Cara Membuat Proposal untuk Kegiatan Event Acara Penelitian

Ditunjuk sebagai panitia acara atau punya passion untuk bekerja di bidang event organization akan membuatmu akrab dengan yang namanya proposal. Bukan hanya untuk urusan mencari sponsor atau sumber dana, tapi juga menjadi aspek perencanaan yang menjamin keberhasilan sebuah acara. Sayangnya, tidak sedikit yang merasa bingung bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar.

Jangan sampai salah dalam merumuskan dan merencanakan proposal, karena hal ini akan membawa pengaruh yang besar bagi perencanaan dan keberhasilan even yang akan diadakan. Cara membuat proposal yang baik dibutuhkan kemampuan untuk memahami semua hal yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Cara Perencanaan Pembuatan Proposal yang Baik & Benar

contoh proposal penelitian

1.    Perlu Dimulai

Perlu diingat jika kebanyakan orang yang akan menyelenggarakan sebuah acara tidak tahu apa yang sebenarnya dinginkan. Baik itu kegiatan desa, kampus, sekolah, hingga penggalangan dana untuk aktivitas sosial, semua dimulai dengan proposal yang ditulis dengan baik untuk menggambarkan event tersebut.

Untuk mulai membuat proposal, mulailah dengan meringkas kebutuhan dan spesifikasi untuk acara yang akan digelar. Catat setiap detil penting yang diperlukan, mulai dari nama event, jenis kegiatan, tanggal dan lokasi penyelenggaraannya, tema, hingga garis besar acara yang akan diselenggarakan.

2.    Gelar Rapat / Perumusan

Sebagai permulaan, adakan rapat yang akan memudahkanmu dalam cara membuat proposal yang tepat. Walaupun sudah memiliki gagasan tertentu tentang apa yang diinginkan dalam proposal, ada baiknya melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan orang-orang yang berkepentingan.

Jika berurusan dengan kegiatan dalam lingkup sekolah, maka ada baiknya menggelar rapat dengan kepala sekolah dan guru yang kira-kira mendapat tanggung jawab dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Begitu juga jika akan membuat proposal untuk penggalangan dana, tentunya harus bertemu dengan pihak-pihak yang menjadi penyelenggara dan penanggung jawab untuk mendapatkan detil acara. Selama pertemuan, catat semua data yang diperlukan, seperti waktu, lokasi yang diinginkan, tanggal, dan setiap poin penting lainnya yang akan dituangkan dalam cara membuat proposal selanjutnya.

3.    Proposal Kegiatan Sekolah

Ada berbagai jenis kegiatan yang membutuhkan proposal, salah satunya sekolah yang sering mengadakan berbagai even, seperti pentas seni. Biasanya dibuat oleh OSIS sebagai penyelenggara dan pihak sekolah sebagai penanggung jawab, buka proposal dengan menjelaskan pengertian pentas seni dan tujaun digelarnya kegiatan tersebut. Lanjutkan dengan mengulas tema yang akan diangkat dan tentunya menjadi pedoman bagi berbagai macam kegiatan yang digunakan untuk mengisi acara tersebut.

Cara membuat proposal pentas seni sekolah selanjutnya adalah mencantumkan peserta yang bisa mengikuti kegiatan tersebut, bisa siswa-siswi sekolah tersebut atau membukanya untuk umum dengan tujuan memperkenalkan nama sekolah. Catat juga waktu dan tempat penyelenggaraan pentas seni, lengkap dengan alamatnya.

Lanjutkan dengan menuliskan susunan panitia, mulai dari pelindung, Pembina, penanggung jawab, ketua panitia, bendahara, dan koordinator bagian-bagian penting seperti acara, perlengkapan, dokumentasi, publikasi, humas, dan keamanan. Terakhir dan biasanya cukup menyedot perhatian adalah soal dana atau bujet yang dimiliki. Biasanya untuk rapat awal akan mencantumkan perkiraan dana yang dimiliki, cara untuk mendapatkan suntikan dana, dan pengeluaran secara garis besarnya.

4.    Proposal Kegiatan Desa

Cara membuat proposal untuk kegiatan yang digelar di desa sedikit berbeda dengan proposal sebelumnya. Lebih cenderung mirip surat resmi, proposal harus dibuat serinci mungkin dan menyimpan informasi yang jelas dan lengkap. Ada banyak acara yang dilakukan di desa atau lingkungan, mulai dari halal bihalal, peringatan hari kemerdekaan RI, kerja bakti, hingga kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan warga penghuninya.

Pertama, cantumkan judul proposal yang memberikan gambaran yang jelas pada siapa saja yang membacanya. Lanjutkan dengan menuliskan latar belakang yang memperlihatkan pentingnya kegiatan yang digelar di desa tersebut. Cantumkan tujuan dari kegiatan tersebut dalam poin-poin yang mudah dimengerti oleh orang-orang yang terkait langsung dengan penyelenggaraan acara tersebut.

Masuk ke dalam detil waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan tersebut yang disusul dengan susunan acara. Biasanya acara akan dibuka oleh sambutan kepala desa baru kemudian dilanjutkan ke inti acara dan diakhiri dengan penutupan. Setelah susunan acara dibuat lengkap dengan perkiraan waktu yang dibutuhkan, susunan panitia acara harus dicantumkan. Mulai dari penanggung jawab, ketua panitia, bendahara, sekretaris, dan seksi acara yang berhubungan dengan suksesnya acara tersebut, seperti mengurus acara, perlengkapan, hingga konsumsi.

Setelah susunan panitia acara, giliran anggaran dana yang biasanya menyedot banyak pemikiran agara acara dapat berjalan dengan baik tanpa adanya rintangan dalam hal pembiayaan. Cantumkan dana yang didapatkan dari berbagai pihak dan juga perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Terakhir adalah bagian penutup yang biasanya diisi dengan harapan bagi warga maupun pihak-pihak lainnya untuk mendukung dan berpartisipasi dalam mengumpulkan dana demi kelancaran acara. Tak lupa, ucapan terima kasih pun disematkan karena telah memberikan perhatian dan meluangkan waktu untuk membaca proposal tersebut.

5.    Proposal Penelitian

Dalam sebuah penelitian sudah pasti perlu izin untuk menadahkan kegiatannya. Maka dari itu perlu ajuan untuk keperluan yang akan kita garap.

Sebuah penelitianpada umumnya sering dilakukan oleh para remaja, terutama mahasiswa. Hal yang dianggap penting untuk menentukan hasil suatu rumusan agar tertemukannya wawasan dan pengetahuan baru yang belum pernah ada.

Cara & proses membuat penelitian tentu saja pertama kali harus dilakukan adalah dengan membuat proposal terlebih sebagai izin pengerjaan. Oleh karena itu, disini kami akan memberi tips dalam rumusannya.

Sebagai contoh tugas dari dosen memberi tugas akhir skripsi. Maka seorang mahasiswa wajib mencari tema sebagai rujukan. Hal tersebut perlu wawasan dan contoh khusus. Untuk  melihat contoh silahkan cek disini, contoh proposal penelitian mahasiswa.

Tips Cara Membuat Proposal Agar Hasil Memuaskan

cara membuat proposal penelitian

Setelah menyelesaikan sebagian besar proposal, saatnya untuk mulai memolesnya agar hasil akhirnya makin sempurna. Lengkapi cara membuat proposal kegiatanmu dengan mengoreksi pekerjaanmu, seperti memeriksa proposal yang sudah dibuat untuk kesalahan pengejaan, tata bahasa, tanda baca, hingga kesalahan ketik.

Jangan anggap remeh karena kesalahan dalam pengetikan proposal pun bisa berujung hambatan yang sebenarnya bisa dihindari sejak awal. Mulai dari kesalahan dalam pengetikan tanggal dan lokasi diselenggarakannya acara tersebut, penulisan nama dan gelar mereka yang penting dalam susunan panitia, hingga isi proposal yang dapat mencerminkan kerjasama panitia yang buruk.

Cara membuat proposal sebuah event memang seringkali dikaitkan dengan permintaan untuk menjadi pihak donatur atau sponsor yang akan memberikan tambahan dana. Tidak heran kan jika urusan keuangan menjadi salah satu aspek yang paling disorot dalam cara pembuatan proposal.

Salah satu cara terbaik dan paling efektif dalam menerangkan aspek biaya dalam suatu even adalah memberikan total biaya yang diusulkan kemudian selanjutnya menerangkan berbagai hal yang dibutuhkan lengkap dengan biaya perkiraan yang akan dihabiskan. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas dan cukup lengkap, bukan hanya bagi orang-orang yang berada dalam susunan panitia, tapi juga pihak-pihak yang akan dimintai sumbangan dana.

Selain itu, cara membuat proposal yang dilakukan oleh sebuah lembaga bisa terlihat lebih resmi dengan menambahkan kop surat serta penomoran yang juga akan memudahkan panitia bidang kesekretariatan untuk mendokumentasikan proposal tersebut. Apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari donasi atau sumbangan dana, tidak ada salahnya juga mencantumkan nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan mudah jika akan memberikan dana untuk membantu penyelenggaraan acara tersebut.

Ada tahap-tahap yang harus dilalui dalam cara membuat proposal kegiatan yang tepat. Semoga tips dan contoh yang diberikan dapat membantu dalam merencanakan proposal yang tepat dan menjadi bagian dari kelancaran acara.

Baca : Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2019

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *