? BUKAN!!.. Saat dia terkena penyakit  yang mematikan?? BUKAN!!,.. Saat dia meminum semangkok sup dari jamur beracun? JUGA BUKAN..
Seseorang akan mati apabila dia telah dilupakan..” [ Dr. Hiluluk ]

baca juga : doa untuk orang sakit beserta tatacara menjenguk orang sakit

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: