Burung-Hantu

Mengenal Lebih Dekat Dengan Burung Hantu

Burung hantu adalah jenis burung  dari kelompok ordo Strigiformes. Burung ini termasuk burung pemakan daging (karnivora, buas). Serta memiliki sifat nokturnal, berkehidupan di malam hari.

Di negara kita Indonesia burung hantu termasuk burung negatif,mitos burung hantu. Biasa dijadikan sebagai simbol ketidak-baikan atau pratanda keburukan, akan tetapi di Eropa burung hantu lebih dikenal sebagai simbol kebijaksanaan dan di Timur tengah dikenal dengan burung perdamaian. Ternyata beda jauh dalam pengartian.

Oleh para petani lokal biasanya lebih menjadikan burung hantu sebagai burung pembasmi hama tikus di ladang persawahan. Karena lebih termasuk predator malam yang tak dapat dilihat mangsa.

Fakta Tentang Burung Hantu

  1. Mata besar dan menghadap ke depan.
  2. Dapat berkamuflase dengan mata ketika ada mangsa atau predator lain.
  3. Paruh bengkok tajam, termasuk karnivora.
  4. Kepala berbentuk lingkaran wajah.
  5. Leher lentur, dapat memutar 180 derajat.
  6. Tdak membuat sarang sendiri, mencuri sarang burung lain.
  7. Burung penuh arti (kematian, perdamaian dan kebijaksanaan).

Jenis Burung Hantu

  • Beluk Watu Jawa

    Burung-Hantu-Beluk-Watu

    Beluk watu jawa, disebut glaucidium castanopetrum, Javan Owlet. Biasanya memiliki tinggi sekitar 24 cm, yang banyak ditemukan di pulau Jawa dan Bali. Jenis burung hantu ini juga berkehidupan di siang hari dan dapat di jumpai di persawahan maupun hutan.

  • Pungguk Tanimbar

    Pungguk tanimbar

    Pungguk tanimbar biasa disebut dengan Pungguk Maluku, ninox forbesi, tanimbar boobookTermasuk burung hantu asal Indonesia yang terdapat di Maluku.

  • Pungguk Kokodok

    Pungguk kokodok

    Pungguk kokodok, Southern Boobook. Dengan ukuran 27-32 cm, memiliki iris mata kuning. Habitatnya tersebar di Timor, Alor, Pantar, Jamdena, dan Papua selatan, Papua Nugini, Timor Leste, dan Australia.

  • Pungguk Papua

    Punggok Rimba

    Pungguk Papua, nama lain Pungguk Rimba, Jungle Hawk-Owl . Berukuran kira-kira 27 cm, dapat hidup di pegunungan yang ketinggian sampai 2500 m . Endemik di Papua dan tersebar ke Waigeo, Raja Ampat dan Papua Nugini.

  • Celepuk Gunung

    burung hantu

    Celepuk gunung, otus spilocephalus, montain scops owl. Burung hantu yang berukuran sekitar 19 cm ini populasi terbanyak di daerah pegunungan dan dapat kita jumpai di berbagai negara seperti Bangladesh, Tiongkok Kamboja, Laos, Malaysia, Bhutan, India, Myanmar, Pakistan, Taiwan,Nepal, Thailand, Vietnam, dan juga Indonesia tepatnya di Sumatera dan Kalimantan Utara.

  • Celepuk Asia

    celepuk asia

    Celepuk Asia bernama latin otus suniaOriental scops owl. Ukuran tubuhnya antara 18-20 cm. Dari namanya saja sudah dapat kita ketahui bahwa burung hantu ini habitat di benua ASIA yang tersebar di berbagai negara seperti Korea Selatan, Korea Utara, Laos, Malaysia, Kamboja Myanmar, Nepal, Pakistan, Myanmar, Bangladesh, China, India, Jepang, Nepal, Pakistan, Rusia, Singapura, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, Taiwan, dan Indonesia tepatnya di pulau Bangka, Belitung, dan Sumatera.

  • Celepuk Raja

    celepuk raja

    Celepuk Raja, Rajah Scops-owl, memiliki tubuh yang berukuran kurang lebih 23 cm. Telah tersebar di Indonesia (Kalimantan Utara dan Sumatera) serta dapat dijumpai pula di Serawak, Malaysia.

  • Punggok Tutul

    nunox burunghantu pungguk tutul
    Punggok tutul, ninox punctulata, speckled boobook(hawk-owl). Burung hantu ini termasuk burung endemik Indonesia yang terdapat di pulau Sulawesi.

  • Celepuk Merah

    celepuk merah

    Celepuk merah, ottus rufescens, reddish scops-owl. Memiliki tubuh berukuran 19 cm, dan dapat dijumpaidi berbagai negara seperti Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Indonesia yang meliputi (Bangka, Sumatera dan Kalimantan).

  • Seloputi

    spotted wood-owl seloputi

    Seloputi, strix seloputo, spotted wood-owl. Termasuk burung hantu paling cantik dan indah karena memiliki warna yang khas berbeda dari yang lain. Telah tersebar di berbagai negara seperti Indonesia, Filipina, Kamboja, Myanmar, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

  • Tyto Multipunctata

    Tyto multipunctata sooty owl
    Tyto multipunctata, lasser sooty-owl. Burung hantu ini hanya dapat kita jumpai di Papua, Australia, dan Papua New Guinea.

  • Serak Jawa

    serak jawa wayahna
    Serak jawa, dengan nama lain Daris, Ponggok, Serak, Toohook. Berukuran besar sekitar 30-34 cm, memiliki warna umumnya bervariasi. Dan populasi terbanyak di Pulau Jawa.

  • Serak Australia

    serak australia
    Serak Australia, tyto novaehollandiae, Australian masked-owl, ukuran tubuhnya cukup besar kisaran antara 33-47 cm. Terdapat di Indonesia yang tepatnya pada Pulau Jamdena, Buru, dan Papua selatan.

  • Serak Hitam

    serak hitam
    Serak hitam, tyto tenebricosa, greater sooty-owl, tubuhnya juga berukuran besar antara 37 – 43 cm. Dan dapat kita jumpai di Papua,Papua New Guinea dan Australia.

  • Otus Lettia

    Otus_lettia
    Otus lettia,
     collared scops-owl. dapat kita jumpai di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand India, Kamboja, , Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapura, Bhutan, Bangladesh, Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Vietnam dan Laos.

Sebenarnya burung hantu dari berbagai jenis diatas serupa, tapi tak sama. Hanya saja warna,  ukuran dan habitat yang menjadi dominan dalam pembeda. Kalau kita perhatikan sekilas dari gambar saja mungkin terlihat mirip akan tetapi ketika telah melihat langsung akan lebih jelas perbedaannya jenis A ,B dan semisalnya.

Burung hantu terlihat menyeramkan dari matanya maupun dari namanya. Namun tak menyeramkan yang anda bayangkan kok, berikut ini sebagian foto-foto burung hantu.

Untuk yang suka berlibur
baca juga : tempat wisata jogja keren, gak nyesel kalau ke sana

Untuk pecinta tanaman
baca juga : Kaktus, dari yang unik, hias, primadona, sampai yang mahal

Foto Burung

Burung Hantu, Keren, Indah, Menyeramkan.

burung hantu mendarat

burung hantu karnivora

burung hantu Snowy Owl

foto burung hantu.jpg

foto burung

foto burung malamhari

foto burung malamhari

foto burung sayap

foto burung terbang

gambar burung hantu

owl foto

Terimaksih sudah berkunjung di blog kami jangan lupa baca artikel kami yang lain, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *