Cara Mengatasi Rambut Rontok Cepat Mudah dan Alami

cara mengatasi rambut rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang kuat, sehat dan berkilau. Rambut yang rapi dan lembut tentu menjadi maskot utama setiap orang, terutama wanita. Bagi mereka rambut yang sehat berkilau adalah dambaan nomor dua setelah wajah bebas dari jerawat.

Tampil dengan rambut kusam, kusut, kasar, megar, mudah patah rontok membuat para kaum hawa  menjadi bad mood, seketika. Oleh karena itu jangan sampai rambutmu mengganggu suasana hatimu. Risih, hampir tiap kali menyisir pasti ada segumpal rambut yang berjatuhan, ihh bikin kesel.

Apa karena faktor usia? atau cara perawatan yang salah? Mungkin banyak faktor yang menyebabkan rambut Anda mulai dari gen, usia, bahan kimia, obata-obatan, hormon berlebih, stres dan perawatan rambut yang salah.

Tak ada salahnya Anda mempercayakan kesehatan rambut pada salon kecantikan, namun alangkah baiknya mulai berhemat dalam merogoh kocek agar dapat menabung untuk jenjang yang lebih penting, seperti menikah, rumah tangga dan kebutuhan lain. Dengan perawatan mandiri di rumah mungkin akan lebih baik aman mudah dan lebih alami. Berikut beberapa cara merawat dan mengatasi rambut rontok dengan bahan alami, secara mandiri, tanpa efek samping.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

cara mengatasi rambut rontok
 mengatasi rambut rontok

Pola Perawatan Agar Rambut Rontok Berkurang

Memilih Produk Sampho Yang Tepat

Setiap rambut kepala memiliki tekstur yang berbeda mulai tingkat kadar minyak kepala sampai jenis kerusakan rambut yang tak sama pula. Bisa dibilang memilih jenis produk perawatan rambut bukan hal yang mudah. Dari perawatan rambut kusam, kasar, mudah patah dan rontok akan berbeda jenis. Untuk itu sesuaikan produk sampho dan conditioner yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan rambut kepala. Rambut rontok gunakan yang bernutrisi menguatkan rambut.

Keramas Dengan Baik Dan Benar

Dalam berkeramas hal pertama yang harus diperhatikan adalah kadar suhu air. Menurut pakar ahli kesehatan rambut berkeramas dengan air dingin lebih efektif dalam menjaga kekuatan dan berkilaunya rambut. Air dingin juga mampu membuat peredaran darah  lebih lancar sehingga lebih terasa santai.

Bagi Anda yang sensitif terhadap air dingin sebaiknya berkeramas dengan air yang cenderung bersifat sedang tidak panas dan tidak dingin. Karena air yang panas akan membuat rambut rontok dan hilangnya kesimbangan kepala. Dari hilangnya minyak rambut secara berlebih dan tekanan darah otak yang tidak stabil.

Setelah berkermas selesai segerakan untuk berbilas dan langsung keringkan rambut Anda menggunakan handuk ataupun hair dryer . Karena rambut basah yang disisir akan membuatnya rontok bahkan rusak.

Menyisir Rambut Dengan Benar

Cara mengatasi rambut rontok ketika menyisir. Yang perlu diperhatikan ketika Anda menyisir rambut adalah kondisi rambut. Rambut harus keadaan lembab,seimbang tidak basah dan tidak kering. Sebagaimana di dalam sub bab berkeramas dengan baik dan benar sudah kami jelaskan tentang rambut yang basah setelah berkeramas.

Baca juga : model gaya rambut orang barat cool kece dan keren

Mengonsumsi Vitamin Rambut

Perawatan rambut dari luar secara rutin dan teratur belum cukup dari kata sempurna. Maka dari itu Anda juga harus berkomitmen untuk merawat dari dalam. Ya, Vitamin D merupakan sumber kalsium yang dapat menguatkan tulang, gigi dan akar rambut sehingga dapat mengurangi rambut rontok ketombe bahkan menghilangkan kutu rambut. Vitamin D rambut sudah banyak dikemas secara kapsul dan dapat secara instan kita dapatkan di berbagai apotek dan toko kecantikan di sekitar kita, mudahkan.

Disamping itu yang harus menjadi perhatian lain yakni mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dengan kandungan didalamnya vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Pola makan sederhana lain yang dapat menyehatkan rambut adalah dengan minum air 2 liter setiap hari secara continue, selain itu dengan air putih yang seimbang dapat menjaga kesehatan tubuh lain.

Memotong Rambut

Lakukan pemotongan ujung rambut yang mulai mencabang dua bulan sekali. Bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan gunting rambut yang tajam agar rambut terpotong sempurna dan tidak rusak. Dengan mengurangi ujung rambut yang kurang sehat, megar. Akan seimbang pula pertumbuhan rambut dan berkurangnya kerontokan rambut dari ujung rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Minyak Zaitun

cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun
cara mengatasi rambut rontok dengan minyak-zaitun

Di artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan komedo dan kutu rambut. Vitamin kompleks yang terkandung di dalamnya tak hanya dapat menghilangkan kutu rambut saja tetapi juga dijadikan cara mengatasi rambut rontok dan dapat mengembalikan pigmen hitam rambut yang luntur.

Dalam pemakaian masker zaitun pada rambut cukuplah mudah, hanya dengan mengoleskan minyak zaitun dengan cara  memijat lembut dari kepala, akar rambut sampai ujung rambut. Lalu diamkan selama 20 menit, setelah selesai bilas menggunakan sampho dan air bersih. Lakukan dua kali dalam sepekan dan lihat hasilnya.

Lidah Buaya

alovera lidah buaya
alovera lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontokdengan lidah buaya. Tak perlu dipertanyakan lagi akan khasiat Aloe vera untuk rambut. Dari protein, vitamin A, vitamin C, thiamin, niasin, kalsium dan zat besi semua sangat berperan aktif dalam merawat kesehatan rambut dari mengatasi rambut rontok, kering, kusam, ketombe dan kesuburan rambut.

Tips memakai masker lidah buaya sebagai cara merawat rambut secara alami adalah dengan mengoleskan potongan lendir Aloe vera ke rambut secara perlahan, lalu diamkan 20 menit setelah selesai bilas dengan cara berkeramas menggunakan sampho dan air bersih. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil yang sempurna.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan Anda juga dapat mengaplikasikan antara minyak zaitun dan lidah buaya. Cara pemakaian nya sama dengan keduanya hanya saja zaitun dan potongan aloe vera dicampurkan dalam satu tempat, lalu dioleskan sebagai masker rambut.

Madu dan Jeruk Lemon

madu dan lemon
madu dan lemon

Perawatan efektif untuk rambut kering dan kusam. Duo maut yang keduanya selalu diduetkan untuk suatu solusi dari masalah jerawat, kulit, rambut dan sebagai obat-obatan lain.

Madu dan Jeruk Lemon, aplikasi antara  keduanya sangat cocok. Jeruk sebagai pembersih rambut dan kepala berminyak sedangkan madu sebagai pelembab rambut yang juga mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah zat kimia yang dapat merusak rambut dan rontok rambut. Selain itu madu juga dapat membuat rambut lebit sehat, kuat dan berkilau.

Tips memakai masker madu dan jeruk lemon untuk rambut :

  • Bersihkan rambut menggunakan air dingin
  • Siapkan perasan air jeruk lemon yang dicampurkan madu
  • Oleskan masker ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata dengan cara memijat
  • Lalu diamkan selama 20 menit kemudian sisir perlahan
  • Setelah penyisiran selesai bilas dengan air bersih
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan 3 hari sekali

Tips cara mengatasi rambut rontok secara sehat alami yang Anda dambakan sudah selesai. Selamat mencoba semoga uraian diatas dapat bermanfaat, jangan lupa like, share dan ber-komentar-lah bila ada sesuatu yang ingin ditanyakan. Terimakasih.

You May Also Like

About the Author: el husni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: