cara menghilangkan jerawat cepat

9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Sehat

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat biasanya muncul pada usia remaja yang memasuki masa pubertas. Berubah nya kadar hormon pada masa puber menjadi sebab utama timbulnya jerawat. Kita ulas saja langsung cara menghilangkan jerawat sehat alami.

Perubahan hormon itu juga menjadikan kelenjar  sebum (penghasil minyak) pada kulit yang membuat tersumbatnya pori-pori sehingga tumbuh jerawat. Faktor penyebab lain yaitu Pola hidup yang kurang sehat.

Mungkin untuk menjadikan wajah tampak lebih tampan, cantik dan menawan adalah dambaan semua orang. Tak lebih jerawat pun menjadi masalah utama pada wajah, yang kadang membuat seseorang tidak percaya diri.

Mungkin banyak yang sudah mengetahui bahwa facial, klinik pengobatan kecantikan dan produk penghilang jerawat termasuk cara menghilangkan jerawat.

Usaha – Akan tetapi alangkah baiknya kita berusaha menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat, selain tidak berefek samping juga termasuk melestarikan budaya tradisional.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Sehat

Lidah Buaya

via sabilarama.wordpress.co

Manfaat Lidah Buaya – Jerawat memang menjadi masalah kecil tapi sangat mengganggu. Bagaimana tidak? Satu saja jerawat muncul, kita akan merasa kurang percaya diri. Namun itu dulu, kini ada cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang menjadi salah satu tips andalan untuk merawat kulit wajah tetap indah.

Lidah buaya memang terkenal sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan hormon polisakarida dan giberelin yang terdapat dalam lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Lidah buaya juga mengandung vitamin C dan E serta mineral yang menyembuhkan kulit yang berjerawat lebih cepat.

Cara menghilangkan jerawat batu dan jerawat biasa dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan mudah, tanamannya pun bisa kita temukan dimana saja. Langkah pertama, potong lidah buaya menjadi dua. Ambil gel yang ada di dalamnya. Balurkan pada wajah secara merata. Tunggu 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Bawang Putih

via www.previnex.co

Manfaat Bawang Putih – Disamping bermanfaat sebagai penyedap rasa, bawang putih yang bersifat antiseptik menjadi cara menghilangkan jerawat yang ampuh. Dengan kandungan senyawa thiacremonon sulfur, bawang putih mampu mengeringkan jerawat dengan cepat. Bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri pada kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawah putih: tumbuk bawang putih hingga lembut, oleskan pada bagian kulit yang berjerawat, biarkan 3-5 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Jeruk Nipis

cara menghilangkan jerawat

Manfaat Jeruk Nipis – Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis adalah dengan memakai air perasan jeruk nipis. Kandungan senyawa asam alpha-hydroxy pada jeruk nipis mampu membersihkan sel kulit mati dan mencegah timbulnya jerawat.

Kita dapat memanfaatkan air perasan jeruk nipis sebagai masker. Caranya mudah sekali, iris jeruk nipis lalu peras. Oleskan pada wajah menggunakan kapas. Lakukan dengan hati-hati karena kandungan asam yang tinggi memberikan efek perih pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, bilas menggunakan air hangat.

Dengan menggunakan masker air jeruk nipis secara teratur, tidak hanya jerawat yang akan hilang, tapi dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam secara alami.

Madu

via https://wayahna.com/

Manfaat Madu – Sekarang ini, madu sangat populer sebagai obat herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Namun, apa benar madu juga efektif untuk menghilangkan jerawat?

Ternyata, madu memang menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu mengurangi peradangan pada kulit, dan mencegah jerawat muncul kembali.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu dapat dibuat masker tanpa ditambah bahan lain. Pertama, ambil madu dan ratakan pada wajah. Tunggu hingga 30 menit lalu bersihkan menggunakan air bersih.

Kamu juga bisa menggunakannya menjadi scrub madu sebagai cara menghilangkan flek hitam. Scrub madu dapat membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan halus.

Lemon

lemon

Manfaat Lemon Untuk Wajah – Memang banyak cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan bahan kimia, namun bahan alami akan lebih aman digunakan untuk mengatasi jerawat. Kamu perlu tahu kalau lemon juga dapat menghilangkan jerawat dalam waktu singkat.

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi sangat ampuh melawan jerawat. Dengan kandungan asam askorbat, lemon mampu membersihkan pori-pori dari noda hitam sehingga wajah menjadi lebih cerah. Kamu bisa mendapat dua manfaat dari lemon, jerawat membandel teratasi dan wajah menjadi cerah bersinar.

Cara membuat masker dengan perasan lemon; pertama, potong lemon menjadi dua. Peras untuk mendapatkan air sari lemon. Gunakan kapas untuk meratakan air perasan pada wajah. Tunggu selama 10-15 menit. Basuh wajah dengan air dingin. Lakukan secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pasta gigi

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi
cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Toothpaste Atau Pasta Gigi – Selain menggunakan tanaman dan buah, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah cara yang ampuh mengatasi jerawat secara alami.

Siapa sangka, pasta gigi yang dikenal untuk membersihkan gigi, juga efektif mengeringkan jerawat dan menyembuhkan luka akibat jerawat. Kandungan triclosan dan fluoride yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit wajah, serta menghindarkan dari iritasi kulit.

Pemakaian pasta gigi untuk menghilangkan jerawat sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada bagian kulit berjerawat, jangan meratakannya ke seluruh wajah. Diamkan selama lebih dari 2 jam. Lalu, bersihkan menggunakan air dingin.

Baking soda

Baking soda – Bahan alami yang sejak zaman dahulu digunakan sebagai obat penghilang jerawat. Kemampuannya menetralkan asam pada kulit, membuat baking soda mampu membunuh bakteri penyebab jerawat lebih cepat. Selain itu, baking soda juga dapat membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda:

  • Campurkan 2 sendok baking soda dengan 1 sendok air hangat.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 10-15 menit.
  • Bersihkan menggunakan air hangat.

Yogurt

Yogurt – Tahukah kamu? Yogurt, minuman yang baik untuk kesehatan usus ini juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Yogurt mengandung kalsium, zinc, vitamin B,  dan asam laktat yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Apalagi karena kandungan asam yang tinggi, yogurt mampu membunuh bakteri jerawat dan menyerap minyak berlebih.

Cara menghilangkan jerawat dengan yogurt bisa kamu mulai dengan mencuci wajah dengan air bersih lalu keringkan. Kemudian ambil satu sendok makan yogurt tanpa rasa dan ratakan ke seluruh permukaan wajah. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Kopi

Kopi, minuman yang menjadi favorit semua kalangan masyarakat ini memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat menghilangkan rasa kantuk, kandungan kafein yang tinggi berfungsi menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kok bisa?

Karena kafein itu berfungsi sebagai vasorestrictor yang dapat menyempitkan serta mengencangkan pembuluh darah sehingga sangat efektif mengurangi seluit pada kulit, kulit juga akan terasa lebih halus.

Cara menghilangkan jerawat dengan scrub kopi:

  • Basuh muka dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka 
  • Ambil satu sendok kopi dan sedikit gula kemudian campur dengan air hangat.
  • Balurkan ke permukaan wajah
  • Biarkan selama 20-30 menit lalu bersihkan dengan air hangat

Minyak zaitun

manfaat minyak zaitun untuk wajah dan jerawat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *