5 Tahapan Cara Membuat MPASI Aman & Sehat

Cara Membuat MPASI untuk Bayi – Usia bayi Anda sudah genap 6 bulan? Persiapan apalagi yang harus Anda pelajari untuk merawat bayi Anda? Padahal bayi butuh perawatan intensif dan khusus ketika usia dini seperti ini. Terlebih pada pola makannnya.

Setelah bayi berusia 6 bulan, mereka butuh asupan dan pengenalan makanan selain ASI. Maka dari itu para Ibu perlu tahu bahwa makanan untuk bayi hanya sehat dan tidak sembarangan.

Nah, untuk mengetahui apa saja asupan yang baik untuk sang bayi selain ASI. Mari simak ulasan MPASI berikut ini. Disini akan kami ulas tentang Apa itu MPASI? Manfaat MPASI? Serta Bagaimana cara membuatnya?

Apa Itu MPASI ?

MPASI merupakan singkatan dari kata “makanan penunjang ASI”.  Yak Bunda setia, setalah bayi sudah mulai berumur 6 bulan. Mereka butuh makanan lain untuk melatih dalam melepaskan genggaman ASI.

Dalam melepas bayi dari ASI, butuh tahapan dan cara yang baik untuk membentuk nilai gizi dan nutrisi penggantinya. Nah, maka dari itu tuntunan dalam membuat MPASI sangat dinilai penting guna menyalin protein dan gizi eksklusif yang dimiliki ASI.

Saat menelan MPASI, bayi juga diharapkan untuk bisa berlatih makan dengan sempurna seperti mengunyah, merasa dan menelan secara perlahan.

MPASI yang diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas hanya 30% – 40 % dan sisanya tetap minum ASI karena MPASI hanyalah makanan pendamping ASI saja.

Adapun tanda-tanda bayi siap untuk diberi MPASI, yaitu sebagai berikut :

  1. Bayi mulai gerak aktif untuk belajar berdiri
  2. Bayi mampu menegakkan kepala dan leher dengan kuat
  3. Kemampuan motoric bayi telah berjalan sesuai nalurinya
  4. Aktif bergerak ke depan dan meraih benda untuk dimakan
  5. Sudah mulai membuka mulutnya
  6. Mulai bisa menolak ASI

Manfaat MPASI

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas tadi. Manfaat MPASI sebagai latihan bayi dalam mengonsumsi asupan gizi dan nutrisi selain ASI. Ditambah lagi, MPASI berfungsi melatih otot-otot rongga mulut bayi untuk bergerak dan melatih motoric bayi.

Kemudian, MPASI juga berguna untuk menstabilkan perkembangan bayi agar tidak terhambat dalam proses pertumbuhan bayi.

Cara Membuat MPASI

cara membuat MPASI
source : Hipwee

Cara Membuat MPASI

Dalam mengolah makanan menjadi MPASI, Anda para ibu-ibu bisa menumbuknya sampai halus dan memberinya sedikit air putih matang untuk pelicin makanan yang akan disuapkan ke bayi.

Bila memungkinkan Anda juga bisa memblender atau mixer bahan dasar MPASI agar lebih halus dan tekstur mudah dicerna organ pencernaan bayi.

MPASI usia 6-8 bulan

Pada usia ini MPASI hanya diberikan pada bayi sehari dua kali. Makanan yang dibuat MPASI juga harus mudah dicerna. Cara membuatnya harus dilumat dan dihaluskan dahulu. Contoh makanan MPASI usia 6-8 bulan adalah papaya, kentang, bubur dan nasi halus.

MPASI usia 9-11 bulan

Pada usia ini, Ibu-ibu bisa memberikan MPASI pada anak 2-3 kali sehari. Karena system pencernaan lebih kuat, bisa disuplai dengan biscuit, nasi tim atau finger foods.

MPASI usia 1 tahun lebih

Sebagai selingan MPASI untuk bayi usia 1 tahun atau lebih tetap menggunakan penunjang yang telah disebutkan diatas. Namun ada tambahan yang bisa digunakan dengan tahapan sehari sekali. Contoh makanan yang mampu dicerna bayi usia tersebut yaitu nasi lembut dengan tambahan tahu, tempe,telur, ikan dan daging.

MPASI yang Harus Dihindari

  • Belum halus atau masih bentuk keras
  • Berupa makanan minuman yang memberi efek panas pada tubuh
  • Berupa makanan atau minuman yang belum layak konsumsi bayi
  • Jus buah atau sayur untuk bayi usia 6 bulan kebawah

Pelajari cara memberi asupan MPASI untuk bayi yang baik dan benar lainnya di website rujukan kami 123tahun(dot)com, hallosehat(dot)com dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi ilmu yang tersalurkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *